-->

Cara Menciptakan Surabi Bandung Tradisional

Cara Menciptakan Surabi Bandung Tradisional
Cara Menciptakan Surabi Bandung Tradisional
Resep Surabi Bandung Tradisional Sunda Rasa Oncom Pedas dan Telur Sederhana Spesial Asli Enak. Banyak produk masakan nusantara yang usianya diperkirakan lebih bau tanah dari republik Indonesia ini. Salah satunya yaitu masakan ringan cantik surabi dan masakan ringan cantik serabi serupa tapi tak sama. Perbedaan surabi dan serabi yaitu rasa dan kawasan asal jajanan masakan tersebut. Ini resep surabi tradisional yang dijual ibu-ibu bau tanah dipinggir jalan atau serabi klasik bukan masakan ringan cantik serabi modern yang banyak dijual Abang-abang kini dengan serabi aneka rasa topping.

 Resep Surabi Bandung Tradisional Sunda Rasa Oncom Pedas dan Telur Sederhana Spesial Asli  CARA MEMBUAT SURABI BANDUNG TRADISIONAL
Gambar Surabi Oncom Pedas dan Telor

Surabi merupakan masakan ringan cantik tradisional khas Sunda yang rasanya asin gurih, bab atasnya ditaburi bumbu oncom pedas, telur dan kombinasi oncom telur dimasak dengan cetakan surabi. Sedangkan serabi modern berasal dari Solo atau Surakarta yang dihidangkan dengan santan cantik atau kinca dengan aneka rasa. Biasanya ukurannya lebih kecil sering disebut juga serabi mini khas Solo. Kini juga muncul di bandung masakan ringan cantik serabi modern dengan aneka rasa kinca atau saus kuah dengan rasa buah menyerupai durian, keju, coklat, dll.

Namun kalangan umum mengenal surabi dan serabi kinca dengan sebutan surabi. Kinca sendiri merupakan cairan cantik berwarna gelap yang terbuat dari larutan gula merah atau aren. Resep kali ini hanya membahas masakan ringan cantik surabi tradisional dengan taburan oncom pedas dan telor surabi endog. Dimana masakan ringan cantik surabi ini biasa dijual oleh ibu-ibu bau tanah dipinggir jalan dengan cetakan sederhana memakai kayu bakar. Kini mulai langka dan susah menemukan penjual surabi tradisionil ini makannya paling lezat dengan resep rempeyek udang rebon, rempeyek ikan teri, atau dengan rempeyek kacang tanah. Jika ada sambal pedas tambah mantap. Berikut resepi serabi Bandung hidangan sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simpel gampang dan praktis.





RESEP SURABI BANDUNG


BAHAN :
  • 200 gram tepung beras
  • 600 ml santan, dari 1 butir kelapa
  • 150 gram kelapa muda parut memanjang
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
BAHAN PELENGKAP :
  • Telur/telor ayam
  • Oncom pedas
  • Keripik udang rebon atau rempeyek kacang
CARA MEMBUAT ADONAN DASAR SERABI :
  1. Campurkan tepung beras bersama santan, sehabis merata diamkan selama 30 menit, kemudian tambahkan sisa materi lainnya.
  2. Panaskan cetakan serabi/wajan kecil, tuang campuran sebanyak 1 sendok makan, tambahkan campuran perasa di atasnya.
  3. Masak sampai kering (adonan masak), angkat.
  4. Sajikan.
Advertisement