-->

Cara Menciptakan Dodol Sirsak

Cara Menciptakan Dodol Sirsak
Cara Menciptakan Dodol Sirsak
Resep Dodol Sirsak Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Dodol Sirsak diolah dari materi dasar buah sirsak orisinil pilihan dengan kualitas terbaik alias tidak anyir masih putih bersih dengan tingkat kematangan yang pas. Proses pembuatan dodol sirsak sanggup secara tradisional ala kampung dan juga sanggup secara modern dan higienis. Resep pembuatan dodol sirsak itu mudah hampir sama dengan dodol zebra Garut orisinil yaitu buah sirsak asli, tepung ketan atau tanpa tepung ketan biasanya diganti dengan terigu untuk dodol sisrsak terigu yang terksturnya lebih lembut dan empuk ketimbang dodol sirsak tepung ketan atau tepung beras ketan yang lebih kenyal, santan, gula pasir atau gula putih, dan gula merah. Pada umumnya warna dodol sirsak berwarna coklat namun Anda sanggup memberi warna warni sesuai selera dengan menambahkan pewarna makanan, contohnya warna merah, kuning, hijau, dll.

 Resep Dodol Sirsak Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak CARA MEMBUAT DODOL SIRSAK
Gambar Dodol Sirsak Plastik

Dodol Sirsak atau kuliner ringan cantik dodol sirsak rasanya cantik legit ini mempunyai kandungan dan nilai gizi tinggi, berserat tinggi, dan mengandung vitamin C. Selain rasanya lezat dan segar juga merupakan kuliner yang sangat baik bagi badan serta sanggup dijadikan buah tangan khas kawasan ataupun bingkisan. Adapun kawasan penghasil dodol sirsak populer dan rasanya paling lezat ialah Garut populer dengan nama dodol Garut selain itu ada dodol sirsak Banyuwangi, Bandung, Bumiayu, Cookpad. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi dodol sirsak hidangan sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, mudah dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka dodol buah segar.

RESEP DODOL SIRSAK


BAHAN :
  • 1,5 kg buah sirsak atau nangka Belanda atau durian Belanda, ambil dagingnya
  • 100 gram tepung ketan
  • 500 gram gula merah
  • 225 gram gula pasir
  • 2 gelas santan dari 1 butir kelapa
CARA MEMBUAT DODOL SIRSAK :
  1. Daging buah sirsak campurkan dengan gula kemudian dimasak hingga mendidih.
  2. Larutkan tepung ketan dengan 2 gelas santan. Kemudian larutan tepung ini tuangkan ke dalam gabungan daging sirsak di atas.
  3. Masak sambil diaduk terus hingga mengental dan tidak lengket dalam wajan.
  4. Jika sudah matang, angkat, tunggu hingga dingin, dan kemas dengan pecahan plastik.
  5. Sajikan atau siap dijual dengan bungkus plastik atau bungkus kertas minyak. Bentuk bungkus sesuai selera, contohnya bungkus panjang, pendek, segitiga kerucut, segiempat kotak, dll.
TIPS & TRICKS :

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan dodol sirsak diantaranya :
  • Sirsak harus yang sudah renta dan matang
  • Pada waktu memasak api jangan terlalu besar, gabungan harus terus diaduk biar jangan gosong.
  • Diberi satu butir kelapa yang dibentuk 2 gelas santan kental dan 4 gelas santan encer.
Advertisement