-->

Cara Menciptakan Sotong Pangkong Pontianak

Cara Menciptakan Sotong Pangkong Pontianak
Cara Menciptakan Sotong Pangkong Pontianak
Resep Sotong Pangkong Khas Pontianak Sederhana Spesial Sambal Pedas Asli Enak. makanan yang gurih, segar dan pedas sambalnya cocok untuk takjil ramadhan. Pembuatannya memakai cumi kering. Apakah dapat kalau cumi basah? soalnya di daerah Jogja sulit untuk mendapat cumi kering atau sotong kering, mungkin juga di daerah Jawa lainnya, dapat saja Anda pakai atau gunakan cuma sudah di luar kekhasan dan keunikannya sudah berbeda dan soal rasanyapun jauh berbeda.

Di Pontianak, Kalimantan Barat (KALBAR) menjelang berbuka puasa, banyak sekali pedagang takjil musiman ditemui di banyak ruas jalan disana. Beragam takjil mulai dari banyak sekali gorengan, kolak, bubur sum-sum, aneka minuman es, sampai makanan ringan cantik berair jajanan buka puasa tersaji di etalase dadakan. Kalau di Cirebon ada balakutak.

 Resep Sotong Pangkong Khas Pontianak Sederhana Spesial Sambal Pedas Asli Enak CARA MEMBUAT SOTONG PANGKONG PONTIANAK
Gambar Sotong Pangkong dengan Sambal Pedas

Berbeda dengan takjil buka puasa ramadhan yang dijual di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Menjelang Magrib, ruas jalan di daerah Jalan Merdeka Barat, Pontianak, akan dipenuhi oleh etalase yang hampir semuanya menjual penganan khas yang dinamakan sotong pangkong. Para penjual sotong pangkong sudah dapat kita temui, semenjak beberapa pekan sebelum Ramadan. Lantas, apa sih sotong pangkong itu? Penasaran kan?.

Berbahan dasar sotong (cumi) yang dikeringkan, sotong pangkong merupakan masakan khas Bumi Khatulistiwa yang hanya muncul ketika Ramadan. Uniknya, sotong yang sudah dikeringkan ini digantung berjejer rapi memenuhi etalase para penjual. Seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang melewati ruas jalan tersebut, di mana penjual sotong pangkong paling banyak temui. Terdengar bunyi pukulan bertalu-talu dari sotong yang dipangkong (dipukul). Itu merupakan cara menyajikan sotong pangkong setelah dibakar, sebelum disajikan kepada pelanggan.

"Jadi setelah dibakar, kemudian sotong dipangkong. Pangkong itu artinya dipukul-pukul supaya daging lembut dan semoga tidak alot alias keras. Setelah sotong dibakar dan dipangkong (dipukul) sampai pipih, serta terlihat serat-serat dagingnya, sotong pun disajikan memakai piring kecil. Untuk menyantapnya, Anda dapat mencelupkannya ke sambal yang sudah disediakan penjual.

Ada dua jenis sambal yang dapat Anda pilih ketika menyantap masakan penganan ini. Yang pertama, sambal kacang dengan paduan rasa asam dan manis. Sedangkan sensasi pedas akan memanjakan pengecap Anda bila sotong dicelupkan ke dalam sambal yang pedas. Berikut belakang layar kumpulan aneka kreasi dan olahan resepi sotong pangkong melayu pontianak KALBAR sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis sotong pangkong atau cumi pukul ini.

RESEP SOTONG PANGKONG


BAHAN :

  • 5 ekor cumi sotong yang telah dikeringkan

BUMBU :
  • 2 siung bawang merah
  • 3 buah cabe rawit
  • Kacang tanah yang telah disangrai dan digerus halus
  • Cuka sedikit
PERALATAN :
  • Pemanggang dan arang
  • Palu kayu dan alasnya untuk meletakkan sotong yang akan dipangkong
  • Gunting untuk memotong sotong
  • Piring
CARA MEMASAK SOTONG PANGKONG :
  1. Cumi kering atai sotong kering tadi kemudian dipanggang sampe harum. Terus dipangkong (dipukul-pukul dengan palu sampe empuk). Setelah itu dipotong-potong dan masukan dalam piring.
  2. Cara Membuat Saus atau Sambalnya, haluskan semua materi dan campur dengan cuka dan air, jangan terlalu kental.
  3. Sajikan sotong pangkong bersama saus atau sambal.
Advertisement