-->

Cara Menciptakan Camilan Anggun Kembang Goyang Renyah

Cara Menciptakan Camilan Anggun Kembang Goyang Renyah
Cara Menciptakan Camilan Anggun Kembang Goyang Renyah
Resep Kembang Goyang Khas Aceh Sederhana Spesial Asli Enak. Kue Kembang goyang renyah, populer juga dengan nama kudapan anggun kembang loyang atau kudapan anggun loyang di Sumatera di Sunda Bandung disebut kudapan anggun Saroja atau Seroja, merupakan salah satu kue kering tradisional nusantara yang popular disajikan sebagai kudapan anggun lebaran Idul Fitri dihidangkan untuk para kerabat dan tamu yang bersilaturahmi ke rumah.

 Resep Kembang Goyang Khas Aceh Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KUE KEMBANG GOYANG RENYAH
Gambar Kue Kembang Goyang

Kue kembang goyang ini terdiri 3 rasa asin, manis, dan pedas, kali ini kita menciptakan kudapan anggun kembang goyang dengan percampuran tiga rasa manis, asin dan pedas, sehingga menghasilkan rasa yang enak, renyah dan gurih. kudapan anggun ini juga ada yang dibentuk berwarna-warni, mirip kuning wijen pada resep kudapan anggun kembang goyang wijen, pink, coklat dan hijau pandan. Cara memasaknya dengan cara di goreng garing kriuk bukan mirip kudapan anggun kering lainnya dengan cara di panggang di dalam oven.

Sementara bagi masyarakat Bali, khususnya pemeluk agama Hindu, biasanya menggunakan kudapan anggun kembang goyang ini sebagai salah satu isi sesajian (sesajen) di hari raya keagamaan mereka.

Sesuai dengan namanya, kudapan anggun kembang goyang bentuknya ibarat bunga atau kembang yang sedang mekar. Kembang goyang sendiri merupakan nama sejenis perhiasaan yang dipasangkan di rambut atau sanggul (konde) dan sanggup bergerak-gerak/bergoyang alasannya mempunyai pegas. Jika berminat bikin kudapan anggun ini, silahkan catat atau bookmark resepnya, Jangan lupa berlangganan resep di blog Cara Buat Resep Masakan Kaprikornus Enak. Berikut kumpulan aneka resepi kembang goyang menu sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan aneka kudapan anggun goreng dan kudapan renyah.





RESEP KUE KEMBANG GOYANG


BAHAN :
  • 100 gram tepung beras
  • 35 gram gula pasir halus
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt garam
  • 125 ml santan dari 1/4 butir kelapa
  • 1 sdm wijen
  • Minyak untuk menggoreng
ALAT - ALAT :
  • Mangkok atau wadah untuk adonan dasar kembang goyang
  • Cetakan kembang goyang
  • Wajan penggorengan
 Resep Kembang Goyang Khas Aceh Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KUE KEMBANG GOYANG RENYAH
Gambar Cetakan Kue Kembang Goyang
    CARA MEMBUAT KEMBANG GOYANG KHAS ACEH :
    1. Campur tepung beras, gula pasir, garam dan wijen, aduk hingga merata.
    2. Tuangkan telur dan santan bertahap sambil terus diaduk-aduk hingga tercampur rata.
    3. Panaskan cetakan kembang goyang dalam minyak yang sudah dipanaskan.
    4. Celupkan cetakan ke dalam adonan, lalu masukkan ke dalam minyak sambil digoyang - goyang hingga kudapan anggun terlepas dari cetakan.
    5. Goreng kudapan anggun hingga matang, kering dan berwarna kuning kecoklatan.
    6. Angkat, tiriskan. Kue kembang goyang siap disajikan atau sanggup disimpan dalam stoples kedap udara untuk menjaga kerenyahannya supaya lebih tahan.
    Advertisement