-->

2 Resep Cara Menciptakan Sambal Matah Bali Kecombrang Pedas

2 Resep Cara Menciptakan Sambal Matah Bali Kecombrang Pedas
2 Resep Cara Menciptakan Sambal Matah Bali Kecombrang Pedas
Resep Sambal Matah Bali Kecombrang Honje Pedas Sederhana Spesial Asli Enak Banget. Sambal matah khas bali ini yaitu jenis sambel mentah dadakan yang lezat terbuat dari materi dan bumbu bali rasanya pedas namanya juga sambal dari materi cabai rawit merah boleh campur cabai hijau/ijo, biasanya sebagai bumbu tambahan makan ikan bakar, ayam bakar, sambal matah angsa bengil, sate lilit, ayam goreng, sambal matah ayam betutu dan ikan goreng dan juga sanggup kembangkan untuk masakan tambahan sambal ayam geprek maupun sambal jengkol matah, Jika ingin menciptakan sambal yang gampang dan praktis. Cobalah sambal matah ini. Hanya dengan serpihan bawang, cabai, dan terasi serta di campur dengan siraman air jeruk nipis, menciptakan sambal yang ini terlihat mudah dan bercitarasa pedas yang khas.Ternyata sambal matah khas manado dan sambal matah khas Padang juga ada tapi berdasarkan aku lebih lezat sambal matah dari bali. Kata Chef Degan, Nova Eliza dan Diah Didi niscaya sambal matah buatan Mereka.

 Resep Sambal Matah Bali Kecombrang Honje Pedas Sederhana Spesial Asli Enak Banget 2 RESEP CARA MEMBUAT SAMBAL MATAH BALI KECOMBRANG PEDAS
Gambar Sambal Matah Pedas

Dari sekian banyak ragam masakan di Indonesia, niscaya mempunyai masakan sambal masing-masing sesuai rasa khazanah lokal. Termasuki dari Bali, yaitu terdapat sambal unik yang berjulukan Sambal Matah. Sambal yang satu ini cukup unik lantaran tidak digerus dan disajikan dalam keadaan semi-mentah. Biasanya jikalau berkunjung di rumah makan khas Bali, sambal matah ini menjadi sajian tambahan untuk menyantap kuliner serba bakar atau goreng resep ikan bakar khas Jimbaran ataupun ayam, angsa bengil, itik sawah, sate lilit bakar, dan terakhir cocok juga untuk teman makan ayam geprek untuk sambal ayam geprek pedas.

Sambal ini tediri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, terasi, daun jeruk, serai, garam, gula pasir, dan jeruk nipis sambil diremas-remas. Lalu diberi minyak atau tanpa minyak khusus sambal matah tanpa minyak goreng atau minyak sayur, maka jadilah Sambal Matah khas Bali suka-suka Anda.

Jika ingin segera membuatnya gunakan resep sederhana dan gampang dibawah ini boleh menambahkan bunga kecombrang atau honje jikalau suka, kalau aku lebih mantap pakai kecombrang, jikalau berhasil buatlah komentar dibawah artikel ini. Berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi sambal matah pedas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis buka rumah makan atau restoran contohnya menciptakan sajian sate jengkol sambel matah.





RESEP SAMBAL MATAH KOMPLIT


 Resep Sambal Matah Bali Kecombrang Honje Pedas Sederhana Spesial Asli Enak Banget 2 RESEP CARA MEMBUAT SAMBAL MATAH BALI KECOMBRANG PEDAS
Gambar Sambal Matah Khas Bali Pedas

BAHAN :
  • 5 butir bawang merah, diiris halus atau dirajang
  • 1 siung bawang putih, diiris halus atau dirajang
  • 8 buah cabai rawit merah, diiris halus atau dirajang boleh campur cabai ijo
  • 1/4 sdt terasi bakar
  • 1 lembar daun jeruk, diiris halus
  • 1 batang serai, bab putihnya saja, diiris halus atau dirajang
  • 1 buah kecombrang (pilihan) atau dirajang
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdm air jeruk nipis
  • 1 1/2 sdm minyak kelapa asli, dipanaskan
CARA MEMBUAT SAMBAL MATAH BALI :
  1. Aduk rata bawang merah, bawang putih, cabai rawit, terasi, daun jeruk, serai, garam, gula pasir, dan jeruk nipis sambil diremas-remas pakai tangan bersih.
  2. Tambahkan minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Aduk rata.
  3. Sajikan sambal matah bumbu bali untuk 2 porsi dengan ayam bakar, sate lilit, dan ikan bakar.

RESEP SAMBAL MATAH SEREH TANPA KECOMBRANG/HONJE


BAHAN :
  • 10 siung bawang merah (bila memakai bawang merah ukuran besar 8 siung saja)
  • 10 buah rawit merah
  • 5 buah rawit hijau
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, ambil bab putihnya saja (kupas hingga ketemu bab yang empuk)
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 8 sdm minyak kelapa
CARA MEMBUAT SAMBAL MATAH SEREH TANPA KECOMBRANG/HONJE :
  1. Iris bawang merah, cabai rawit merah dan hijau, dan juga serai.
  2. Untuk daun jeruk, ambil bab daunnya saja. Sobek daun dari tulang ditengahnya. Lalu iris-iris kecil.
  3. Masukkan semua materi yang sudah diiris kedalam mangkuk, kemudian beri garam dan aduk rata.
  4. Panaskan minyak, sesudah minyak panas eksklusif dituangkan keatas adonan bahan-bahan yang diiris tadi. Aduk rata, beri air jeruk nipis kemudian aduk rata lagi. Cicipi rasanya, bila kurang asin sanggup ditambahkan garam.
  5. Sajikan.
Advertisement