-->

Cara Menciptakan Bolu Peca Khas Bugis Makassar

Cara Menciptakan Bolu Peca Khas Bugis Makassar
Cara Menciptakan Bolu Peca Khas Bugis Makassar
Resep Bolu Peca Khas Bugis Makassar Sederhana Spesial Asli Enak. Kue bolu pecah kukus khas Bugis ini sangat lembut dan empuk yang rasanya bagus banget. Bolu peca ialah camilan bagus berair tradisional yang terbuat dari materi dasar tepung ketan atau tepung beras putih tapi ada juga yang menciptakan bolu ini dengan tepung terigu yang disebut bolu peca tepung terigu. Adapun gula merah juga dapat diganti dengan gula putih, alasannya ialah memang ada camilan bagus bolu peca gula putih. Makanya camilan bagus bolu ini terlihat ibarat kue bolu karamel sarang semut yang rasanya bagus minta ampun tapi enak sekali.

 Resep Bolu Peca Khas Bugis Makassar Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT BOLU PECA KHAS BUGIS MAKASSAR
Gambar Bolu Peca Khas Bugis Makassar

Bolu peca atau bolu pecah ialah camilan bagus suku bugis khas Makassar, Sulawesi Selatan (SULSEL) yang wajib disajikan secara istimewa pada lebaran Hari Raya Idul Fitri yang sedang terkenal di grup memasak resep kuliner Langsung Enak Mba Hesti dan di Cookpad. Kue ini masih tergolong jenis camilan bagus berair tradisional dan proses memasaknya dengan cara dikukus makannya dapat mengembang hingga pecah merekah. Berikut kumpulan belakang layar aneka kreasi dan variasi olahan resepi bolu peca kukus merekah khas Bugis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka camilan bagus bolu tradisional dan modern.





RESEP BOLU PECA


BAHAN ADONAN DASAR BOLU :
  • 3 butir telur ayam
  • 4 sdm tepung ketan putih sangrai
  • 1/2 sdt soda kue/baking soda
BAHAN ADONAN GULA :
  • 3/4 kg gula merah khas Sulawesi
  • 1 gelas air
  • 1/2 sdt Vanili
CARA MEMBUAT BOLU PECA KHAS BUGIS :
  1. Buat gabungan bolu lebih dulu. Kocok telur bersama soda camilan bagus hingga mengembang, tambahkan tepung ketan sangria yang telah disangrai, sisihkan.
  2. Siapkan cetakan empat persegi ukuran 22 cm, oles dengan mentega. Tuang gabungan ke dalam cetakan dan kukus hingga matang. Setelah camilan bagus dingin, iris setebal 2×7 cm.
  3. Sementara menunggu camilan bagus dingin, masak air, gula merah dan vanili di atas api sedang hingga cair. Lalu saring dan didihkan kembali.
  4. Setelah air gula jadi celupkan irisan camilan bagus ke dalam air gula satu per satu hingga bolu berubah warna menjadi coklat. Angkat.
  5. Sajikan.
Advertisement