-->

Cara Menciptakan Abon Ayam Bawang Pedas

Cara Menciptakan Abon Ayam Bawang Pedas
Cara Menciptakan Abon Ayam Bawang Pedas
Resep Abon Ayam Suwir Bawang Sederhana Spesial Pedas Asli Enak. Abon ayam atau abon daging ayam suwir sanggup dibentuk aneka rasa, contohnya asin gurih, pedas, dan manis. Katanya sih abon ayam yang paling lezat yaitu brand abon ayam Karwati, abon ayam Cianjur Istimewa 100 % halal dan istimewa.

 Resep Abon Ayam Suwir Bawang Sederhana Spesial Pedas Asli Enak CARA MEMBUAT ABON AYAM BAWANG PEDAS
Gambar Abon Ayam Suwir Bawang Pedas

Abon berdasarkan situs Wikipedia. Abon yaitu makanan yang yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya biasanya berwarna cokelat jelas hingga kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui kecap. Abon tampak mirip serat-serat kapas, sebab didominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir. Karena kering dan nyaris tak mempunyai sisa kadar air, abon biasanya infinit disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara.

Selain terbuat dari materi dasar daging (sapi untuk materi abon sapi, kambing, kuda, babi, ayam, kelinci, dan domba atau kambing), ada beberapa abon yang pembuatannya menggunakan materi dasar dari makanan laut, mirip abon ikan tuna, ikan lele, abon ikan tongkol, belut, ikan cakalang, dan udang.

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi, mie pangsit atau bubur ayam, atau sebagai isi lemper dan biasa pula dimakan pribadi mirip memakan atau mengkonsumsi kudapan (camilan). Di Indonesia, daging yang biasa dipakai untuk menciptakan abon berasal dari daging sapi, sehingga orang mengenal 'abon sapi'. Selain daging sapi, materi lain yang dipakai yaitu ayam, babi, ikan, Kuda, dan kambing. Di China, abon yang paling lazim yaitu abon yang terbuat dari daging babi yang disebut Chousong. Sentra pembuatan abon sapi di Indonesia dikala ini ada di tempat Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, Magelang dan beberapa tempat lain sekitarnya (sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur). Produksi abon sapi juga sanggup di temui di kota Palembang dan Pontianak. Sedangkan pusat pembuatan abon dari daging babi banyak terdapat di tempat Bali, Sulawesi Utara dan Sumatera Utara.

Cara pembuatan abon. Potongan daging baik itu sapi atau babi yang manis dan yang telah dibumbui dengan garam, micin/penyedap dan kecap manis, direbus dan dididihkan dalam air hingga benar-benar lembut, sehingga serat-serat daging mulai terlepas, lumat dan gampang untuk disuwir-suwir. Hal ini sebab kandungan kolagen dan elastin zat pengikat otot telah larut oleh air rebusan sehingga gampang disuwir-suwir.

Daging yang mulai tercerai-berai hasil rebusan ini lalu dikeringkan, sanggup dengan cara dijemur selama 2 hari atau dengan cara pengeringan yang menggunakan panggangan (oven listrik juga bisa). Setelah daging abon sudah dikeringkan, daging harus disangrai di atas penggorengan besar sambil ditumbuk-tumbuk. Ketika ditumbuk daging ini membentuk serat-serat daging yang mirip gumpalan benang/kapas. Saat disangrai ini serat daging ditambahkan bumbu-bumbu penambah rasa, mirip gula jawa, micin, sedikit kecap kenal, pemberi rasa pedas dan bawang goreng, terus diaduk hingga benar-benar kering dan dikemas. Selain itu, beberapa abon yang dibentuk dengan kualitas rendah sering ditambahkan materi pengisi yang memberi cita rasa gres yang unik, mirip kacang koro pedang, Kaca mete, dll. Berikut resepi abon ayam suwir bumbu bawang pedas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk perjuangan jualan abon ayam.

RESEP ABON AYAM BAWANG PEDAS


BAHAN :
  • 500 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 2 bh dada ayam
  • Minyak goreng secukupnya
  • 6 lbr daun jeruk, iris halus
  • 2 btg serai, memarkan
  • 100 gram kelapa muda, parut panjang
  • 300 ml santan
  • 25 gram gula pasir
BUMBU HALUS :
  • 4 siung bawang putih
  • 6 bh bawang merah
  • 8 bh cabe merah
  • 3 btr kemiri
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt gula merah
CARA MEMBUAT ABON AYAM BAWANG PEDAS :
  1. Didihkan air dan garam, masukkan daging ayam, masak hingga daging matang dan lunak. Angkat dan diamkan hingga dingin. Suwir-suwir daging ayam rebus.
  2. Panaskan minyak goreng, goreng ayam suwir hingga kering. Angkat dan tiriskan.
  3. Panaskan 2 sendok makan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai hingga harum.
  4. Masukkan kelapa parut dan santan. Masak hingga kelapa kering.
  5. Masukkan ayam suwir goreng dan gula pasir, aduk hingga ayam terlumuri bumbu dan kering.
  6. Sajikan 350 gram.
Advertisement