-->

Cara Menciptakan Camilan Elok Maksuba Palembang

Cara Menciptakan Camilan Elok Maksuba Palembang
Cara Menciptakan Camilan Elok Maksuba Palembang
Resep Kue Bolu Lapis Maksuba Sederhana Khas Palembang Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Kue lapis maksuba ialah salah satu masakan khas Kota Palembang Sumatera Selatan (SUMSEL) dapat dibilang masakan ringan anggun lapis Palembang, Indonesia dan termasuk masakan ringan anggun berair tradisional juga yang telah menjadi buah tangan khas Palembang. Kue ini menyerupai dengan resep masakan ringan anggun 8 jam. Bahan yang diperlukan sama dengan masakan ringan anggun 8 jam, tetapi cara pembuatannya berbeda. Kue maksuba dibentuk secara berlapis-lapis sehingga sehabis tamat hasil kuenya berlapis-lapis menyerupai mirip pengerjaan masakan ringan anggun lapis. Makanya sering disebut masakan ringan anggun lapis ala Palembang. Kini telah menyebar ke kota Jambi, Lampung, Bengkulu, dll. Rasa bolu ini anggun dan legit. Aneka kreasi dan varian variasinya ada masakan ringan anggun lapis maksuba supaya agar, ncc, dll. Cara memasak ada maksuba kukus dan maksuba panggang.

 Resep Kue Bolu Lapis Maksuba Sederhana Khas Palembang Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak CARA MEMBUAT KUE MAKSUBA PALEMBANG
Gambar Kue Bolu Maksuba

Kue maksuba/masuba atau masakan ringan anggun lapis maksuba tradisional jajanan pasar termasuk masakan ringan anggun berair tradisional yang dibentuk secara berlapis-lapis sehingga sehabis tamat hasil kuenya berlapis-lapis atau berlayer layer menyerupai mirip pengerjaan masakan ringan anggun lapis legit. Kue Maksuba supaya ini rasanya enak, anggun dan legit, ini menciptakan orang yang sudah mencicipinya dijamin akan ketagihan. Sayangnya, masakan ringan anggun ini biasanya hanya dihidangkan pada waktu-waktu tertentu saja, contohnya pada ketika perayaan Hari Raya Idul Fitri lebaran atau perayaan Imlek. Selain itu biasanya yang dijual hanya masakan ringan anggun Maksubah dengan ukuran loyang besar saja sehingga harganya jadi agak mahal. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih kek bolu maksuba khas Palembang hidangan sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka bolu maksuba irit harga murah meriah laku manis.





RESEP LAPIS MAKSUBA


BAHAN :
  • 15 btr kuning telur bebek
  • 10 butir Telor ayam
  • 500 gram gula halus (Kalau bisa, brand claris)
  • 1/2 kaleng Susu Kental Manis
  • 1 klg slim sprite
  • 1 sdt vanilla (boleh bubuk atau vanila batangan,, tapi vanila batangan lebih wangi)
  • 2 sdm rose pisang
  • 2 ons mentega untuk olesan tiap lapisan
CARA MEMBUAT KUE BOLU MAKSUBA KHAS PALEMBANG :
  1. Siapkan loyang 20 x 20 cm yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi mentega
  2. Kocok pelan telur, gula dan vanili, jikalau mengunakan mixer speed rendah cukup sebentar saja, asal gula hancur.
  3. Masukkan susu dan sprite aduk rata.
  4. Hidupkan api bawah panggangan 180 der, panaskan loyang sebentar kemudian keluarkan.
  5. Takar campuran memakai cangkir teh atau 2 centong sayur besar untuk tiap lapisan, tuang 1 takar campuran kedalam loyang yang sudah dipanaskan, panggangan lk 15 menit dengan api bawah, kemudian matikan api bawah dan nyalakan api atas teruskan panggangan lk 5-10 menit.
  6. Keluarkan loyang dari oven, tekan2 lapisan kempiskan gelembungan, olesi bag atas lapisan bolu sampai ke sekeliling pinggiran loyang dengan 1 sdm mentega.
  7. tuang lagi 1 cangkir adonan, panggangan lk 15 menit (api atas only).
  8. Panggang di panggangan selapis demi lapis (untuk maksuba lapisannya lebih tebal dan jangan lupa mengaduk campuran setiap melapis).
  9. Lakukanlah sampai campuran dasar habis, matikan api atas kemudian hidupkan api bawah lk 10 menit.
  10. Sajikan.
Advertisement