-->

Cara Menciptakan Camilan Bagus Sus Kering Keju

Cara Menciptakan Camilan Bagus Sus Kering Keju
Cara Menciptakan Camilan Bagus Sus Kering Keju
Resep Kue Sus Kering Keju Crispy Renyah Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Khas Bandung Kartika Sari Asli Enak. Bahasa Belandanya Soes. Kue Soes ini sangat terkenal di Bandung baik itu camilan manis sus berair maupun camilan manis sus kering mini ukuran kecil dan camilan manis sus goreng rasa gurih asin manis lezat.

 Resep Kue Sus Kering Keju Crispy Renyah Sederhana Lembut dan Empuk Spesial Khas Bandung K CARA MEMBUAT KUE SUS KERING KEJU
Gambar Kue Sus Kering Keju Sederhana

Menurut situs Wikipedia Kue sus (bahasa Belanda: soes) yaitu camilan manis berbentuk bulat dengan rongga berisi fla (vla), custard, atau daging. Kue sus dengan isi vla atau custard disajikan sehabis didinginkan di lemari es, alasannya vla atau custard yang berbahan baku susu mudah menjadi basi. Kue sus dalam bahasa Perancis disebut choux à la crème. Bentuk camilan manis yang bulat menyerupai kubis mengakibatkan camilan manis ini disebut choux (bahasa Perancis untuk kol).

Pelopor camilan manis sus aneka rasa dan toping yaitu SUS ZHU, camilan manis sus zhu yang empuk, lembut dan enak. Kue sus berair enak camilan manis soes merdeka, dan camilan manis soes kering keju sedap yaitu camilan manis soes kering kartika. Kemudian ada camilan manis sus kering aneka rasa dan aneka isi, menyerupai camilan manis sus kering isi coklat, isi durian/duren, rasa ayam spesial, dll.

Berbeda dengan adonan camilan manis bolu dan cake, adonan camilan manis sus bukan didapat dari mengocok telur atau mentega dengan gula. Adonan camilan manis sus (pâte à choux) dibuat dari menambahkan tepung terigu ke dalam adonan air yang dimasak bersama margarin atau mentega hingga mendidih. Telur ayam ditambahkan satu per satu di dalam adonan sambil diaduk hingga adonan tidak lengket di panci. Adonan camilan manis sus tidak memakai materi pengembang menyerupai soda camilan manis atau baking powder. Alat pengocok camilan manis (mixer) hanya dipakai semoga camilan manis mengembang lebih anggun sewaktu dipanggang.

Oven yang dipakai untuk memanggang camilan manis sus harus panas sekali (220 derajat Celsius). Panas panggangan mengubah kadar air yang tinggi di dalam adonan menjadi uap. Telur di dalam adonan membentuk kerangka camilan manis yang tipis, sedangkan uap yang terperangkap di dalam adonan menciptakan rongga di bab dalam kue. Adonan yang hampir serupa dengan camilan manis sus dipakai untuk menciptakan kue-kue sejenis, misalnya: croquembouche, eclair, beignet, dan gougère.

Beberapa modifikasi camilan manis sus juga terus berkembang, sehingga bentuk camilan manis sus tidak lagi bulat, ada juga camilan manis sus yang sudah dibuat menjadi bentuk Angsa. Ada resep camilan manis sus kering juga ada resep camilan manis sus basah aneka isi dan ada camilan manis sus goreng juga, tergantung cara penyajiannya. Berikut resepi camilan manis soes kering keju lengkap dengan cara mudah bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah banget dan simpel step by step belakang layar anti gagal untuk perjuangan jualan ala toko soes ataupun untuk konsumsi sendiri.

RESEP KUE SUS KERING KEJU


BAHAN :
  • 100 gram margarin
  • 250 ml air
  • 1/4 sendok teh garam
  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 75 gram keju cheddar parut, dicincang
  • 3 butir telur
  • 1 sendok teh baking powder
CARA MEMBUAT KUE SUS KERING KEJU :
  1. Rebus margarin, air, dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Matikan api. Tambahkan tepung terigu. Aduk hingga rata. Nyalakan api kecil. Aduk hingga kalis. Angkat dan biarkan hangat.
  2. Masukkan telur satu per satu sambil dikocok. Tambahkan keju parut, dan baking powder sambil dikocok rata. Masukkan dalam kantung plastik segitiga.
  3. Semprot dengan spuit kerang di atas loyang yang dioles margarin.
  4. Oven dengan api bawah suhu 200 derajat Celsius15 menit. Turunkan suhunya 130 derajat Celsius. Oven lagi 35 menit hingga matang dan kering.
  5. Sajikan untuk 260 gram.
Advertisement