-->

Cara Menciptakan Manisan Ladoo India

Cara Menciptakan Manisan Ladoo India
Cara Menciptakan Manisan Ladoo India
Resep Manisan Ladoo Khas India Sederhana Spesial Asli Enak. Acha Acha ini beliau camilan cantik manisan ala India yang super cantik semanis gadis India. Kue Ladoo ini terbuat dari tepung gandum dicampur tepung kacang hijau/ijo, dan materi lainnya seperti, susu segar, gula halus, mentega tawar atau ghee yang sanggup Anda temukan di toko khusus kuliner india, kapulaga, dan cairan essense aroma mawar (rose).

 Resep Manisan Ladoo Khas India Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT MANISAN LADOO INDIA
Gambar Manisan India Ladoo

Menurut situs Wikipedia. Ghee (Hindi घी, Urdu گھی, Punjabi ਘੋ, Minyak samin (bahasa Arab: سمن, samn) atau, Kashmiri ग्याव/گیاو -dari Sanskerta ghṛtə घृतterang) ialah mentega dari lemak hewani (sapi, kerbau, kambing, unta) yang dimurnikan (mentega swalemak). Berasal dari daerah timur maritim anak benua India, minyak ini diproduksi secara luas di anak benua India, Timur Tengah, Afrika Utara, dan Afrika Timur.

Minyak samin digunakan sebagai minyak goreng dalam aneka macam resep kuliner Asia Selatan ( India dan kuliner Pakistan) dan kuliner Timur Tengah. Di Indonesia dikenal minyak samin padat dari lemak nabati (kelapa sawit). Masakan Indonesia yang menggunakan minyak samin, misalnya: martabak, nasi kebuli, sop kambing, dan soto betawi.

Laddu (terkadang dieja laddoo atau laadu) terbuat dari aneka macam jenis tepung, biji-bijian, kacang-kacangan, semolina, buah-buahan musiman, buah-buahan kering, dan bahan-bahan lain yang dimasak dengan gula, lalu dibuat menjadi bola seukuran gigitan atau lebih besar. Laddu disebutkan dalam teks Sansekerta kuno dijadikan sesembahan di kuil, dan disebut Ladduka. Laddu terkenal di seluruh India, gampang untuk dibuat , dan terdapat aneka macam variasi. Laddu sering dibuat untuk merayakan festival, upacara keagamaan, ataupun acara-acara menyerupai pernikahan.

Salah satu teladan laddu ialah Motichoor Ka Ladoo, kuliner cantik di negara bab menyerupai Bihar, yang terbuat dari penggalan tepung kacang arab panggang yang manis, dicampur dengan almond, digulung menjadi gabungan yang lalu dibuat menjadi bola-bola kecil dan digoreng dalam minyak samin. Setiap bola kecil yang disebut 'boondi' berisi gula yang meleleh jikalau digigit. Bola kecil tersebut ditambahkan rempah-rempah dan lalu dibuat menjadi bola seukuran gigitan, yang disebut Motichoor Ka Ladoo. Ketika digigit, bola tersebut menyebar du mulut. Contoh lain menyerupai Tirupati Laddu begitu terkenal sampai-sampai lebih dari satu juta Laddu didistribusikan setiap ahad dari satu kuil Dewa Venkateswara.

Kue Ladoo ini namanya hampir menyerupai dengan camilan cantik ladu asal Garut tapi berbeda bahan, bentuknya lingkaran menyerupai onde onde dan tahu lingkaran dengan warna coklat kekuningan-kuningan atau coklat keemasan, maupun rasa tapi kalau manisnya hampir mirip. Manis banget. Berikut resep manisan India camilan cantik ladoo India yang dilengkapi dengan cara bikin sendiri di rumah.





RESEP KUE LADOO MANISAN INDIA


BAHAN :
  • 1 kg tepung kacang hijau kupas, yang sudah disangrai
  • 500 gram tepung gandum sangrai
  • 500 cc susu segar
  • 500 gram gula halus
  • 1 cangkir ghee/ mentega tawar
  • 1 sdt kapulaga hijau bubuk
  • 1 sdt cairan essense, aroma rose
CARA MEMBUAT MANISAN LADOO INDIA :
  1. Ghee/ mentega dipanaskan hingga harum.
  2. Tunggu ghee/mentega mencair.
  3. Masukkan tepung kacang hijau dan gandum yang sudah disangrai kedalam cairan mentega/ghee.
  4. Aduk gabungan perlahan-lahan hingga mengental dan berubah warna coklat keemasan, cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama.
  5. Matikan apinya.
  6. Masukkan susu dan gula halus dan diaduk hingga rata.
  7. Diamkan selama 30 menit.
  8. Bentuk gabungan sebesar bulatan telur.
  9. Sajikan.
Advertisement