-->

Cara Menciptakan Sayur Bening Oyong Kacang Panjang

Cara Menciptakan Sayur Bening Oyong Kacang Panjang
Cara Menciptakan Sayur Bening Oyong Kacang Panjang
Resep Sayur Bening Oyong (Kisik) Kacang Panjang Wortel Sederhana Spesial Asli Enak. Makan sayur harus dibanyakin jangan makan daging terus tiap hari, tapi harus diimbangi makan sayur segar. Sayur bening oyong kacang panjang sanggup dicampur dengan wortel, bayam ataupun jagung bagus paling lezat dimakan dalam keadaan panas atau hangat.

 Kacang Panjang Wortel Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT SAYUR BENING OYONG KACANG PANJANG
Gambar Sayur Oyong Kuah Bening

Menyajikan aneka olahan sayuran segar ialah kebutuhan akan kuliner sehari-hari. Tubuh kita butuh serat dari sayur mayur. Oyong atau Gambar atau Kisik (Luffa acutangula, suku labu-labuan atau Cucurbitaceae), ialah komoditi sayuran minor. Penanamannya biasanya dilakukan di pekarangan atau bab ladang yang tidak dipakai untuk tanaman lain. Gambas dipanen buahnya dikala masih muda dan diolah sebagai sayur. Gambas masih sekerabat dengan belustru (Luffa aegyptiaca). Sayur oyong atau Buah Oyong ialah sebutan bagi orang Sunda.

Khasiat dan Manfaat Oyong Kisik atau gambas dipercaya sanggup menurunkan kadar gula darah, yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Sunda Jawa Barat sebelum naik haji. Manfaat ini didapat dari kandungan cucurbitasin di dalam bijinya. Tak hanya berkasiat bagi diabetes, oyong sanggup menyembuhkan penyakit semisal, Radang usus, asma hingga meningkatkan air susu ibu (ASI). Oyong juga dikonsumsi untuk mencegah pilek, meredakan radang sendi, nyeri otot, serta menormalkan siklus menstruasi. Daging buahnya sanggup digosokkan ke kulit untuk membuang sel mati. Namun manfaat ini belum diteliti terlalu jauh. Untuk setiap 100 gram, oyong mengandung 1.09 g protein, 17 mg calcium,1.6 mg iron, 5.6 lU vitamin A, 7 mg vitamin C.

Berikut resep sayur sederhana lengkap dengan cara memasaknya.

RESEP SAYUR OYONG BENING


BAHAN :
  • 2 buah oyong, dikerat kulitnya, dipotong tebal 1cm
  • 100 gram wortel, dipotong bundar 1/2 cm
  • 6 lonjor kacang panjang, dipotong 3 cm
  • 4 butir bawang merah, diiris tipis
  • 8 cm temu kunci, dimemarkan
  • 5 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 3.000 ml air
  • 1/2 sendok makan bawang goreng untuk taburan
CARA MEMASAK SAYUR BENING OYONG KACANG PANJANG :
  1. Didihkan air. Masukkan bawang merah dan temu kunci. Rebus hingga harum.
  2. Masukkan oyong, wortel, dan kacang panjang. Aduk hingga empuk.
  3. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk hingga mendidih.
  4. Sajikan untuk 7 porsi.
Advertisement