-->

Resep Bolu Kukus Pandan Ekonomis Telur Lezat Kempus

Resep Bolu Kukus Pandan Ekonomis Telur Lezat Kempus
Resep Bolu Kukus Pandan Ekonomis Telur Lezat Kempus
Resep Bolu Kukus Pandan Irit Telur - Versi Wikipedia bolu atau kudapan cantik bolu yang dalam bahasa Inggrisnya cake yaitu kudapan cantik yang dibentuk dengan materi dasar tepung. Umumnya dibentuk dari tepung terigu, gula dan telur. Kue bolu atau cake ini sanggup dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven. Walaupun dikala ini ada juga bolu yang dikukus ibarat bolu kukus atau brownies kukus.

Nah kebetulan di dapur lagi ada endapan daun pandan, hasilnya di buat bolu pandan saja lah. Kebetulan saya lagi pengin bolu pandan yang menul-menul kempus gitu. Kaprikornus kali ini saya akan menciptakan bolu pandan versi kukus. Cara menciptakan bolu kukus pandan ini berdasarkan saya super mudah dan simpel banget. 


Soalnya dibuatnya dengan metode all in one, yaitu dengan cara mencampurkan semua gabungan menjadi satu, kemudian dikocok hingga gabungan menjadi kaku atau yang dalam bahasa kerennya kental berjejak / jambul petruk. Setelah gabungan selesai di mixer, gres deh di kukus ke dalam panci kukus yang sudah berisi air mendidih supaya uap panasnya banyak.

 Versi Wikipedia bolu atau kudapan cantik bolu yang dalam bahasa Inggrisnya cake yaitu kudapan cantik yang dibu Resep Bolu Kukus Pandan Irit Telur Enak Kempus

Tips bagi pemula atau yang gres berguru memasak kudapan cantik mungkin pernah mengalami apa yang dulu saya alami. Pas pertama sekali menciptakan bolu kukus, saya tidak tahu bahwa mengukus cake, bolu atau brownies kukus itu harus dalam kondisi yang benar-benar panas dan air mendidih. Karena kukusan saya waktu itu belum panas hasilnya cake yang saya buat jadi tidak mengembang alias bantet.


Walaupun rasanya enak, tapi jikalau bantat gitu rasanya ngenes banget deh. Setelah browsing-browsing dan berguru belajar sendiri hasilnya tahu deh kini jikalau mau mengukus kue, bolu atau cake ke dalam kukusan itu panci kukusan harus benar-benar panas dan airnya harus sudah mendidih. Lalu jangan lupa tutup panci atau kukusannya di alasi dengan serbet atau kain bersih. Yang bertujuan supaya uap tidak jatuh ke gabungan kue, alhasil kudapan cantik nya pun akan mengembang dengan sempurna.

Walaupun terbuat dari resep bolu kukus yang sederhana dengan materi yang murah meriah. Hasil dari bolu kukus pandan yang masuk ke dalam resep bolu kukus pandan hemat telur ini lezat dan kempus loh bun. Menul-menul kempus ringan gitu ibarat dengan olahan chiffon. 

Bagi yang ingin menciptakan kudapan cantik bolu kukus pandan hemat telur ini, yuk pribadi saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Bolu Kukus Pandan ibarat dibawah ini.

Step By Step Cara Membuat Bolu Kukus Pandan 

 Versi Wikipedia bolu atau kudapan cantik bolu yang dalam bahasa Inggrisnya cake yaitu kudapan cantik yang dibu Resep Bolu Kukus Pandan Irit Telur Enak Kempus

Bahan-bahan Bolu :

  • Gula pasir 90 gram
  • Telur 2 butir
  • Garam 1/4 sendok teh
  • Tepung terigu (kunci) 75 gram
  • SP 1/2 sendok teh (pelembut kue, sanggup dibeli di toko materi kudapan cantik terdekat)
  • Baking powder 1/4 sendok teh
  • Pasta pandan 1/2 sendok teh (bisa memakai 2 sendok makan endapan atau jus pandan)
  • Minyak goreng 50 mili liter (minyak canola)

Langkah Membuat Bolu Kukus Pandan :

  1. Mixer gula,telur dan garam hingga sedikit mengembang kemudian masukan sp. Mixer dengan kecepatan tinggi selama kurang lebih 10 menit hingga kental berjejak.
  2. Tambahkan pasta pandan dan vanili bubuk.
  3. Masukan tepung dan baking powder sambil diayak aduk balik (saya mixer dengan kecepatan rendah hingga rata saja).
  4. Tambahkan minyak goreng. aduk balik dengan spatula hingga rata dan homogen. Lalu tuang ke loyang yang sudah diolesi tipis margarin.
  5. Kukus dengan kukusan yang sudah dipanaskan dan beruap banyak. Jangan lupa tutup kukusan atau tutup panci di alasi serbet atau kasin higienis supaya uap air tidak jatuh. Kukus selama 15-20 menit. Tutup dandang jangan bolak balik dibuka ya nanti hasilnya bantet.
  6. Angkat loyang, dinginkan, potong sesuai selera.

Bagaimana bun, mudah dan super simpel kan proses pembuatan bolu kukus pandannya? Bagi yang ingin menciptakan kudapan cantik bolu pandan untuk cake ulang tahun atau syukuran. Atasnya sanggup di olesi dengan icing dari krim mentega (buttercream), fondant atau marzipan ya. Nanti hasilnya jadi ibarat kudapan cantik tart (kue tarcis). Untuk pelengkap atau hiasannya sanggup di beri beberapa buah cheery segar atau manisan cherry kering yang biasa dijual dalam kemasan kaleng.

Kalau saya sih alasannya yaitu cuma untuk kuliner ringan di rumah, jadi saya cukup olesi sedikit buttercream kemudian saya taburi keju parut sebagai toppingnya. Hasilnya jadi cantik gurih gitu, paling cocok untuk temal temil dikala nonton tv dan bersantai dengan ditemani teh hangat atau kopi favorit. Tapi bagi yang suka manis, di beri taburan meises coklat juga endes loh. 


Atau kudapan cantik bolu pandan kukus ini di belah jadi dua bagian, kemudian tengahnya diberi olesan selai juga mantap. Selai yang digunakan sanggup selai coklat, selai kacang, blueberry, strawberry dan diberi santan juga oke. Suka-suka saja untuk berkreasi ya bun, pokoknya tidak ada batasan untuk mengkreasikan bolu kukus pandan ini. 

Walaupun bolu kukus vanila dan bolu kukus cokelat masih menjadi juara di hati banyak orang. Namun bolu kukus pandan juga dikala ini sudah menjadi favorit banyak orang loh. Aroma pandan dengan bacin yang khas memang selalu menggoda. Kaprikornus tidak ada salahnya dong jikalau kali ini bunda mencoba Resep Bolu Kukus Pandan Irit Telur Enak Kempus yang saya bagikan kali ini. Dijamin bawah umur dan keluarga lainnya niscaya suka :)

Terimakasih sudah membuka resep menciptakan bolu kukus pandan simple 2 telur ala harianresep.blogspot.com, semoga bermanfaat ya, silahkan share bunda :)

Advertisement