-->

Cara Menciptakan Getuk Goreng Sokaraja Khas Banyumas

Cara Menciptakan Getuk Goreng Sokaraja Khas Banyumas
Cara Menciptakan Getuk Goreng Sokaraja Khas Banyumas
Resep Getuk Goreng Khas Sokaraja Banyumas Sederhana Spesial Asli Enak. Sokaraja memang populer dengan soto Sokaraja ternyata getuk goreng singkong juga tak kalah yummy rasanya walaupun dari materi singkong atau ubi kayu yang sangat sederhana dan gampang di sanggup di Indonesia.

 Resep Getuk Goreng Khas Sokaraja Banyumas Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT GETUK GORENG SOKARAJA KHAS BANYUMAS
Gambar Getuk Goreng Khas Sokaraja Banyumas

Menurut situs Wikipedia. Getuk goreng yaitu penganan khas Sokaraja yang bagus dan gurih, dibentuk dari singkong dan dibumbui gula kelapa yang diolah secara tradisional. Getuk goreng ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 1918 oleh Sanpirngad, seorang penjual nasi keliling di tempat Sokaraja. Pada ketika itu getuk singkong biasa yang dijual tidak laku, sehingga ia mencari logika semoga getuk tersebut masih sanggup dikonsumsi. Kemudian, getuk singkong yang tidak habis dijual pada hari itu ia goreng dan dijual lagi. Ternyata, kuliner gres tersebut digemari oleh para pembeli. Begitulah kira-kira sejarah getuk singkong goreng di Sokaraja, Banyumas. Namun begitu getuk goreng juga ada di Jogja Yogyakarta, Bandungan, Purwokerto, Semarang, Solo, Magelang, dan di kota-kota lainnya. Getuk goreng paling enak yaitu resep getuk goreng semar, getuk goreng Haji Tohirin.

Saat ini getuk goreng sanggup dengan gampang ditemui di sepanjang jalan di Sokaraja terutama Jalan Jenderal Soedirman. Getuk yang digoreng juga bukan lagi getuk yang tidak laris dijual, melainkan sengaja dibentuk untuk digoreng. Getuk goreng terbaru telah dimodifikasi dibentuk dengan resep getuk goreng aneka rasa atau aneka isi contohnya isi coklat, keju, dll, resep getuk goreng crispy renyah, getuk goreng juga sanggup dibentuk dari materi ubi jalar ibarat pada resep getuk goreng ubi jalar, dll. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi getuk goreng sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka getuk singkong.

RESEP GETUK GORENG


BAHAN :
  • 1 kg singkong ubi kayu
  • 250 gram gula jawa
  • 75 gram tepung beras
  • 1 sdm terigu
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng
CARA MEMBUAT GETUK GORENG :
  1. Kupas singkong, buang sabutnya, kemudian dipotong-potong dan direbus hingga matang.
  2. Iris halus gula jawa, kemudian tambahkan sedikit air, kemudian rebus hingga gula melumat dan tercampur dengan air.
  3. Saat panas-panas, lumatkan singkong dan beri gula bertahap hingga tercampur dengan rata.
  4. Letakan getuk singkong di atas nampan, kemudian ratakan dengan tebal 2 centi meter, potong kotak-kotak dengan ukuran 5 x 4 centi meter atau berdasarkan selera, sisihkan.
  5. Selanjutnya campurkan tepung terigu, tepung beras, garam, serta air secukupnya hingga gabungan menjadi cukup kental.
  6. Panaskan minyak, kemudian celupkan getuk ke dalam gabungan terigu sebelum proses penggorengan .
  7. Jika sudah dicelukan ke gabungan terigu, goreng getuk singkong ke dalam minyak yang cukup panas hingga warna bermetamorfosis kekuning-kuningan.
  8. Angkat dan tiriskan.
  9. Sajikan.
Advertisement