-->

Cara Menciptakan Bubur Lolos Ketan Cirebon Bandung

Cara Menciptakan Bubur Lolos Ketan Cirebon Bandung
Cara Menciptakan Bubur Lolos Ketan Cirebon Bandung
Resep Bubur Lolos Ketan Cirebon Bandung Sederhana Spesial Khas Sunda Asli Enak. Bubur lolos bungkus daun pisang ini rasanya anggun dan legit tidak ibarat bubur-bubur lainnya yang terasa asin dan gurih, memang bubur dibagi 2 kategori bubur anggun dan bubur asin. Sepintas ibarat dodol betawi sama-sama berasa anggun dan legit tapi tekstur bubur lolos ini sangat lembut dan empuk cenderung lembek. Dimakan dengan kuah saus santan kental yang beraroma pandan amis yang harum semerbak.

 Resep Bubur Lolos Ketan Cirebon Bandung Sederhana Spesial Khas Sunda Asli Enak CARA MEMBUAT BUBUR LOLOS KETAN CIREBON BANDUNG
Gambar Bubur Lolos Ketan Cirebon Bandung

Bubur lolos merupakan salah satu kuliner tradisional Indonesia khususnya masyarakat Sunda yang dianggap sebagai simbol semoga proses melahirkan si Ibu nanti dimudahkan alias lolos atau lancar "Mitos Bikin Lahiran Lancar". Bubur lolos ada di Bandung dan Cirebon, Jawa Barat. Bubur lolos menjadi sajian wajib untuk mereka yang melaksanakan upacara tujuh bulanan.

Kue bubur lolos yaitu kuliner aneka kuliner ringan anggun berair yang terbuat dari tepung ketan atau tepung beras diberi saus santan dan dibungkus daun pisang masih tergolong aneka kreasi kua berair tradisional jajanan pasar Indonesia. Makanan ini ada yang menyebutnya bubur, ada yang bilang kuliner ringan anggun dan sebagian lagi ada masyarakat lain yang menyebutnya dodol lolos. Berikut resepi bubur lolos ncc lengkap dengan cara bikin sendiri dengan gampang dan mudah serta simple dibentuk di rumah ala rumahan (Homemade).

RESEP BUBUR LOLOS


BAHAN :

BAHAN BUBUR :
  • 125 gram tepung ketan Rose Brand atau tepung ketan brand lainnya.
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 125 gram gula merah, disisir halus
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
  • Daun pisang untuk bungkusnya, disesuaikan
BAHAN SAUS :
  • 150 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 3/4 sdm tepung beras, cairkan dengan 25 ml santan
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan
CARA MEMBUAT BUBUR LOLOS :
  1. Panaskan santan serta masukkan gula merah hingga larut. Setelah gula merah dan santan bercampur, lalu disaring dan jangan lupa membuang ampasnya. Kalau sudah, tambahkan tepung ketan, daun pandan, dan garam. Aduk semua materi tersebut hingga meletup-letup.
  2. Sambil menciptakan materi sausnya, campuran bubur sebelumnya kita masukkan dulu ke dalam daun pisang yang sudah digulung dan dilipat salah satu ujungnya. Diamkan campuran bubur tersebut hingga mengental.
  3. Cara Membuat Saus Santan : Untuk yang materi sausnya kita rebus secara bersamaan, santan, tepung beras, garam, dan juga daun pandannya. Rebus bahan-bahan tersebut sambil diaduk hingga menididih dan kental. Jika sudah mengental, tuang saus tersebut ke atas bubur yang sudah dituangkan di dalam daun pisang.
  4. Setelah keduanya bercampur di dalam daun pisang, diamkan terlebih dahulu.
  5. Sajikan sesudah dingin.

ULASAN TENTANG BUBUR LOLOS DI FOOD DETIK

Menurut food.detik.com. Jika mendengar nama kuliner asal tanah Sunda ini, niscaya Anda akan bingung. Tekstur dan warnanya ibarat sekali dengan dodol Betawi. Rasanya legit gurih, dan jadi sajian wajib untuk mereka yang melaksanakan upacara tujuh bulanan.

Bubur Lolos, ketika mendengar namanya pertama kali kepala aku eksklusif dipenuhi pertanyaan. Kenapa dinamakan lolos? Lantas kenapa dibungkus daun bukan ditaruh di wadah ibarat mangkok kalau memang masuk dalam kategori bubur?

Ternyata, bubur lolos dinamakan demikian bukan tanpa alasan. Bubur lolos ini yaitu salah satu sajian yang kerap kali dijumpai di acara-acara tujuh bulanan bagi masyarakat Sunda. Mengapa? Karena bubur ini dianggap sebagai simbol semoga proses melahirkan si Ibu nanti dimudahkan alias lolos atau lancar.

Tidak ibarat bubur pada umumnya, bubur lolos ini cenderung ibarat sekali dengan dodol Betawi kalau dilihat dari segi tekstur dan juga warna. Bubur lolos berbahan dasar tepung beras, tepung ketan, serta tepung kanji yang diaduk menjadi satu bersama dengan gula merah dan juga santan sehingga membentuk campuran yang kenyal.

Santan yang dipakai yaitu santan kental, sehingga ketika dimasak nanti mengeluarkan minyak sehingga tidak lengket ketika dibungkus. Bubur ini dibungkus daun pisang yang salah satu sisinya tidak ditutup.

Sebelum dibungkus dengan daun pisang, campuran bubur lolos ini diberi topping blondo. Blondo yaitu santan kental yang dimasak hingga hampir membentuk minyak. Tak heran bila rasa bubur ini jadi lebih gurih. Di tempat Jawa Barat, bubur lolos masih sering dijumpai kalau ada masyarakat yang mengadakan upacara nujuh bulan. Tapi bila Anda ingin tau ibarat apa rasanya, Anda dapat tiba ke rumah makan Koko Bogana, di tempat Kebayoran Baru. Disini bubur lolos dapat Anda beli dengan harga Rp 5.000 saja. Terjangkau bukan?
Advertisement