-->

Cara Menciptakan Jenang Jagung Anggun Khas Malang

Cara Menciptakan Jenang Jagung Anggun Khas Malang
Cara Menciptakan Jenang Jagung Anggun Khas Malang
Resep Jenang Jagung Khas Malang Sederhana Spesial Asli Enak. Kue jenang jagung anggun yaitu kuliner tradisional Jawa, Indonesia yang terbuat dari jagung muda atau jagung anggun dengan mencampur bahan-bahan lainnya, ibarat gula merah, garam, dan santan kental, kemudian dimasak diatas api dan diaduk hingga rata itulah ciri-ciri khas masakan jenang ini ibarat dengan dodol tapi jenang lebih lembut dan empuk dan rasanya sama-sama legit. Jenang jagung legit yang paling yummy yaitu jenang jagung Malang dan jenang jagung Probolinggo, Jawa Timur dimana kota daerah padepokan Dimas Kanjeng Taat Probadi yang katanya dapat memalsukan uang atau mengadakan uang.

 Resep Jenang Jagung Khas Malang Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT JENANG JAGUNG MANIS KHAS MALANG
Gambar Jenang Jagung Bungkus Plastik

Menurut situs Wikipedia. Dodol yaitu panganan anggun dari Indonesia dan juga Malaysia. Proses pembuatan dodol bermutu tinggi memerlukan waktu yang usang dan membutuhkan keahlian khusus. Bahan utama menciptakan dodol yaitu santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah, dan garam. Bahan komplemen pada dodol memilih rasa. Dodol dari durian disebut dodol durian, dodol dari sirsak disebut dodol sirsak, dodol dari nangka disebut dodol nangka, dodol dari jahe disebut dodol jahe. Dodol khas Garut disebut dodol Garut. Dodol khas Kandangan, Kalimantan Selatan disebut dodol Kandangan. Dodol durian juga disebut lempok. Bila hanya disebut dodol saja, maka dodol tersebut hanya dibentuk dari tepung ketan, gula merah, dan santan.

Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, dodol disebut jenang. Tekstur jenang lebih lembek daripada dodol, lebih berair berminyak, dan umumnya dijual dalam bentuk lempengan atau plastikan. Jenang diiris sesuai undangan pembeli. Aneka macam-macam jenis jenang banyak jenisnya dan bahannya diantaranya ada jenang grendul Jawa dari tepung ketan, tepung beras, tepung kanji atau jenang candil, jenang Kudus, jenang gulo, resep jenang sumsum, dll. Dodol lebih kering (kesat), dipotong dengan ukuran 2 cm×1 cm×3 cm. Pembungkus dodol berupa plastik atau kertas roti atau bungkus klobot, dan dijual dalam jumlah besar di dalam kardus. Saat ini dodol mulai diminati konsumen dari negara lain, antara lain Belanda, Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi jenang jagung anggun dari tepung jagung tradisional hidangan sedap istimewa ncc lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka jenang.

RESEP JENANG JAGUNG


BAHAN :
  • 10 buah jagung muda manis
  • 200 gram gula merah
  • 1/2 sdt garam
  • 1 gelas/250 cc santan kental dari 1/2 butir kelapa
CARA MEMBUAT JENANG JAGUNG KHAS MALANG :
  1. Jagung muda diparut, kemudian diperas dan diberi sedikit air. Biarkan selama 2 jam, biar mengendap.
  2. Setelah mengendap, ambil patinya untuk materi pokok pembuatan jenang itu.
  3. Iris gula merah, campur dengan garam, santan kental, dan jagung.
  4. Masak di atas api, dan aduk hingga kental. Setelah masak dan kental, angkat kemudian letakkan pada panci lengser.
  5. Tuangkan di piring, dinginkan. Setelah dingin, potong-potong sesuai kesukaan.
  6. Sajikan.
Advertisement