-->

Cara Menciptakan Camilan Elok Abuk Khas Betawi

Cara Menciptakan Camilan Elok Abuk Khas Betawi
Cara Menciptakan Camilan Elok Abuk Khas Betawi
Resep Kue Abuk Khas Betawi Kukus Daun Pisang Sederhana Spesial Asli Enak. Kue ini masih termasuk kuliner ringan anggun berair tradisional kukus alasannya yaitu masaknya dengan cara mengukus atau dikukus. Kue ini mempunyai tekstur yang lembut dan empuk dengan rasa anggun legit. Kue abuk ini pada umumnya terbuat dari tepung ketan tapi juga dapat dibentuk dengan tepung singkong dan tepung beras. Varian macam-macam jenis kuliner ringan anggun abuk abuk ini, contohnya kuliner ringan anggun abuk mutiara yang terbuat dari sagu mutiara. Bali juga mempunyai resep kuliner ringan anggun abuk Bali yang masing-masing tempat mempunyai khas yang unik.

 Resep Kue Abuk Khas Betawi Kukus Daun Pisang Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KUE ABUK KHAS BETAWI
Gambar Kue Abuk Khas Betawi Kukus Daun Pisang

Kue abuk yaitu sejenis kuliner ringan anggun tradisional khas Betawi. Bahan utama untuk menciptakan kuliner ringan anggun abuk ini mudah dengan materi dasar tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah. Serupa dengan ciri khas kuliner ringan anggun tradisional nusantara pada umumnya, kuliner ringan anggun abuk dikukus dalam bungkusan berbentuk kerucut dari daun pisang. Kue abuk mempunyai kemiripan dengan kue putu dan awug di Bandung. Berikut kumpulan belakang layar aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih abuk-abuk Betawi kukus bungkus daun pisang hidangan sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka kuliner ringan anggun berair tradisional Indonesia.

RESEP KUE ABUK KUKUS


BAHAN :
  • 500 gram tepung ketan
  • 1 butir kelapa muda, kupas parut
  • 250 gram gula merah, iris-iris
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili
  • 100 ml air
  • Daun pisang untuk membungkus
CARA MEMBUAT KUE ABUK KUKUS :
  1. Campur jadi satu ke dalam wadah bersi : tepung ketan, kelapa parut, garam, vanili, air, aduk hingga rata.
  2. Ambil selembar daun pisang, beri 2 sdm campuran tepung, beri 2 sdt gula merah, bungkus bentuk kerucut, semat dengan lidi.
  3. Kukus kuliner ringan anggun selama 30 menit atau hingga kuliner ringan anggun matang bener.
  4. Sajikan untuk 15 bungkus.
Advertisement