-->

Cara Menciptakan Pendap Ikan Daun Talas Khas Bengkulu

Cara Menciptakan Pendap Ikan Daun Talas Khas Bengkulu
Cara Menciptakan Pendap Ikan Daun Talas Khas Bengkulu
Resep Pendap Ikan Daun Talas Khas Bengkulu Sederhana Spesial Asli Enak. Beberapa waktu kemudian order masakan ke saudara yang punya cafe resto tobo kito di bengkulu namanya pendap ikan pais/pepes rasonyo pedas gurih lemak rasonyo. Pendap ialah ikan kakap atau ikan lainnya yang dibumbui rempah-rempah dibungkus daun talas atau daun keladi sering juga disebut ikan pais, kemudian difermentasi, jadi tidak cepat bau untuk dikirim ke luar kota, contohnya dari Bengkulu kirim ke Bandung atau jakarta, sesudah kiriman datang tinggal dipanasin eksklusif kemudian eksklusif disantap dengan nasi putih panas mengepul. Mantaplah pokoknya.

 Resep Pendap Ikan Daun Talas Khas Bengkulu Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT PENDAP IKAN DAUN TALAS KHAS BENGKULU
Gambar Pendap Ikan Daun Talas

Sejarah asal seruan Pendap. Pandap/babutuk ialah makanan/masakan khas tradisional Krui, Lampung Barat, dan Kaur Bengkulu Selatan, yang berakar semenjak jaman nenek moyang, purbakala. Ternyata Makanan favorit presiden RI pertama kita itu pendap(ikan pais) memang terbilang unik, tapi Seperti yang dikutip dari beberapa sumber, ikan pais (pendap) memang merupakan masakan favorit Soekarno selama menjalani masa pengasingan di Bengkulu semenjak 1938 hingga 1942. Pendap mempunyai rasa pedas dan gurih itu ciri khas pendap. Pendap dijadikan lauk makan nasi yang sanggup meningkatkan selera makan seseorang. Ikan pais kelaponyo mudo disajikan dengan nasi putih paneh-paneh ulam kek jering mudo, menjadi masakan yang lemak rasonyo menyerupai lagu kawasan Bengkulu Ikan Pais (pendap). Yolah kito nyanyi dulu sebelum masak pendap

LIRIK LAGU IKAN PAIS


Ikan pais..
kelaponyo mudo..
dibungkus daun talas rapih-rapih
diikek tali meisyang...


ikan pais..
enak rasonyo..
makan kek nasi putih pane pane
ulam kek jering mudo


reff :
Rasonyo oii lemak nian
makan sebungkus samo samo
nasi sepiring sudah habis
raso nak nambuh

Rasonyo oii lemak nian
tubuh keringek rintik rintik
sambalnyo pede nambuh lagi
habis segalo...

Masakan pendap ini pernah diusulkan menjadi warisan budaya tak benda oleh Provinsi Bengkulu. Pendap ialah masakan khas Bengkulu. pendap terbuat dari bumbu-bumbu yang beraneka ragam, menyerupai bawang putih, kencur, dan cabe giling. Kemudian, bahan-bahan itu dicampur merata dengan parutan kelapa muda itulah sala satu keunikan pendap selain itu pendap dibungkus dengan daun talas yang sanggup dimakan eksklusif sama bungkusnya.

Meskipun Pendap ialah salah satu masakan khas Bengkulu, selain itu juga mempunyai masakan khas kawasan yang tidak kalah nikmat dan populer juga, di antaranya ialah pendap, gulai tempoyak ikan dan tanpa ikan, bagar kambing, bagar hiu dari ikan hiu, dll. Kaprikornus sisihkan waktu Anda ketika berkunjung ke Bengkulu untuk menyantap beberapa masakan enak tersebut, Sekarang kita kembali ke masakan pendap ternyata pamor dan gaungnya tidak hanya di Bengkulu saja akan tetapi juga gaungnya populer diberbagai kawasan lainnya menyerupai Jakarta, Lampung, Lubuk Linggau, Palembang, Sumatera Selatan, Pangkal Pinang, Jambi, dan sekarang menyebar hingga ke kawasan lain di Indonesia, alasannya ialah sudah menjadi buah tangan khas Bengkulu. Apalagi telah dijual secara online oleh toko online, menyerupai tokopedia, bukalapak, kaskus, facebook, dll.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, masakan yang mempunyai cita rasa pengecap orang Indonesia pedas dan gurih ini, juga telah sukses menembus pasar mancanegara, mulai dari Australia, Belgia, Jepang dan negara lainnya.

Membuat Pendap ikan atau ikan pais ini caranya tidak terlalu sulit, Anda hanya membutuhkan materi berupa, kelapa muda, asam pede, laos, kunyit, kemiri, ketumbar, bawang putih, bawang merah, daun jeruk purut, kelapa rendang, cabai, ikan gebur atau sanggup diganti dengan ikan jemiin, ikan kakap merah, ikan gemuru, dan ikan saluran atau ikan gelamo, ikan guli teksturnya lembut dan tulangnya sedikit. Sementara itu materi lainnya yang diharapkan yakni daun pisang dan daun talas untuk dipakai sebagai pembungkus, serta tali rapiah untuk mengikat daun pisang semoga terbungkus rapih.

Jika dilihat dari bentuknya menyerupai buntil atau menyerupai pepes ikan, kalau pepes ikan dibungkus daun pisang, sedangkan pendap dibungkuns dengan daun talas. Rasanya enak dan pedesnya nendang cocok buat penyuka pedas. Harga pendap 30 ribu untuk porsi cukup buat makan 4/5 orang. Berikut kumpulan belakang layar aneka kreasi dan variasi olahan resepi pendap khas Bengkulu sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple gampang dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis rumah makan atau restoran ala cafe resto.

RESEP PENDAP IKAN DAUN TALAS BENGKULU


BAHAN :
  • 4 ekor (400 gram) ikan kembung, dicuci bersih. Bisa juga ikan kakap
  • 2 batang daun bawang, dipotong 1/2 cm
  • 1 tangkai daun seledri, diiris kasar
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 1 batang serai, dimemarkan
  • 3 buah asam kandis
  • 5 lembar daun mangkukan, diiris kasar
  • 100 gram kelapa parut kasar, disangrai
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • Daun talas untuk membungkus
  • Daun pisang untuk membungkus kalau mau dikirim keluar kota Bengkulu
BUMBU HALUS :
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri, disangrai
  • 6 buah cabe merah
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit, dibakar
CARA MEMASAK PENDAP BENGKULU :
  1. Remas-remas daun mangkukan dengan 1/2 sendok teh garam. Cuci bersih. Tiriskan.
  2. Lumuri ikan kembung dengan setengah penggalan bumbu halus. Bungkus menyerupai pepes. Kukus 30 menit hingga matang. Setelah matang, buka pepes. Letakkan di atas piring. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak. Tumis sisa bumbu halus hingga harum.
  4. Tambahkan daun bawang, daun seledri, lengkuas, serai, asam kandis, dan daun mangkukan. Aduk hingga layu.
  5. Tambahkan kelapa parut. Aduk rata.
  6. Masukkan santan, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak hingga matang dan kuah kental. Siram ke atas ikan kembung.
  7. Sajikan untuk 4 porsi.
Advertisement