-->

Cara Menciptakan Kerak Telor Betawi Rumahan Lezat Praktis

Cara Menciptakan Kerak Telor Betawi Rumahan Lezat Praktis
Cara Menciptakan Kerak Telor Betawi Rumahan Lezat Praktis
Cara Membuat Kerak Telor - Satu lagi jajanan tradisional khas Betawi yang sayang bila terlewatkan. Bernama kerak telor a.k.a kerak telur kuliner orisinil tempat Jakarta (Betawi) ini mempunyai materi utama beras dan telur ayam. Pada umumnya beras yang dipakai ialah beras ketan putih. Namun sekarang ada kreasi resep kerak telor yang memakai beras putih biasa, bahkan ada juga yang memakai nasi.

Ciri khas dari kerak telor ialah berasnya yang dimasak setengah matang. Makara ada sensasi kriuk kletusan beras saat di makan. Mungkin yang gres mencobanya akan sedikit kurang suka, namun bagi warga Jakarta kerak telor menjadi salah satu kuliner kebanggan khas Betawi. Selain memakai kocokan telur ayam segar, kerak telor orisinil Betawi sekarang sanggup juga memakai telur bebek. 

Hidangan kerak telor memang sedikit unik ya bun, namun alasannya ialah rasanya yang enak menciptakan banyak orang ingin merasakan kelezatannya. Kerak telor ini paling banyak di jual di sekitar Monas, Kemayoran dan Kota Tua. untuk satu porsi kerak telor biasa dan mini mempunyai harga sekitar Rp 15.000,- Rp 25.000,- per porsi. Yang mempunyai bentuk bundar layaknya telur dadar, serabi dan martabak anggun / martabak terperinci bulan.


Penyajian kerak telor komplit pada umumnya disajikan bersama bawang merah goreng kering, udang kering / udang kecil-kecil sangrai, kelapa parut dan bumbu rempah lainnya. Makanan ini paling enak dinikmati selagi hangat bersama minuman hangat bandrek, wedang bajigur, bir pletok, sekoteng, wedang ronde, kopi dan teh. Karena tergolong kuliner unik, kerak telor pun sudah mengambil hati para wisatawan asing dan domestik sesudah sebelumnya ngehitz dan terkenal dengan kudapan anggun rangin / pancong, roti buaya, soto betawi, es selendang mayang, otak-otak, kudapan anggun cincin, Resep Membuat Asinan Sayur Jakarta Khas Betawi Enak, nasi uduk, ketupat sayur dan semur daging Betawi.

Jakarta selalu punya dongeng bun, jadi jangan aneh jikalau banyak Kuliner atau jajanan Khas Jakarta (Betawi) yang menggugah selera. Nah dari pada harus jauh-jauh ke Ibukota Jakarta hanya untuk merasakan kerak telor, mending buat sendiri di rumah yuk. Cara menciptakan kerak telor betawi rumahan / homemade ini cukup gampang loh. Untuk resep dan cara menciptakan kerak telor orisinil betawi memakai beras ketan putih yang direndam beberapa jam atau semalaman.

Tapi aku kurang suka dengan penyajian kerak telor yang memakai beras mentah. Makara dalam resep kerak telor khas Jakarta ini aku modifikasi sendiri dengan memakai nasi matang dengan bumbu seadanya ala anak kost :) hehehe. Tapi kok malah rasanya uenak loh bun, dibandingkan dengan kerak telor sungguhan.

Oke deh, berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Kerak Telor Betawi sederhana yang sanggup bunda buat sendiri eksklusif dari dapur tercinta. Cekidot!

Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Betawi 

 Satu lagi jajanan tradisional khas Betawi yang sayang bila terlewatkan Cara Membuat Kerak Telor Betawi Rumahan Enak Praktis
Resep dan Cara Membuat Kerak Telor Betawi By Mega Ayuningrum Cookpad

Bahan-bahan Kerak Telor :

  • Minyak secukupnya (digunakan untuk memasak)
  • Telur ayam / telur angsa 1 butir
  • Nasi 1 mangkuk kecil
  • Bawang merah 2 butir (cincang halus)
  • Bawang putih 2 siung (cincang halus)
  • Cabai debu secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa menyerupai royco sapi/ayam secukupnya

Pelengkap Kerak telor :

  • Kelapa sangrai secukupnya (bisa diganti dengan abon ayam atau sapi)
  • Ebi sangrai secukupnya

Cara Membuat Kerak Telor Betawi Ala Rumahan :

  1. Panaskan minyak, sambil menunggu minyak panas, pecahkan telur ayam atau telur angsa dalam mangkok kemudian kocok hingga lembut. 
  2. Selanjutnya tambahkan nasi, bawang merah, bawang putih, cabe bubuk, garam dan penyedap rasa secukupnya. Kocok campuran hingga rata, kemudian tuang ke dalam wajan yang berisi minyak panas.
  3. Ratakan campuran dalam wajan, sambil ratakan layaknya menggoreng telur dadar / omelet, goreng hingga benar-benar matang kemudian balikan adonan. Setelah rata matangnya, angkat dan tiriskan.
  4. Sajikan bersama kelapa sangrai dan udang kering jikalau suka. Kalau aku cukup pakai abon ayam saja. Nyam!

Saya lebih suka kerak telor rumahan ala kadarnya menyerupai ini, rasanya lebih ramah di perut dibanding kerak telor Betawi asli. Tapi ya tergantung selera saja ya bun. Maka kerak telornya di cocolkan ke saus sambal dan acar wortel timun juga eank loh, Ehmm silahkan berkreasi sendiri saja ya untuk alternatif perut yang sedang lapar heheh.

Oh iya, saat Pekan Raya Jakarta (PRJ) dan saat ulang tahun Jakarta, pedagang kerak telor di pastikan selalu ada di sana. Banyak pedagang kerak telor yang berjualan menderet layaknya tontonan yang jarang ditemukan dimana-mana. 

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Kerak Telor Betawi Rumahan Enak Praktis.  Coba juga kudapan terbaru dari kami menyerupai Resep Onion Ring (Bawang Bombay Goreng Tepung) Enak Crispy. Semoga bermanfaat :)
Advertisement