-->

Cara Menciptakan Selai Jambu Bol

Cara Menciptakan Selai Jambu Bol
Cara Menciptakan Selai Jambu Bol
Resep Selai Jambu Bol Sederhana Spesial Asli Enak. Jarang orang menciptakan selai dari buah jambu bol, biasanya selai dari jambu biji merah atau jambu biji putih, dan selai jambu air. Nah, inilah uniknya resep dari Nyonya Rumah ini Julie Sutarjana yang menciptakan selai jambu bol yang memang jarang ditemui dibentuk selai atau jam dalam bahasa Inggris, biasanya buah jambu bol dimakan segar, dibentuk asinan, manisan, rujak buah, jelly atau jeli, dll. Selai jambu bol sanggup dipakai untuk olesan roti tawar, untuk isi roti, dll.

 Resep Selai Jambu Bol Sederhana Spesial Asli Enak  CARA MEMBUAT SELAI JAMBU BOL
Gambar Selai Jambu Bol Merah Manis

Menurut situs Wikipedia. Apa itu jambu bol? Jambu bol (atau jambu kepal dan jambu merah) ialah pohon buah kerabat jambu-jambuan. Buah jambu ini mempunyai tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air. Tidak begitu terang mengapa namanya demikian alasannya bol (bahasa Melayu) atau bool (bahasa Sunda) berarti "pantat".

Nama-nama wilayahnya di antaranya jambu bo, jambu jambak (Min.), jambu bool (Sd.), nyambu bol (Bl.), jambu bolo (Mak.), jambu bolu (Bug.). Juga, jambu darsana, dersana, tersana (Jw., Md.); kupa maaimu (Sulut); nutune, lutune, lutu kau, rutuul (Mal.) dan lain-lain.

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Malay apple, sementara nama ilmiahnya ialah Syzygium malaccense (yang berarti: ‘berasal dari Malaka’) menunjuk pada salah satu wilayah asal-usulnya.

Kegunaan jambu bol. Buah jambu bol biasa disajikan sebagai buah meja. Rasanya ada yang manis, ada yang asam, ada pula yang sepat. Jambu bol, bersama dengan jambu air dan jambu semarang atau jambu cincalo mempunyai pemanfaatan yang kurang lebih serupa dan sanggup saling menggantikan. Buah-buah ini umumnya dimakan segar, atau dijadikan sebagai salah satu materi rujak. Namun sanggup pula kita gunakan buah yang belum masak sebagai rujak. Aneka jenis jambu ini juga sanggup disetup atau dijadikan asinan, bahkan rujak buah.

Karena rasa dan aromanya, jambu bol pada umumnya lebih disukai orang. Bahkan, pada zaman Hindia Belanda dahulu, jambu bol pernah diusahakan besar-besaran. Namun kini, ia hanya dipakai sebagai flora pekarangan saja. Sastrapradja et al (1980) beralasan bahwa ". alasannya tidak adanya peremajaan sehingga banyak pohon bau tanah yang mati dan tidak produktif." Di antara ketiga jenis spesies berikut ini -jambu kerikil (Psidium guajava), jambu air (Syzygium aquaeum), jambu semarang (Syzygium samarangense),- jambu bol termahal di antara ketiganya.

Kulit batangnya dipakai sebagai obat seriawan. Sedangkan kayunya yang keras dan kemerahan cukup baik sebagai materi bangunan, asalkan tidak kena tanah.

Jambu bol sanggup ditemui di mana-mana dan penyebarannya hingga ketinggian 1200 mdpl. Kadang-kadang dijumpai di hutan-hutan sekunder bau tanah dan biasanya berasosiasi dengan jambu kopo (Syzygium zollingrianum). Jambu bol umum diperbanyakan dengan biji, sanggup juga dengan cangkokan. Musim berbunganyanya Mei-Juni dan sudah sanggup dipanen pada Agustus-September. Kadang-kadang, terjadi tanda-tanda dimana satu pohon jambu bol tampak subur dan segar, namun tidak mau berbunga dan berbuah.

Asal permintaan pohon buah ini tidak diketahui dengan pasti, akan tetapi jambu bol ditanam luas semenjak usang di Semenanjung Malaya, Sumatra dan Jawa. Tapi ada beberapa varian macam-macam jenis buah jambu bol yang sering ditemui di Indonesia, ibarat jambu bol Jamaika cepat berbuah, jambu bol kudus, jambul bol putih, jambu bol merah, dll.

Karena manfaatnya, ibarat bagusnya jambu bol untuk Ibu hamil, dll. Jambu bol sekarang ditanam di banyak negara tropis, termasuk di negara-negara Karibia ibarat Jamaika serta Trinidad dan Tobago. Berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi selai jambu bol merah manis sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan aneka selai buah yang irit harga murah meriah buatan sendiri.

RESEP SELAI JAMBU BOL


BAHAN :
  • Jambu bol yang matang betul
  • Gula pasir
  • Air jeruk nipis
CARA MEMBUAT SELAI JAMBU BOL :
  1. Jambu bol dibelah empat, dibuang bijinya kemudian ditimbang. Untuk tiap-tiap kg jambu bol diberi gula 1 kg.
  2. Jambu direbus dengan sedikit air hingga empuk sekali, remas-remas dan tiriskan.
  3. Taruh gula, kacau-kacau hingga cukup kental, masukkan air jeruk nipis.. Aduk-aduk hingga rata, kemudian angkat. Tuang ke botol.
  4. Sajikan.
Advertisement