-->

Cara Menciptakan Selai Sirsak

Cara Menciptakan Selai Sirsak
Cara Menciptakan Selai Sirsak
Resep Selai Sirsak Sederhana Spesial Homemade Buatan Sendiri Ala Rumahan Asli Enak. Buah ini di Sunda, Bandung dikenal dengan nama buah sirsak dan di Jawa dan Bali lebih dikenal dengan nama buah srikaya. Selai atau selei (bahasa Inggris: jam, bahasa Perancis: confiture) yaitu salah satu jenis makanan awetan berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat. Selai tidak dimakan begitu saja, melainkan untuk dioleskan di atas roti tawar atau sebagai isi roti manis. Selai ini juga sering digunakan sebagai isi pada kue-kue menyerupai kue-kue kering, speerti makanan ringan anggun nastar isi selai sirsak pada resep nastar selai sirsak, untuk isian aneka roti, untuk isian roti bakar atau rolesan roti panggang dan roti kukus, untuk olesan roti tawar, untuk olesan roti sobek, atau aksesori pada minuman, menyerupai yogurt dan es krim.

 Resep Selai Sirsak Sederhana Spesial Homemade Buatan Sendiri Ala Rumahan Asli Enak CARA MEMBUAT SELAI SIRSAK
Gambar Selai Sirsak Putih Original Rumahan

Selai yang di dalamnya masih ditemukan potongan buah dalam aneka macam ukuran disebut preserve atau conserves, sedangkan selai yang dibentuk dari sari buah dan kulit buah genus Citrus disebut marmalade. Selain selai sirsak dari buah sirsak atau dari daging buah sirsak ada juga versi selai dari daun sirsak.

Pektin yang dikandung buah-buahan atau sari buah bereaksi dengan gula dan asam menciptakan selai menjadi kental. Buah-buahan dengan kadar pektin atau keasaman yang rendah perlu ditambahkan pektin atau asam biar selai sanggup menjadi kental.

Buah-buahan yang dijadikan selai biasanya buah yang sudah masak, tetapi tidak terlalu matang dan mempunyai rasa sedikit masam. Buah-buahan yang umum dijadikan selai, misalnya: stroberi, blueberi, aprikot, apel, anggur, pir, dan fig. Selain itu, selai sanggup dibentuk dari sayur-sayuran menyerupai wortel dan seledri.

Di Indonesia, sebagian besar selai dibentuk dari buah-buahan tropis seperti: nanas, lobi-lobi, srikaya, jambu biji, pala, dan ceremai. Selai kacang yaitu sebutan bahasa Indonesia untuk peanut butter yang dibentuk dari kacang tanah yang sudah dihaluskan dicampur mentega atau margarin.

Menurut situs Wikipedia. Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) yaitu flora berkhasiat yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di aneka macam kawasan Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembang). Penyebutan "belanda" dan variasinya menawarkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda ke Nusantara, yaitu pada masa ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa. Dalam bahasa Inggris disebut soursop dan selai sirsak dalam bahasa Inggris disebut soursop jam.

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini sanggup tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di kawasan yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda. Zuurzak. yang berarti "kantung yang asam".

Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak sanggup mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak sanggup tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan "buah" bahwasanya yaitu kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan mempunyai biji berwarna hitam. Buah ini sering digunakan untuk materi baku jus minuman serta es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya yaitu vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Bijinya beracun, dan sanggup digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya. Berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasn olahan resepi selai sirsak menu sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan aneka selai buah hemat murah meriah.

RESEP SELAI SIRSAK ALA NYONYA RUMAH


BAHAN :
  • 1 kg buah sirsak
  • 1 kg gula pasir
  • 500 ml air
  • 3 tetes pewarna makanan (opsional)
  • 1/4 natrium benzoat (opsional)
CARA MEMBUAT SELAI SIRSAK ALA NYONYA RUMAH :
  1. Buah sirsak dikupas kemudian dibuang bijinya, kemudian direbus dengan sedikit air hingga lunak, saring.
  2. Bubur sirsak ini ditimbang. Untuk tiap-tiap kg bubur sirsak diberi 1 kg gula pasir, aduk-aduk hingga cukup kentalnya. Angkat.
  3. Tuang ke dalam botol kaca.
  4. Sajikan.

RESEP SELAI SIRSAK ALA TYA HOMEMADE


BAHAN :
  • 1/2 buah daging buah sirsak, dari setengah buah sirsak ukuran sedang
  • 1 gelas belimbing gula pasir
  • 1 sdt agar-agar abu warna merah (opsional boleh tidak digunakan untuk warna original alami)
  • 1 buah jeruk Air perasan
  • 1/2 gelas belimbing air matang atau secukupnya
CARA MEMBUAT SELAI ALA TYA HOMEMADE :
  1. Blender daging buah sirsak bersama air jeruk dan air matang.
  2. Siapkan panci, masukkan jus sirsak, tambahkan gula pasir, kemudian masak dengan api kecil.
  3. Aduk-aduk terus, jaga jangan hingga gula menjadi gosong (disarankan mengaduk pakai sendok kayu).
  4. Tambahkan biar bubuk, aduk terus hingga mengental dan bertekstur menyerupai selai
  5. Angkat, tiriskan, dan biarkan dingin.
TIPS & TRICKS :
  • Pada waktu memasak, kayu anggun sanggup ditambahkan untuk memperkuat aroma.
  • Agar-agar abu warna merah sanggup diganti warna lain atau dihilangkan untuk menghasilkan warna selai sirsak alami original.
Advertisement