-->

Cara Menciptakan Masakan Ringan Anggun Biji Ketapang Betawi Renyah

Cara Menciptakan Masakan Ringan Anggun Biji Ketapang Betawi Renyah
Cara Menciptakan Masakan Ringan Anggun Biji Ketapang Betawi Renyah
Resep Kue Biji Ketapang Empuk dan Lembut Renyah Sederhana Spesial Asli Enak Khas Betawi. Camilan dari biji ketapang ini dibentuk dari adonan tepung terigu dan gula. Sehingga menghasilkan rasa elok dan renyah. Sayangnya, mengolah kudapan elok biji ketapang juga membutuhkan trik khusus semoga bijinya tidak menghasilkan tekstur yang keras. Oleh lantaran itu, banyak orang yang gencar mencari tahu bagaimana cara menciptakan biji ketapang yang empuk. Perlu diketahui variasi olahan resep biji ketapang tradisional ini ada 2 versi kudapan elok biji ketapang elok gurih dan kudapan elok biji ketapang asin gurih. Sedangkan olahan modern kudapan elok biji ketapang ada varian gres dan terbaru, mirip ada rasa keju pola pada resep kudapan elok biji ketapang keju. kudapan elok biji ketapang tanpa kelapa, kudapan elok biji ketapang tanpa santan, kudapan elok biji ketapang tanpa telur, kudapan elok biji ketapang kacang tanah, kudapan elok biji ketapang coklat, kudapan elok biji ketapang wijen, dll.

 Resep Kue Biji Ketapang Empuk dan Lembut Renyah Sederhana Spesial Asli Enak Khas Betawi CARA MEMBUAT KUE BIJI KETAPANG BETAWI RENYAH
Gambar Kue Biji Ketapang Empuk Renyah

Camilan kudapan elok Biji Ketapang sangat terkenal di kalangan masyarakat Betawi. Camilan yang satu ini mempunyai tekstur yang sangat renyah dan garing dipadukan dengan rasa elok gurih. Biasanya kudapan yang satu ini hanya dihidangkan dikala perayaan hari besar saja, tapi kali ini anda tidak perlu khawatir untuk sanggup menikmatinya. Biji Ketapang dari Mpok Nini sanggup anda sajikan sebagai kudapan keluarga kapanpun anda inginkan.

Menurut situs Wikipedia Ketapang atau katapang (Terminalia catappa) yaitu nama sejenis pohon tepi pantai yang rindang. Lekas tumbuh dan membentuk tajuk indah bertingkat-tingkat, ketapang kerap dijadikan pohon peneduh di taman-taman dan tepi jalan. Selain nama ketapang dengan pelbagai variasi dialeknya (misalnya Bat.: hatapang; Nias: katafa; Mink.: katapieng; Teupah: lahapang; Tim.: ketapas; Bug.: atapang; dll.), pohon ini juga mempunyai banyak sebutan mirip talisei, tarisei, salrisé (Sulut); tiliso, tiliho, ngusu (Maluku Utara); sarisa, sirisa, sirisal, sarisalo (Mal.); lisa (Rote); kalis, kris (Papua Barat); dan sebagainya.

Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini dikenal dengan nama-nama Bengal almond, Indian almond, Malabar almond, Singapore almond, Tropical almond, Sea almond, Beach almond, Talisay tree, Umbrella tree, dan lain-lain.

Manfaat. Pepagannya dan daun-daunnya dimanfaatkan orang untuk menyamak kulit, sebagai materi pewarna hitam, dan juga untuk menciptakan tinta. Pepagan menghasilkan zat pewarna kuning kecoklatan hingga warna zaitun, dan mengandung 11–23% tanin; sementara daun-daunnya mengandung 12 macam tanin yang sanggup dihidrolisis. Dalam pada itu terkenal keyakinan di kalangan penggemar ikan hias bahwa menaruh daun-daun ketapang kering di akuarium, khususnya ikan cupang (Betta spp.), sanggup memperbaiki kesehatan dan memperpanjang umur ikan.

Kayu terasnya merah bata pucat hingga kecoklat-coklatan, ringan hingga sedang, BJ-nya berkisar antara 0,465–0,675; cukup keras dan ulet, namun tidak begitu awet. Kayu ini dalam perdagangan dikenal sebagai red-brown terminalia, dan dipakai sebagai epilog lantai atau venir. Di Indonesia, kayu ini dipakai dalam pembuatan bahtera dan juga untuk ramuan rumah.

Biji ketapang sanggup dimakan mentah atau dimasak, konon lebih yummy dari biji kenari, dan dipakai sebagai pengganti biji amandel (almond) dalam kue-kue. Inti bijinya yang kering jemur menghasilkan minyak berwarna kuning hingga setengah dari bobot semula. Minyak ini mengandung asam-asam lemak mirip asam palmitat (55,5%), asam oleat (23,3%), asam linoleat, asam stearat dan asam miristat. Biji kering ini juga mengandung protein (25%), gula (16%), serta aneka macam macam asam amino. Akan tetapi ini bukan biji ketapang yang bergotong-royong melainkan sejenis kudapan elok kering goreng yang bentuknya mirip dengan biji ketapang. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih biji ketapang menu sedap istimewa, ncc, lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka kudapan elok kering.

RESEP KUE BIJI KETAPANG


BAHAN :
  • 150 gram kelapa setengah renta diparut diambil santannya (atau pakai 1 bungkus santan kara instan)
  • 400 gram terigu protein sedang
  • 1 butir telur ayam (atau ambil kuningnya saja)
  • 150 gram gula pasir
  • 100 gram margarin
  • Vanili secukupnya
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya
CARA MEMBUAT KUE BIJI KETAPANG :
  1. Pecahkan 1 butir telur ayam ke dalam wadah. Kocok hingga rata.
  2. Masukkan 150 gram gula pasir putihnya, 1 sendok teh garam dapur dan vanili secukupnya. Campur ketiga materi tadi dengan kocokan telur hingga benar benar tercampur rata.
  3. Ambil satu wadah lagi. Masukkan kelapa parut dan campur hingga rata dengan 400 gram tepung terigu protein sedang.
  4. Masukkan adonan tepung di wadah ke dua ke dalam adonan di wadah pertama. Campur semua materi hingga rata.
  5. Masukkan 100 gram margarin ke dalam adonan utama. Campur memakai tangan atau di uleni hingga kalis.
  6. Bentuk adonan bundar memanjang (seperti betuk bolpoint atau spidol). Potong adonan tadi kecil kecil dengan agak serong ibarat biji ketapang.
  7. Panaskan minyak goreng ke dalam wajan dengan api sedang. Masukkan secukupnya dan goreng Kue Biji Ketapang hingga matang atau berwarna coklat muda. Ulangi hingga semua adonan habis.
  8. Sajikan.
Advertisement