-->

Cara Menciptakan Granola Kafe Tanpa Oven

Cara Menciptakan Granola Kafe Tanpa Oven
Cara Menciptakan Granola Kafe Tanpa Oven
Resep Granola Bar Panggang Oven dan Tanpa Oven Renyah (Crunchy) Rumahan (Homemade) Sederhana Spesial Asli Enak Cocok Untuk Diet Sehat. Makanan granola yang sempat viral kekinian serta ngehits dan booming sekitar tahun 2016 ini banyak variasinya dan variannya yang dibuat dengan macam-macam jenis dan nama-nama sesuai adonan atau kombinasi bahan-bahannya, menyerupai resep granola untuk diet, resep granola untuk sarapan pagi, resep granola cookies yang berbentuk kudapan bagus kering, resep granola yogurt, resep granola bowl disajikan dalam mangkok atau mangkuk, resep granola parfait, resep granola coklat/cokelat, resep granola cereal/sereal, Resep menciptakan Strawberry Granola Parfait, dsb. Granola banyak diminati sebagai sajian makanan sehat yang cocok untuk jadwal diet.

 Resep Granola Bar Panggang Oven dan Tanpa Oven Renyah  CARA MEMBUAT GRANOLA BAR TANPA OVEN
Gambar Granola Bars Untuk Diet Sehat

APA ITU GRANOLA ?

Menurut situs Wikipedia Indonesia. Granola yakni sejenis hidangan sarapan dan makanan ringan terdiri dari emping oat, kekacang, madu atau aksesori lain menyerupai gula perang, dan kadangkalanya bertih beras yang biasanya dibakar hingga garing dan berwarna coklat keemasan. Pada proses membakar, adonan dikacau untuk mengekalkan longgar sarapan sereal konsisten. Buah kering, menyerupai kismis dan kurma, dan manisan menyerupai coklat kadangkalanya juga ditambah. Penambahan biji rami ke dalam granola terutamanya sering dipakai untuk membantu pencernaan. Granola sering dimakan bercampur bersama yogurt, madu, buah-buahan segar (seperti pisang, strawberi atau beri biru), susu atau bijirin jenis lainnya. Ia juga berfungsi sebagai materi hiasan untuk pelbagai pastri, pencuci lisan atau aiskrim/es krim.

Granola dibawa saat aktiviti mendaki bukit, berkhemah, atau backpacking kerana ia berkhasiat, ringan, tinggi kalori, dan gampang disimpan (ciri sama untuk trail mix dan muesli). Sebagai makanan ringan, ia sering digabungkan dengan madu atau sirap jagung dan dipekatkan menjadi kafe bentuk yang bahagia dibawa sebagai bekalan makan tengah hari, sewaktu mendaki, atau aktiviti luar yang lain.

Sedangkan berdasarkan situs Hellosehat. Granola yakni makanan yang terdiri dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan juga sanggup ditambahkan dengan minyak, madu atau aksesori lainnya. Setiap granola sanggup mengandung materi yang berbeda-beda, sehingga juga membuatnya mempunyai nilai gizi yang berbeda. Beberapa mungkin mempunyai kandungan gula, lemak, kalori, atau protein yang lebih banyak, tergantung dari bahannya.

Kandungan utama dari granola yakni oat dan kacang-kacangan, sehingga menciptakan granola mengandung serat yang tinggi. Serat yang tinggi dalam granola ini menciptakan granola bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, membantu mengontrol kadar gula darah, membantu menurunkan kadar kolesterol, dan menciptakan Anda kenyang lebih lama.

Kacang-kacangan dalam granola juga menciptakan granola mengandung lemak sehat. Satu porsi granola sanggup menawarkan Anda 4 gram asam lemak tidak jenuh tunggal dan 4 gram asam lemak tidak jenuh ganda. Dua jenis asam lemak ini sanggup membantu Anda menurunkan kadar kolesterol dalam darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan. Sehingga, Anda sanggup terhindar dari penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Asam lemak omega 3 dalam granola juga penting untuk kesehatan otak.

Granola juga mengandung vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Beberapa jenis vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam granola yakni vitamin E, tiamin, asam folat, magnesium, fosfor, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Ini semua tergantung dari bahan-bahan yang menjadi komposisi dari granola itu sendiri.

Apa itu granola kafe ?

Menurut situs Wikihow Indonesia. Granola kafe yakni kudapan yang sedap yang sanggup dimakan sebagai sarapan atau kudapan di tengah hari. Apabila dimasak dengan tepat, granola kafe sanggup menjadi alternatif yang lebih bernutrisi dan sehat dibanding cokelat atau kudapan mengandung permen. Granola rumahan tidak saja lebih bernutrisi dibanding yang Anda beli di toko, tapi juga lebih sedap. Bila Anda ingin menciptakan sendiri granola bar, ikuti langkah-langkahnya.

Sejarah asal-usul mula granola. Granula pertama kali dihasilkan di Dansville, New York, oleh Dr. James Caleb Jackson di Sanitarium Jackson pada tahun 1863. Sanitarium Jackson merupakan spa kesihatan populer yang beroperasi selewat awal periode ke-20 di lereng bukit yang menghadap Dansville. Ia juga dikenali sebagai Our Home on the Hillside ("Rumah Kita di Lereng Bukit"); oleh lantaran itu syarikat yang dibuat untuk menjual bijirin ciptaan Jackson dikenali sebagai Our Home Granula Company. Granula awal yang dihasilkan diperbuat daripada tepung Graham dan bersaiz seakan kacang sederhana besar. Sejenis bijirin yang sama turut dibangunkan oleh John Harvey Kellogg dan pada mulanya dikenali sebagai "Granula", namun ia diubah menjadi "Granola" untuk mengelakkan pertelingkahan undang-undang dengan Jackson. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi granola bars sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal dengan simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka granola sehat untuk diet menurunkan berat badan.

RESEP GRANOLA BAR COKLAT PANGGANG OVEN


BAHAN :
  • 3 sdm mentega tawar atau minyak canola
  • 2 cangkir granola
  • 1/2 cangkir biji rami
  • 1/2 sdt kayu manis
  • 1/4 sdt garam (opsional)
  • 1/3 cangkir madu
  • 2 sdm gula merah
  • 1 sdt vanila
  • 1.2 cangkir cokelat murni keping
CARA MEMBUAT GRANOLA BAR COKLAT PANGGANG OVEN :
  1. Panaskan panggangan hingga 300 derajat. Masukkan loyang ataU pinggan kaca yang sudah dioles mentega.
  2. Jika sudah panas, tuangkan granola ke dalam loyang hingga merata. Tunggu lima menit, hingga aroma wanginya menyebar ke ruang dapur.
  3. Keluarkan granola dari oven, tambahkan biji rami, kayu bagus dan garam. Bersihkan wajan dengan bersih.
  4. Tuangkan madu, vanili, dan gula merah ke dalam panci yang dididihkan di atas api kecil. Jika sudah, tuangkan adonan oat, dan aduk hingga merata dalam panci.
  5. Jika sudah, kembalikan adonan granola ke dalam panci, kemudian taburi dengan cokelat keping yang sudah.
  6. Agar semua menyatu dan renyah, masukkan kembali granola kafe ke dalam panggangan selama 20 menit.
  7. Kalau sudah matang, biarkan dingin. Potong menjadi 16 hingga 20 bagian, kemudian simpan dalam wadah kedap udara.
  8. Sajikan.

RESEP GRANOLA BAR MADU RENYAH TANPA OVEN


BAHAN :
  • 3/4 cangkir madu asli
  • 1/2 cangkir gula merah
  • 1/4 cangkir minyak jagung
  • 3 cangkir granola yang tidak manis
CARA MEMBUAT GRANOLA BAR MADU RENYAH TANPA OVEN :
  1. Masukkan madu, gula merah dan minyak jagung ke dalam panci kecil dan didihkan.
  2. Taruh granola dalam mangkuk besar dan tuangkan adonan gula di atasnya sambil diaduk rata.
  3. Siapkan wadah dengan bentuk datar, tuangkan adonan granola di wadah itu. Pipihkan dan biarkan masbodoh di lemari es atau kulkas.
  4. Kalau sudah, potong granola dengan bentuk persegi dan simpan dalam wadah kedap udara, tahan hingga 4 empat hari.
  5. Sajikan.

RESEP GRANOLA BAR TANPA OVEN SEDERHANA


BAHAN :
  • 160 gram rolled oat / oatmeal
  • 50 gram kismis, cincang
  • 50 gram chocochips (opsional)
  • 50 gram kacang mete
  • 4 sdm selai kacang
  • 4 sdm madu
CARA MEMBUAT GRANOLA BAR TANPA OVEN :
  1. Siapkan loyang ukuran 20x20cm, beri bantalan plastik wrap atau kertas baking, lebihkan hingga ke sisi loyang supaya nanti memudahkan mengangkat granolanya, sisihkan.
  2. Sangrai rolled oat hingga garing dan kecoklatan denngan memakai api kecil kurang lebih selama 15 menit sambil sering diaduk, angkat kemudian letakkan di dalam mangkuk.
  3. Sangrai kacang mete hingga matang dan kecoklatan (saya bagi 2 kacanya sempurna digaris bagi kacang, sehingga kacang sanggup cepat matang).
  4. Di panci, campur selai kacang dan madu, panaskan sebentar dengan api kecil sambil diaduk hingga tercampur, angkat bila sudah tercampur.
  5. Di mangkuk berisi rolled oats, tambahkan kismis cincang, chocochips dan kacang mete, aduk perlahan, kemudian tuang adonan madu selai kacang, aduk hingga tercampur rata.
  6. Masukkan ke dalam loyang, ratakan dengan tangan sambil disebarkan merata diloyang, tekan-tekan dengan bab bawah gelas supaya adonan granola menjadi padat.
  7. Selanjutnya simpan di dalam kulkas kurang lebih selama 15-20 menit hingga mengeras, keluarkan dari loyang dengan cara mengangkat plastik wrap yang berlebih di sisi loyang, potong-potong sesuai selera (potong menjadi 15 bagian).
  8. Sajikan. Siap dinikmati, atau sanggup disimpan di waddah kedap udara (saya masukkan ke dalam wadah kedap kemudian aku masukkan ke dalam kulkas kembali).
Advertisement