-->

Resep Gyoza Ayam Udang (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang

Resep Gyoza Ayam Udang (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang
Resep Gyoza Ayam Udang (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang
Resep Gyoza Ayam Udang (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang - Gyoza merupakan salah satu camilan bagus Jepang yang terbuat memakai kulit pangsit tipis sebagai kuliner ringan yang mempunyai isian dari daging dan sayuran. Daging yang dipakai untuk menciptakan Gyoza ini dapat memakai daging ayam, daging sapi, ikan serta udang. Namun kebanyakan orang mengkombinasikan daging ayam cincang dan udang semoga rasanya lebih lezat dan gurih.

Selain populer di Jepang, ternyata Gyoza ini berasal dari China. Meskipun ada banyak perbedaan antara Gyoza Jepang dan Gyoza Cina. Pada umumnya Gyoza Jepang sangat cocok dimakan dengan nasi sebagai kuliner sehari-hari. Untuk Gyoza Jepang biasanya memakai kulit pangsit tipis yang digoreng bab bawahnya semoga kesudahannya renyah dan gurih. Kemudian tak lupa pula ditambahkan sedikit bawang putih dalam pangsit tersebut yang tidak ditambahkan pada pangsit China. 

Menurut kami kuliner Gyoza ini ibarat sekali dengan Hakau. Yaitu salah satu kuliner yang masih sejenis Gyoza yang sering disajikan dalam porsi kecil. Kalau di Indonesia kuliner ini sering disebut Dimsum Kukus ibarat pangsit dan Resep Siomay Ikan Tenggiri Enak Kenyal, Super Maknyus!. Kalau di Cina sanah berbagai jenis Gyoza. Sedangkan di Jepang Dumpling disebut Gyoza. 

Nah berbeda lagi dengan Potsticker, jenis potsticker ini termasuk kategori dumpling tapi proses pemasakannya dengan cara di pan fried. Makara pannya diberi sedikit minyak terlebih dahulu kemudian dumplingnya dipanggang sebentar hingga bawahnya berwarna kecoklatan kemudian ditambah air untuk melanjutkan memasaknya hingga airnya habis. Dengan cara memasak Resep Gyoza a.k.a Dumpling ibarat menghasilkan tekstur yang eksteriornya renyah tapi tetap lembut di dalam. 
 Gyoza merupakan salah satu camilan bagus Jepang yang terbuat memakai kulit pangsit tipis sebaga Resep Gyoza Ayam Udang (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang
Resep Gyoza Ayam Udang dan Cara Membuatnya By Melia dan Elly Yustina Cookpad
Untuk penyajian Resep Gyoza paling lezat disantap dalam keadaan hangat dari kukusan maupun sesudah dipanggang. Karena dikala hirau taacuh tekstur dari Gyoza ini menjadi sedikit kering dan kurang lembut di mulut. Makara sebelum penyajian sebaiknya dikukus lagi semoga hangat dengan tekstur yang kenyal. Agar lebih maknyus jajanan ala Jepang dan Cina ini dapat di cocolkan ke saus kecap, saus sambal, mayonaise atau apa saja sesuai selera. 

Kalau di Restauran atau Cafe Indonesia, Gyoza Panggang / Gyoza Kukus dan Gyoza Goreng ini seringkali disajikan bersama Saus Cuko Gula Merah atau Saos Cuko Gula Putih Seperti sajian Resep Membuat Pempek Kapal Selam Palembang Asli Enak. Isian dari saus cuko ini yaitu cabai, gula, garam, bawang putih, cuka dan air. Cocolkan dalam kondisi masih hangat dengan derma sumpit. Wuihh mantap deh!. Penasaran ingin membuatnya di rumah?

Kebetulan kali ini kami pilihkan daging ayam dan udang yang diblender atau dicincang halus semoga mudah dan simpel dibuatnya. Terus untuk membuatnya kita memakai metode Pan Fried Dumpling, jadi kesudahannya kenyal-kenyal lezat gitu deh. Yuk pribadi di simak saja Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Gyoza Ayam Udang atau Kuotie ibarat berikut ini. Cekidot!

Resep Gyoza Ayam Udang dan Cara Membuatnya

 Gyoza merupakan salah satu camilan bagus Jepang yang terbuat memakai kulit pangsit tipis sebaga Resep Gyoza Ayam Udang (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang

Bahan-bahan Gyoza :

  • Daging ayam 300 gram
  • Udang 100 gram
  • Sawi hijau 8 lembar
  • Daun bawang 1 ikat
  • Kucai 1 ikat
  • Bawang putih 2 siung (parut)
  • Saus tiram 2 sendok makan
  • Telur ayam 1 butir
  • Tepung kanji 1 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh
  • Lada (merica) secukupnya
  • Kulit gyoza (kulit pangsit) 40 lembar
  • Minyak goreng 3 sendok makan
  • Minyak wijen 1 sendok teh

Langkah Membuat Gyoza Ayam Panggang :

  1. Isian Gyoza : Pertama-tama cincang sawi putih, taburi garam, diamkan selama 10 menit kemudian peras hingga keluar airnya. Kemudian cincang daun bawang dan kucai, campur dengan sawi putih dan parutan bawang putih.
  2. Selanjutnya dimangkuk besar, campur daging ayam, udang, saus tiram, garam, bawang putih, merica, kaldu, telur dan sayuran tadi (sawi putih, kucai dan daun bawang).
  3. Setelah itu bungkus isian gyoza tadi dengan kulit gyoza (kulit pangsit) bentuk ibarat pastel boleh atau ibarat siomay dimsum juga boleh, sesuai selera saja. Lakukan hingga gabungan isian dan kulit gyoza habis.
  4. Kemudian panaskan sedikit minyak goreng diwajan, susun gyoza ayam udang diwajan kemudian panggang dengan memakai api sedang atau besar selama 5-6 menit hingga dasarnya kecoklatan. Tuangi air hingga setengah gyoza terendam kemudian tutup wajan. Masak terus hingga air menyusut dan kulit gyoza terlihat menjadi trasnparan. Kemudian tuangi dengan minyak wijen. Angkat.
Seperti yang sudah kami katakan diatas, Resep Gyoza Ayam Udang Panggang ini paling lezat dimakan bersama aneka saus pilihan. Jika ingin menciptakan saus gyoza ala ala Jepang Asli, anda dapat meracik sendiri saus gyoza tersebut. Caranya mudah dan simpel yaitu dengan mencampurkan Shoyu (kecap asin) dan cuka beras dengan perbandingan 3:1, kemudian tambahkan pula 1 sendok teh gula pasir dan 1 sendok teh minyak wijen, Aduk rata. Atau dapat juga di cocol saus, mayonaise dan kuah cuko sesuai selera.

Dalam Resep Gyoza Ayam Udang versi (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang ini kami sengaja menentukan memakai kulit gyoza siap pakai yang dapat dibeli diluaran. Tapi kalau anda ingin memakai kulit gyoza atau kulit pangsit homemade anda dapat membuatnya dengan cara berikut.

Siapkan tepung terigu 150 gram dan Garam 1/4 sendok teh aduk rata. Tambahkan air hangat secara sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan tidak lengket. Bulat-bulatkan sebesar kelereng. Giling gabungan yang sebesar kelereng tadi menjadi bulat setipis mungkin. Kemudian ambil satu sendok makan isian daging dan udang, letakkan dibagian tengah kulit gyoza. Tutup dengan cara sisi yang satu menutupi sisi lainnya kemudian lipit bab sisinya ibarat lipitan rok pastel.

Bagaimana cukup mudah dan simple kan menciptakan sajian Gyoza Halal sendiri di rumah. Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Gyoza Ayam Udang (Pan Fried Dumpling) Ala Jepang. Jika di rasa membantu dan bermanfaat jangan lupa share ke media umum ibarat facebook, twitter, Instagram dan akun Google+ kalian ya. 

Terimakasih, jangan lewatkan Resep Cireng Bumbu Rujak Crispy Khas Bandung. Sekian :)
Advertisement