-->

Cara Menciptakan Camilan Cantik Ampyang Kelapa Muda

Cara Menciptakan Camilan Cantik Ampyang Kelapa Muda
Cara Menciptakan Camilan Cantik Ampyang Kelapa Muda
Resep Kue Kering Ampyang Kelapa Muda Sederhana Spesial Asli Enak Manis dan Gurih Serta Renyah. Kue ampyang memang bukan hanya monopoli kacang menyerupai pola pada ampyang kacang. Kalu campuran gula merahnya sering ditambahkan jahe dan gula merah maka ampyang yang satu ini justru pakai gula putih. Warna-warninya sangat memikat mata unik dan menarik, putih original, pink, hijau, kuning, merah, dan rasanya renyah crispy, gurih dan pastinya manis banget. Kue kering ampyang kelapa muda juga cocok disajikan pada waktu lebaran Idul Fitri sebagai suplemen sajian lebaran di atas meja untuk para tamu yang elok dan ganteng dan juga cocok untuk buah tangan khas daerah.

 Resep Kue Kering Ampyang Kelapa Muda Sederhana Spesial Asli Enak Manis dan Gurih Serta Re CARA MEMBUAT KUE AMPYANG KELAPA MUDA
Gambar Ampyang Kelapa Muda Aneka Warna Warni

Salah satu jenis kudapan jajanan tradisional ini tergolong kudapan kering yang banyak penggemarnya. Di tempat Jawa Tengah, Yogya, Solo, Magelang, dan Muntilan, ampyang selalu dibentuk dari gula merah dan kacang tanah. Membuatnya juga tak sulit dapat dibilang mudah alasannya yakni gula merah hanya dilelehkan, kadang ditambahkan air jahe kemudian diaduk dengan kacang tanah sangrai. Adonan dasar ini kemudian disendoki dan dikeringkan di atas tampah.

Di tempat Jawa Barat, Sukabumi, Cianjur, Garut, snack ampyang dibentuk dari kelapa agak muda. Daging buah kelapa diserut memanjang tipis kemudian dijemur hingga kering. Setelah itu barulah dibentuk campuran gula pasir yang diberi pewarna. Kelapa kemudian diaduk hingga berwarna dan gula mengering. Ada yang dibiarkan utuh hingga keriting melingkar-lingkar. Ada juga yang dipotong pendek dan disendoki menyerupai ampyang kelapa. Warna-warni yang elok ini lebih memikat mata dari pada ampyang kacang tanah. Sayangnya ampyang kelapa tak tahan usang menyerupai ampyang kacang tanah. Gampang melempem dan tengik jadi harus cepat dihabiskan.

Buat para penggemar rasa manis, kudapan ini sangat pas. Rasanya renyah, gurih kelapa disambung rasa manis gula. Paling yummy dikunyah sambil nyeruput kopi pahit yang hangat. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi ampyang kelapa gurih manis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka ampyang dengan macam-macam jenis varian aneka rasa dari tradisional hingga modern, menyerupai kudapan manis kering ampyang kacang tanah, kudapan manis ampyang kacang coklat, ampyang coklat jahe, ampyang kacang jahe, ampyang tanpa oven, ampyang kacang pedas, ampyang singkong, ampyang ketan, ampyang gula putih, ampyang wijen, ampyang Jogja, ampyang kacang gula merah/gula Jawa/gula aren, ampyang kelapa muda tanpa kacang, ampyang kepyar, dll.

RESEP AMPYANG KELAPA


BAHAN :
  • 250 gram gula pasir
  • 3 buah kelapa muda, kerok kulit arinya, serut kasar
  • 1/2 sdt vanili
  • 100 ml air
  • Pewarna masakan sesuai selera
  • 1 sdt garam
CARA MEMBUAT KUE AMPYANG KELAPA :
  1. Campurkan garam, gula, vanili, air, serta pewarna makanan. Lantas kita didihkan dengan memakai api sedang.
  2. Aduk-aduk hingga berbuih-buih. Masukkanlah serutan kelapa, lantas diaduk-aduk sehingga benar-benar menjadi rata. Kini kecilkanlah api, aduklah hingga larutan gulanya semakin susut. Kini biarkanlah sehingga agak dingin.
  3. Ambilah sesendok campuran kelapa, kemudian bentuklah agak bundar terus diletakkan di kertas roti, biarkanlah menjadi beku.
  4. Sajikan.
Advertisement