-->

Cara Menciptakan Es Krim Sederhana Lembut

Cara Menciptakan Es Krim Sederhana Lembut
Cara Menciptakan Es Krim Sederhana Lembut
Resep Es Krim Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak. Sajian Ice Cream segar yang lembut paling sederhana yaitu resep es puter santan orisinil Indonesia, alasannya yaitu proses pembuatannya tradisinonal dan sangat sederhana sekali tanpa mesin atau pakai mesin, tanpa susu diganti santan kelapa dibentuk secara homemade atau rumahan, sehingga Anda pun sanggup membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Selain sanggup menjadi acara sehari-hari untuk pengisi waktu luang, alhasil pun sanggup Anda jadikan peluang membuka perjuangan gres ditengah-tengah kelesuan perekonomian Indonesia, sehingga sanggup dijadikan penghasilan embel-embel membantu ekonomi keluarga, dikelola secara serius pun juga baik. Siapa tahu sanggup dibentuk perjuangan bisnis franchise atau waralaba yang sanggup berkembang cepat dan untuk makanan di banyak sekali program hajatan, pernikahan, ulang tahun, Anniversary, selamatan, sukuran, dll

Hidangan ini disebut es puter alasannya yaitu dalam pembuatannya, gabungan diputar-putar dalam alat pembuat es hingga mengkristal.Sementara itu, nama es dung dung atau es tung tung diambil dari onomatope bunyi yang keluar dari gong mini gantung yang biasanya dipukul-pukul dung2 atau tung2 oleh mas-mas atau abang-abang penjual ketika menjajakan es nya.

 Resep Es Krim Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan  CARA MEMBUAT ES KRIM SEDERHANA LEMBUT
Gambar Pedagang Es Krim Puter/Es Puter

Es krim puter tradisional sanggup dibentuk dengan embel-embel topping atau dengan variasi aneka kreasi rasa buah alpukat, strawberry, nangka, kelapa muda, santan original, durian, mangga, coklat, vanilla, dll. Penyajian es tradisional ini sangat sederhana yaitu dengan cone yang berbentuk kerucut atau dengan diapit dua sisi roti tawar, atau dinikmati dalam gelas kaca. Es tung-tung pun sanggup diberi tambahan, ibarat kepingan kacang, ketan hitam, kepingan buah nangka, ataupun sagu mutiara.

 Resep Es Krim Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan  CARA MEMBUAT ES KRIM SEDERHANA LEMBUT
Gambar Es Puter Cone

Es puter atau es dung dung (juga ditulis es dong dong, es tung tung, dan es tong tong) yaitu salah satu hidangan pencuci lisan dari Indonesia serupa es krim berbahan dasar santan sebagai pengganti susu. Es puter bertekstur berangasan dan dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung yang diputar-diputar di dalam es watu dan garam.

Pada awalnya es ini diciptakan atas dorongan masyarakat yang ingin merasakan es krim, namun tak sanggup menjangkau harganya. Susu yang mahal ketika itu diganti dengan santan. Penggantian materi utama inilah gotong royong yang menciptakan rasa dari es ini menjadi lebih gurih. Namun, tampilannya dibentuk sama persis ibarat es krim.

Sejarah es tung tung berawal dari keterbatasan orang Indonesia untuk menikmati es krim yang pada masa itu hanya sanggup dinikmati oleh kaum tertentu. Keinginan orang indonesia untuk sanggup menikmati es krim melahirkan modifikasi pembuatan es krim dengan mengganti materi utama yaitu susu dengan santan kelapa. Dengan memadukan santan kepala dengan buah-buahan lokal ibarat kelapa muda, nangka, atau durian terciptalah es krim yang “lebih Indonesia” yang kita kenal dengan sebutan es puter.

Kepopuleran es ini alasannya yaitu dahulu banyak pedagang es tung tung keliling yang menunjukkan dagangannya ke sekitar Jawa. Kini penjual es tung-tung dengan membawa gerobak kecil sudah jarang ditemukan. Namun di pesta-pesta rakyat ibarat ijab kabul atau arisan, es tung-tung terkadang masih sanggup ditemukan. Bahkan baru-baru ini, pabrikan sekelas resep es krim Wall's pun melirik varian-varian es puter dengan rasa lokal ini. Berikut kumpulan aneka resepi aiskrim sederhana tanpa mesin hidangan sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan simpel step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan aneka es krim kampung.





RESEP ES KRIM SEDERHANA


BAHAN :
  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 200 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/8 sdt vanili bubuk
  • 2.000 gram es batu
  • 1.000 gram garam kasar
  • 50 gram meises
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Es Krim Goreng

CARA MEMBUAT ES KRIM SEDERHANA :
  1. Rebus santan, cokelat bubuk, gula pasir, garam, dan vanili bubuk sambil diaduk hingga mendidih. Tambahkan kelapa muda. Aduk rata.
  2. Tuang ke alat es puter yang sudah diisi es watu dan garam berangasan di sampingnya. Putar hingga beku. Angkat.
  3. Bekukan kembali. Sajikan bersama meises.
  4. Sajikan es puter Untuk 900 gram
Advertisement