-->

Cara Menciptakan Roti John Special

Cara Menciptakan Roti John Special
Cara Menciptakan Roti John Special
Resep Roti John Kekinian Viral Sederhana Spesial Asli Enak. Katanya sih roti John terenak di Indonesia ala netizen yaitu roti John Surabaya. Roti John yang sedang booming dan ngehits ini bukanlah diambil dari buku resep roti John Dean. Terus bagaimana sejarah asal permintaan nama roti John big ukuran besar panjang ini?.

Menurut situs Wikipedia. Roti john yaitu roti lapis dengan isian telur dadar yang merupakan cemilan yang menjadi salah satu hidangan populer, utamanya di Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia. Kini viral dan ngehits di Indonesia, menyerupai di Surabaya, Bogor, Samarinda, Malang, Medan, Bali, PNG, Jakarta, Semarang, Bandung, dll.

 Resep Roti John Kekinian Viral Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT ROTI JOHN SPECIAL
Gambar Roti John Viral Jaman Now

Komposisi materi yang dipakai untuk menciptakan roti john original atau roti long John antara lain daging cincang (ayam, daging sapi, atau domba) dapat juga pakai kornet kaleng instan siap pake, bawang, telur, saus tomat, saus sambal, dan roti (biasanya roti panjang menyerupai baguette). Walaupun begitu dapat juga kita ganti roti jenis lain, contohnya resep John dengan roti tawar dan masih banyak lagi varian macam-macam jenis roti John versi ala netizen. Sekarang juga dijumpai roti John bagus aneka isi, menyerupai coklat, keju, meises, kacang tanah, almond, susu, selai, dsb dan diberi topping saus mayonaise dan saos sambal atau saos tomat menyerupai roti john kay di depan Borma Cikutra Bandung.

Roti baguette yaitu Roti tongkat asal Prancis. Tekstur luarnya agak keras. Tersedia di toko-toko roti (bakery) besar atau Anda dapat buat sendiri.

Persiapan dan penyajian. Daging cincang, telur, dan bawang cincang dicampur kemudian dituangkan ke dalam penggorengan dan dipotong memanjang, kemudian roti yang telah dibelah dua ditempel dan ditekan ke dalam adonan tadi. Ketika telur mulai matang, semua roti kemudian dibalik untuk mematangkan sisi yang lain. Roti kemudian diangkat untuk disajikan ke atas piring, untuk kemudian diberi materi komplemen lain sesuai selera menyerupai salad, saus tomat/ saus cabe dan mayones, sebelum dipotong menjadi beberapa bagian. Varian lainnya yaitu adalah memasukkan daging cincang, bawang, dan saus ke dalam belahan baguette, kemudian baguette dicelupkan ke dalam telur yang telah kocok, kemudian semuanya digoreng di penggorengan. Di Malaysia, daging sapi, daging kambing, ikan sarden dan variasi lainnya telah ditambahkan.

Kata roti berasal dari bahasa Hindi, bahasa Urdu, bahasa Melayu yang juga diserap ke dalam bahasa Indonesia di mana bahasa Inggris dari roti yaitu bread. Roti dalam hal ini yaitu semua hidangan berbahan dasar roti, termasuk roti lapis dan panekuk. Sementara kata john diduga alasannya yaitu baguette yang berasal dari Barat dan imbas pemerintahan kolonial Inggris di Malaysia dan Singapura. Berikut kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi roti John ala Femina, NCC menu sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka roti John aneka topping, menyerupai roti John cheese paling enak ala restoran dan cafer resto siap saji dengan aneka macam ukuran baik besar, panjang, dan roti john mini ukuran kecil dan medum atau sedang.

RESEP ROTI JOHN ASIN


BAHAN :
  • 6 sdm margarin
  • 250 gram daging sapi giling
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 1/2 sdt garam
  • 6 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1 buah (150 gram) bawang bombay, cincang halus
  • 3 buah cabe merah besar, cincang halus
  • 5 buah cabe rawit merah, iris halus
  • 3 buah roti baguette ukuran : panjang 25 cm , potong 2, belah 2 melintang
CARA MEMASAK ROTI JOHN ASIN :
  1. Lelehkan 1 sdm margarin, tumis daging sampai berubah warna. Bubuhi merica dan garam, aduk rata. Angkat.
  2. Campur telur, bawang bombay, cabe merah, dan cabe rawit, aduk rata. Masukkan daging tumis, aduk kembali sampai rata. Sisihkan.
  3. Panaskan margarin dalam wajan dadar berdiameter 18 cm. Sisihkan.
  4. Tuang adonan telur di atas 1 bab roti, letakkan roti di wajan panas dengan posisi permukaan berisi adonan telur di bab bawah. Masak sampai matang, angkat.
  5. Sajikan segera untuk 6 porsi.
Advertisement