-->

Cara Menciptakan Selai Blackberry

Cara Menciptakan Selai Blackberry
Cara Menciptakan Selai Blackberry
Resep Selai Blackberry Sederhana Spesial Asli Enak. Membuat selain sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) apa salahnya, selain lebih sehat dan juga higienis (Higienies) serta membuatnya tidaklah sulit. Jika tidak punya buah blackberry pakai buah strawberry juga boleh. Untuk selai strawberry cara buatnya sama hanya saja materi dasar atau materi utamanya yaitu buah stroberi.

Selai atau selei membutuhkan banyak gula, hampir hingga 30 persen dari total berat buahnya itu sendiri. Tak heran kalau rasanya cantik sekali. Gula juga berkhasiat sebagai pengental dan juga sebagai pengawet.

 Resep Selai Blackberry Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT SELAI BLACKBERRY
Gambar Selai Blackberry Untuk Olesan Roti Tawar

Menurut situs Wikipedia. Selai atau selei (bahasa Inggrisnya : jam, bahasa Perancisnya: confiture) yaitu salah satu jenis makanan awetan berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat. Selai tidak dimakan begitu saja, melainkan untuk dioleskan di atas roti tawar atau sebagai isi roti manis. Selai juga sering digunakan sebagai isi pada kue-kue menyerupai camilan cantik Nastar atau embel-embel pada minuman, menyerupai yogurt dan es krim.

Selai yang di dalamnya masih ditemukan potongan buah dalam banyak sekali ukuran disebut preserve atau conserves, sedangkan selai yang dibentuk dari sari buah dan kulit buah genus Citrus disebut marmalade.

Pektin yang dikandung buah-buahan atau sari buah bereaksi dengan gula dan asam menciptakan selai menjadi kental. Buah-buahan dengan kadar pektin atau keasaman yang rendah perlu ditambahkan pektin atau asam semoga selai sanggup menjadi kental.

Buah-buahan yang dijadikan selai biasanya buah yang sudah masak, tetapi tidak terlalu matang dan memiliki rasa sedikit masam. Buah-buahan yang umum dijadikan selai, misalnya: stroberi, blueberi, aprikot, apel, anggur, pir, dan fig. Selain itu, selai sanggup dibentuk dari sayur-sayuran menyerupai wortel dan seledri.

Di Indonesia, sebagian besar selai dibentuk dari buah-buahan tropis menyerupai macam-macam jenis aneka selai durian, dan ceremai. Selai kacang yaitu sebutan bahasa Indonesia untuk peanut butter yang dibentuk dari kacang tanah yang sudah dihaluskan dicampur mentega atau margarin.

Sejarah asal undangan mula selai, seni menciptakan selai pertama kali dikenal di negara Timur Tengah kemudian diperkenalkan ke Eropa, Amerika Utara, dan kesudahannya hingga juga ke Indonesia yang sanggup kita nikmati kini menyerupai selai instan yang dikemas dengan botol atau plastik sachet.

Selai sanggup dibentuk dari buah yang dihaluskan menyerupai selai nanas, selai stroberi, selai jambu biji dan selai durian. Maka buatlah selai buah pada dikala musimnya alasannya yaitu buahnya gampang diperoleh di pasar dan harganya niscaya lebih murah. Nah, dikala buah sedang tidak trend kita tetap sanggup menikmatinya, bukan? Malah kalau Anda jeli, selai sanggup dijadikan sebagai wangsit perjuangan di rumah. Berikut kumpulan aneka resepi selai blackberry yang terbuat dari blackberry hidangan sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan jual aneka selai buatan sendiri dengan harga murah-meriah dan ekonomis.

RESEP SELAI BLACKBERRY


BAHAN :
  • 950 gram blackbarry
  • 950 gram butiran gula (bisa juga selai gula, kalau tersedia)
  • Jus satu lemon
CARA MEMBUAT SELAI BLACKBERRY :
  1. Masukkan blackberry dan jus lemon dalam panci besar. Didihkan dengan api kecil selama sekitar 15 menit hingga buah lembut. Anda mungkin perlu menambahkan sedikit air untuk mencampur.
  2. Tambahkan gula dan aduk terus hingga gula larut.
  3. Angkat panas, berhenti mengaduk dan bawa adonan hingga mendidih. Biarkan adonan masak selama sekitar 15 menit atau hingga mencapai titik didih 105°c.
  4. Biarkan adonan cuek sebelum dituangkan ke dalam gelas beling bening. Segel dan beri label.
  5. Rasio berhasilnya resep sama dengan menciptakan selai raspberry. Jika Anda ingin menciptakan selai stroberi, cukup tambahkan dua kali jumlah jus lemon dan untuk selai plum Anda tidak perlu jus lemon, tetapi gunakan sekitar 150ml air sebagai gantinya. Lama waktu memasak sanggup bervariasi.
  6. Siap digunakan atau digunakan untuk olesan roti panggang atau roti bakar dan juga roti tawar serta olesan atau isi roti manis.
Advertisement