-->

Cara Menciptakan Kerupuk Banjur Ceos Khas Bandung

Cara Menciptakan Kerupuk Banjur Ceos Khas Bandung
Cara Menciptakan Kerupuk Banjur Ceos Khas Bandung
Resep Kerupuk Banjur Ceos Siram Bumbu Kuah Pedas Sederhana Spesial Asli Enak. Bahasa Sundanya kurupuk banjour atau kurupuk ceos dan bahasa Indonesianya kerupuk siram yang disiram dengan bumbu banjour sambal pedas atau pakai bumbu oncom dengan sambal oncom pedas dan selalu khas sambal Bandung yaitu diberi kencur, memang makanan khas takjil ramadhan di kota Bandung kalau diperhatikan kolam jamur di animo hujan hampir di setiap pinggir jalan gampang ditemukan dibanding pada bulan biasa agak sulit menemukan jajanan atau makanan ringan ini sampai berenang alias kerupuk ojay.

Menurut sumber infobdg situs warta wisata masakan Bandung. Ragam masakan di kota Bandung memang tidak akan pernah ada habisnya, berbagai resto-resto dan cafe-cafe yang memperlihatkan beribu jenis makanan khas Indonesia maupun makan dari luar negeri. Apalagi di bulan Ramadhan, banyak jenis makanan yang hanya muncul di dikala bulan Ramadhan saja. ada sebuah masakan tradisional yaitu kurupuk khas yang hanya keluar dikala bulan Ramadhan. Nama kurupuk itu ialah Kurupuk Banjur atau kurupuk ceos yang dalam bahasa Indonesia disebut kerupuk siram atau kerupuk mie siram ada juga yang menyebutnya kerupuk aci siram, kurupuk banjur ini memang termasuk masakan klasik sebab itu tidak mengherankan jikalau namanya tergolong ajaib di indera pendengaran anak muda jaman sekarang.

 Resep Kerupuk Banjur Ceos Siram Bumbu Kuah Pedas Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KERUPUK BANJUR CEOS KHAS BANDUNG
Gambar Kerupuk Kuning Banjur Sambel Oncom Pedas

Kurupuk banjur intinya merupakan cemilan atau jajanan yang terdiri dari kerupuk aci atau kerupuk mie kuning, kerupuknya sendiri ada dua jenis yaitu kerupuk yang berwarna merah ukurannya cukup besar, dan satu lagi warna kuning, ukurannya sama namun kerupuk yang warna kuning tersebut bentuknya menyerupai mie. Kerupuk tersebut terbuat dari aci yang dicampur bumbu semoga rasanya gurih. Cara memasak kerupuk ini tidak digoreng dengan melainkan disangrai, balasannya aroma kerupuk pun menjadi khas. Pada perkembangannya kini sama halnya dengan makanan seblak selalu dikembangkan tidak hanya aneka kerupuk yang disiram atau diceos cirengpun ada cireng ceos atau cireng banjur atau dalam bahasa Indonesia dengan nama cireng siram, bahkan ada gurilem banjur atau gurilem siram Cililin yang memakai gurilem Cililin super pedas hot. Bisa juga pakai kerupuk jenis lain, contohnya kerupuk keriting atau kerupuk putih atau kerupuk uyel.

Yang menciptakan khas dari kurupuk banjur ini ialah bumbunya. Kurupuk banjur ini disiram oleh kuah oncom yang rasanya gurih dan pedas. Saat bulan Ramadhan ini cukup banyak penjual kurupuk banjur ini, kurupuk ini gampang di temukan di pasar kaget yang menyediakan hidangan takjil. Meskipun rasanya sudah lembek sebab disiram oleh air kuah oncom, namun kerupuk banjur tersebut masih banyak diminati oleh para pemburu takjil.

Beberapa resto di Bandung pun sudah memasukan kurupuk banjur kedalam sajian mereka. namun kurupuk banjur ini sudah dimodifikasi bumbunya memakai bumbu kacang dan bumbu pecel. Jika anda kebetulan di Bandung dan ingin merasakan kurupuk banjur ini tapi dikala tidak bulan Ramadhan, anda dapat mencoba sajian kurupuk banjur yang ada di Warung Talaga, De Tuik cafe, dan Rumah Mode. Berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi kurupuk banjur khas Bandung Sunda sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan parktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka kerupuk banjur tradisional atau kerupuk ceos aneka bumbu pedas pada bulan Ramadhan niscaya laku elok dan paling laku keras dengan harga irit murah meriah sebagai takjil buka puasa yang unik.

RESEP KURUPUK BANJUR BUMBU ONCOM


Resep By : Infobdg.com

BAHAN :
  • Kerupuk mie atau merah yang sudah matang secukupnya
  • 100 gram oncom
  • 3 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 3 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu ayam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 500 ml air matang
CARA MEMBUAT KURUPUK BANJUR :
  1. Bakar oncom, sampai harum.
  2. Ulek cabai merah, cabai rawit, bawang, sampai halus.
  3. Campurkan oncom bakar, tumbuk garang dengan bumbu yang sudah dihaluskan.
  4. Tumis oncom dan bumbu sampai wangi, masukan air.
  5. Tambahkan garam, kaldu ayam, gula pasir.
  6. Biarkan sampai mendidih, matikan api.
  7. Tunggu sampai kuah dingin.
  8. Lalu kuah dapat di tuangkan di atas kerupuk
  9. Sajikan.
Advertisement