-->

Cara Menciptakan Abon Sapi Kering

Cara Menciptakan Abon Sapi Kering
Cara Menciptakan Abon Sapi Kering
Resep Abon Sapi Kering Sederhana Spesial Asli Enak Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade). Abon daging sapi merupakan masakan mudah sanggup untuk adonan roti tawar, sebagai isi roti bakery, sebagai isi lemper abon sapi, bahkan untuk dimakan bersama bubur ayam, bubur nasi dan nasi putih. Soal rasa abon ada banyak jenis dan macam-macamnya, ada rasa manis, anggun asin, asin gurih, asin pedas, pedas manis, dll.

Menurut situs Wikipedia Abon yaitu masakan yang yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya biasanya berwarna cokelat jelas hingga kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui kecap. Abon kering tampak menyerupai serat-serat kapas menyerupai rambut, alasannya yaitu didominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir. Karena kering dan nyaris tak mempunyai sisa kadar air, abon biasanya abadi disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara. Berbeda dengan abon berair kurang abadi dan tahan usang untuk disimpan.

 Resep Abon Sapi Kering Sederhana Spesial Asli Enak Buatan Sendiri Ala Rumahan  CARA MEMBUAT ABON SAPI KERING
Gambar Abon Sapi Kering

Selain terbuat dari materi dasar daging (daging sapi, daging kambing, daging kuda, daging babi, dan daging domba), ada beberapa abon yang pembuatannya menggunakan materi dasar dari masakan laut, menyerupai abon ikan tuna, abon ikan lele, abon ikan tongkol, abon belut, dan abon udang.

Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi, mie pangsit atau bubur ayam, atau sebagai isi lemper dan biasa pula dimakan pribadi menyerupai memakan atau mengkonsumsi masakan ringan (cemilan). Di Indonesia, daging yang biasa dipakai untuk menciptakan abon berasal dari daging sapi halal, sehingga orang mengenal 'abon sapi'. Selain daging sapi, materi lain yang dipakai yaitu ayam untuk abon ayam halal, babi untuk abon babi haram atau non halal, ikan, kuda, dan kambing. Di China, abon yang paling lazim yaitu abon yang terbuat dari daging babi atau daging ham yang disebut Chousong.

Pusat pusat pembuatan abon sapi di Indonesia dikala ini ada di kawasan Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, Magelang dan beberapa kawasan lain sekitarnya (sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur). Produksi abon sapi juga sanggup di temui di kota Palembang dan Pontianak. Sedangkan pusat pembuatan abon dari daging babi banyak terdapat di kawasan Bali, Sulawesi Utara dan Sumatera Utara. Berikut resep abon daging sapi kering istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade). Anda tertarik untuk bisnis perjuangan jualan aneka abon?

RESEP ABON SAPI KERING


BAHAN :
  • 1/2 kg daging sapi gandik atau sanggup juga pakai daging sapi has dalam
  • 4 butir kemiri
  • 4 butir bawang merah
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh terasi
  • 1 batang lengkuas
  • 1 cangkir santan kental
CARA MEMBUAT ABON SAPI KERING :
  1. Daging gandik dipotong jadi 2 atau 3 potong, kemudian direbus hingga empuk betul dan airnya hingga habis. Pukul-pukul daging tersebut dengan pemukul daging hingga empuk sekali, kemudian suwir-suwir.
  2. Bumbu-bumbu ditumbuk halus, campur dengan santan kental kemudian siramkan ke dagingnya. Remas-remas hingga rata betul, jemur hingga kering, goreng dengan minyak kelapa hingga kering, taruh dalam pres kentang, kemudian pres biar minyaknya keluar.
  3. Sajikan untuk konsumsi sendiri baik untuk dijual dengan kemasan kaleng untuk abon sapi kaleng atau kemasan plastik untuk abon plastik.
Advertisement