-->

Cara Menciptakan Saus Asam Manis

Cara Menciptakan Saus Asam Manis
Cara Menciptakan Saus Asam Manis
Resep Saus Asam Manis Sederhana Spesial Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Asli Enak. Pengolahan saos asam bagus bila ingin terasa lebih pedas bisa ditambahkan cabai rawit atau cabai yang pedas. Saus di Indonesia terkadang juga disebut saos, sedangkan dalam bahasa inggris sauce. Saus asam bagus berfungsi serbaguna dan multi fungsi, menyerupai untuk materi adonan aneka olahan dan masakan, sebagai siraman, dan untuk cocolan banyak sekali kuliner goreng-gorengan biasa maupun goreng tepung crispy renyah kriuk garing, misal ayam goreng, ikan goreng, udang goreng, cumi goreng, dll. Baca Juga : Resep Saus Barbeque

Menurut situs Dwifitri pengertian Sauce. Sauce dalam bahasa Indonesia saus ialah cairan yang dikentalkan dengan salah satu materi pengental sehingga menjadi semi liquid (setengah cair), dan disajikan bersama dengan ikan, unggas, daging maupun kue-kue dengan maksud untuk mempertinggi cita rasa dari materi kuliner yang disajikan. Sekedar untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Kami berikan beberapa gosip menhenai fungsi dan kegunaan saus, kriteria saus yang baik dan berkualitas sehingga Anda menjadi lebih bijak dalam menentukan saus maupun membuatnya sendiri biar supaya sehat dan bergizi dan yang terakhit mengenai wacana pengelompokkan saus atau saos. Baca Juga : Resep Saus Mustard

 Resep Saus Asam Manis Sederhana Spesial Buatan Sendiri Ala Rumahan  CARA MEMBUAT SAUS ASAM MANIS
Gambar Saus Asam Manis Pedas Homemade

Fungsi sauce pada kuliner bertujuan untuk :
  • Menambah rasa dan kelezatan suatu masakan.
  • Memberikan kelembaban pada kuliner sehingga kuliner yang agak kering bisa kelihatan agak basah, menyerupai fried chicken diberi tartar sauce atau sandwich dioles mayonaise.
  • Memperkaya aroma makanan, tetapi perlu diingat bahwa penambahan sauce dilarang menutupi aroma orisinil dari hidangan utamanya.
  • Meningkatkan penampilan, sumbangan sauce sanggup menambah daya tarik dan merangsang nafsu makan dan sumbangan saus yang benar ialah berwarna dan kontras tidak kusam biar kuliner lebih menarik.
  • Mempertinggi nilai gizi, nilai gizi suatu kuliner sanggup ditingkatkan dengan menawarkan sauce, contohnya sayuran diberi mayonaise artinya diberi pelengkap protein dan lemak dalam hidangan tersebut.
  • Nama sauce dicantumkan dalam kuliner supaya lebih menarik.
Kriteria sauce yang baik
  • Licin (smooth) semi liquid, sauce disebut berkualitas apabila mempunyai kelembutan tertentu tidak ada gumpalan/ jendalan dan dalam keadaan panas masih bias mengalir dan meninggalkan lapisan tipis pada senduk.
  • Mengkilap (glossy), mempunyai warna khusus dan berkilau tidak kusam.
  • Kaya rasa dan tidak berlemak, sauce mempunyai ciri khas rasa yang diperoleh dari materi utamanya yang berkualitas serta harus bisa meningkatkan atau melengkapi rasa dari hidangan utamanya.
Sauce sanggup dikelompokan berdasar suhu penyajian/ penghidangan. Yaitu :
  1. Sauce hambar (cold sauce), sauce yang dihidangkan hambar atau setidaknya dalam temperature normal ± 60ºC ada juga sauce beku disebut matre d’hotel sauce. Sauce ini juga bisa dihidangkan dengan hidangan yang panas.
  2. Sauce panas (warm sauce), sauce yang dihidangkan dalam keadaan panas untuk hidangan panas, tetapi tidak cocok dihidangkan untuk hidangan yang dingin.
Menurut situs Wikipedia. Saus asam bagus ialah saus yang berasal dari kuliner Tionghoa, dibentuk dari air, cuka, saus tomat, gula, garam, dan tepung sebagai pengental yang dimasak di atas penggorengan. Tepung yang dipakai untuk pengental umumnya tepung sagu atau tepung kentang. Baca Juga : Resep Saus Mayonaise

Penggunaan saos asam bagus pada kuliner Indonesia, saus asam bagus sering dibentuk dengan pelengkap bawang putih dan sambal botol sebagai bumbu. Versi lain saus asam bagus menggunakan daun bawang dan wortel biar menarik ada juga yang menambahkan buah nanas pada resep saus asam bagus nanas dan menambahkan cabai rawit pedas untuk resep saus asam bagus pedas. Masakan Indonesia yang menggunakan saus asam bagus contohnya ikan asam bagus (ikan kakap atau gurame, ikan nila), udang asam bagus atau kepiting asam manis.

Saus asam bagus juga dipakai pada kuliner ayam, daging sapi, atau daging babi yang digoreng tidak hingga garing, ditambah sayur-sayuran menyerupai bawang bombay, nanas, paprika, kol dan tomat.

Saus asam bagus siap pakai dan serba guna untuk banyak sekali kuliner juga dijual dalam kemasan sachet, kemasan plastik atau kemasan botol yang tinggal dimasak dengan ditambah air yang sering disebut saus asam bagus instan kemasan. Misalnya saus oriental Saori saus asam manis, saus asam bagus Indofood, Saus asam bagus ABC, dll.

Pada kuliner Tionghoa Ayam saus asam bagus Pada mulanya, saus asam bagus ialah saus untuk kuliner masakan Tionghoa yang disebut babi asam bagus (gǔlǎoròu dalam bahasa Tionghoa atau gulouyuk dalam bahasa Kantonis).

Sedangkan pada kuliner Tionghoa Amerika dengan saus asam bagus yang populer ialah babi asam bagus (sweet and sour pork), ayam asam manis, dan udang asam bagus untuk disantap dengan nasi putih. Berikut kumpulan aneka resepi saus asam bagus pedas sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk banyak sekali kuliner konsumsi sendiri dan baik untuk perjuangan jualan rumah makan seafood, restoran, dan warung lesehan, warung tenda, dan cafe resto.

RESEP SAUS ASAM MANIS


BAHAN :
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1 siung bawang putih, memarkan
  • 2 buah cabai merah, buang bijinya kemudian iris tipis
  • 250 ml air kaldu
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt minyak wijen
  • 1 sdm cuka
  • 1 sdt tepung kanji, larutkan dengan 1 sdm air
CARA MEMBUAT SAUS ASAM MANIS :
  1. Cara Buat Saus : Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum.
  2. Tuangi kaldu dan masukkan bahan-bahan yang lain, kecuali larutan kanji. Aduk hingga mendidih, kemudian tuangi larutan tepung kanji. Aduk-aduk hingga kental dan meletup-letup. Angkat, dinginkan.
  3. Sajikan sebagai siraman atau adonan dengan banyak sekali kuliner seafood, udang, ikan, ikan fillet, kerang baik kerang darah dan kerang hijau, cumi, kepiting, ayam, ayam fillet, daging sapi, dll. Selain itu bisa juga untuk hidangan tahu dan tempe serta aneka sayur-sayuran dan untuk dimsum.
Advertisement