-->

Resep Papeda Kuah Kuning Papua

Resep Papeda Kuah Kuning Papua
Resep Papeda Kuah Kuning Papua
Resep Papeda Kuah Kuning Papua - Papeda merupakan salah satu kuliner berupa bubur sagu yang khas dari Maluku dan Papua. bubur sagu dengan ciri khas kental, lengket dan warna menyerupai lem ini biasanya ditemukan di tempat Indonesia Bagian Timur. banyak masyarakat disana pada umumnya lebih menyebabkan sagu sebagai kuliner pokok, walaupun dominan Indonesia memakai materi pokok beras. papeda atau bubur sagu dibentuk dengan cara melarutkan tepung sagu dengan air panas kemudian di aduk-aduk hingga menggumpal.

Di Papua, tepung sagu biasanya di sanggup dari cara memotong pokok sagu, kemudian bab bonggolnya diperas hingga sari patinya keluar. ini yang menjadi materi baku sagu yang sanggup diolah menjadi aneka kuliner khas suku Dani. kalau tidak salah Suku Dani ini tinggal di Lembah Baliem. sebelum di olah menjadi kuliner khas Papua dan Khas Maluku, sari pati sagu murni biasanya disimpan di dalam alat yang berjulukan tumang.

Papeda Papua yang terbuat dari tepung sagu orisinil tanpa ada gabungan materi lain kecuali air menciptakan papeda tidak memliki rasa sama sekali alias tawar. dengan ini bubur sagu papeda seringkali disajikan bersama aneka masakan kuah sedap berbumbu. contohnya menyerupai sup atau gulai ikan kuah gurih pedas yang terbuat dari ikan tuna, ikan tongkol, ikan kakap merah, ikan makerel atau ikan mubara. sup ikan yang memakai bumbu rempah orisinil Indonesia menyerupai kunyit dan teman-temannya menciptakan sup mempunyai citarasa sedap dengan warna kuah kuning yang menggoda.

Hidangan Papeda Khas Papua yang disajikan dengan sup ikan kuah kuning populer dengan nama Papeda Kuah Kuning Papua serta Maluku. semoga kuah kuning sup ikan terasa lebih enak dan lezat, selain memakai bumbu rempah yang cukup komplit. untuk mendapat rasa asam segarnya, biasanya banyak masyarakat yang mengucurkan air jeruk nipis ke dalamnya. bila tidak ada jeruk nipis, anda sanggup menggantinya dengan belimbing wuluh, tomat mudan, air asam jawa serta cuka masak biasa. 

Cara Membuat Papeda Kuah Kuning Papua tentu saja cukup gampang dan tidak sulit. bumbu sup ikan memakai bumbu rempah yang simple, mudah dan sederhana menyerupai masyarakat lokal papua yang ramah dan bersahabat. namun rasa papeda kuah kuning Papua ini sangat enak dan makyus. namun bagi anda yang tidak terbiasa menikmati bubur sagu papeda yang terasa menyerupai lem maka anda sanggup menyantap sup ikan kuah kuning dengan nasi putih hangat. mantap!!

Menikmati sebuah masakan papeda kuah kuning Papua sanggup dibilang menjadi PR untuk anda yang tidak pernah menyantapnya. teksturnya yang lengket menyerupai lem sungguh susah untuk disantap dengan sendok makan biasa. butuh teknik khusus untuk sanggup menyendokkan papeda ke mulut. dan biasanya masyarakat Indonesia Bagian Timur memakai sumpit kayu untuk mengambil papeda.

Menikmati papeda dengan sumpit kayu caranya dengan melilitkan bubur sagu dengan cepat kemudian segera disantap. atau cara termudahnya ialah dengan menyeruput bubur papeda eksklusif dari tepi piring. itulah sedikit deskripsi mengenai papeda, berikut kami ulas Bahan-bahan dan Cara Membuat Papeda Kuah Kuning yang layak untuk dicoba dirumah.


 Papeda merupakan salah satu kuliner berupa bubur sagu yang khas dari Maluku dan Papua Resep Papeda Kuah Kuning Papua

Bahan-bahan Bubur Sagu Papeda :

  • Tepung sagu atau tapioka 5 sendok makan kemudian encerkan dengan 150 mili air
  • Air 800 mili liter

Bahan Sup Ikan Kuah Kuning :

  • Ikan kakap merah 1 ekor pilih yang besar dengan berat 1kg
  • Jeruk nipis 1 butir
  • Garam 1 sendok makan

Bumbu Halus Kuah Kuning :

  • Cabai merah keriting 3 buah
  • Cabai rawit 8 buah (bisa diubahsuaikan dengan selera)
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang putih 5 siung
  • Kunyit 1 ruas jari

Bahan dan Bumbu Kuah Lainnya :

  • Serai 2 batang (memarkan)
  • Belimbing wuluh 5 buah (belah menjadi 2 bagian)
  • Air panas mendidih 800 mili liter
  • Tomat merah 2 buah (belah kecil-kecil)
  • Kemangi 1 ikat (ambil daun dan pucuk mudanya, basuh bersih)
  • Garam 1/2 sendok makan
  • Kaldu debu instan / penyedap rasa secukupnya
  • Minyak 2 sendok makan (digunakan untuk menumis bumbu)

Bahan Pelengkap :

  • Kangkung 2 ikat (siangi kemudian kukus hingga matang)
  • Sambal tomat

Cara Membuat Bubur Sagu Khas Papua :

  1. Langkah awal siapkan panci, masukkan air kemudian masak hingga mendidih. 
  2. Selanjutnya tuang secara perlahan larutan tepung sagu atau tepung tapioka ke dalam rebusan air, sambil diaduk dengan cepat hingga larutan sagu habis. 
  3. Masak dan aduk terus bubur sagu hingga kental dan terasa berat dikala diaduk. ini menunjukan bubur sagu Papua telah matang. angkat.

Cara Membuat Sup Ikan Kuah Kuning :

  1. Pertama-tama siapkan ikan kakap, siangi sisiknya kemudian buang insang dan kotoran isi perut, basuh bersih. kemudian potong-potong ikan sesuai selera. lumuri ikan dengan air perasaan jeruk nipis dan garam hingga rata. kemudian diamkan kurang lebih selama 20 menit. basuh kembali, sisihkan.
  2. Setelah itu siapkan panci atau wajan besar, panaskan 2 sendok makan minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus hingga harum dan matang. masukkan serai dan belimbing wuluh, tumis sebentar dan aduk hingga tercium aroma amis sedap.
  3. Selanjutnya masukkan potongan ikan, aduk sebentar. kemudian tuang air panas mendidih ke dalam tumisan ikan. tambahkan garam dan kaldu debu instan. aduk rata, kemudian tambahkan potongan tomat, masak terus dengan memakai api kecil selama 15 hingga 20 menit hingga kuah mendidih dan matang. cicipi rasanya, silahkan tambahkan bila ada yang kurang. tambahkan daun kemangi, aduk perlahan. angkat.

Cara Penyajian Papeda Kuang Kuning Papua :

  1. Siapkan piring saji, sendokkan papeda secukupnya ke dalam piring saji, kemudian letakkan rebusan daun kangkung dan samabal tomat (jika pakai).
  2. Setelah itu tambahkan ikan di atas nya, siram kuah kuning sesuai selera.
  3. Atau sanggup juga menyajikan papeda dan sup ikan kuah kuning secara terpisah. sajikan.

Itulah Cara Membuat dan Resep Papeda Homemade yang enak dan gampang di pratekkan dirumah. selain bubur sagu yang khas disajikan dengan kuah kuning, ternyata sekarang ada kreasi papeda lainnya yang cukup menarik untuk dibahas yaitu Resep Papeda Fantasi. Papeda fantasi merupakan salah satu jajanan papeda yang merupakan kreasi Resep Papeda Ala Abang-abang yang biasanya menjual jajanannya di depan sekolahan SD. 

Resep Papeda Fantasi ala abang-abang bentuknya memang berbeda tidak menyerupai layaknya bubur papeda yang super lengket. rasanya pun berbeda, alasannya papeda fantasi biasanya diberi bumbu dan irisan daun bawang. cara menciptakan papeda abang-abang caranya oleskan wajan anti lengket dengan mentega atau minyak goreng kemudian pecahkan telur puyuh. sehabis itu beri adonan pepeda di atas dadarkan telur hingga lebar. 

Bila papeda sudah agak masak biasanya diberi debu cabe pedas atau debu aneka rasa menyerupai rasa balado dan keju asin kemudian papeda digulung memakai dukungan lidi besar yang terbuat dari kayu atau bambu layaknya sumpit. bagi yang suka pedas biasanya Papeda Telur Puyuh ditambahkan saus botolan dikala disantap.

Lanjut ke papeda Khas Papua, untuk sup ikan kuah kuning ini tampilannya hampir sama dengan Lempah kuning ya. jikalau anda ingin tau dan ingin membuatnya silahkan klik resepnya disini Resep Membuat Lempah Kuning Ikan Asli Bangka. oh iya, untuk Resep Papeda rumahan ini kita memakai ikan kakap merah. namun anda sanggup menggantinya dengan aneka ikan lainnya menyerupai Ikan Kerapu, Ikan Bawal, Ikan Ekor Kuning, Ikan Kembung, atau aneka ikan lainnya yang sudah kami sebutkan diatas. 

Selain disajikan dengan sup ikan kuah kuning, papeda sanggup dinikmati dengan sayur ganemo yang diolah dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya muda serta cabe merah. papeda yang mengandung serat, rendah kolesterol dan cukup nutrisi di percaya sanggup menghilangkan penyakit kerikil ginjal alasannya sifat papeda yang sanggup membantu memberihkan organ-organ di dalam badan manusia. selain anggun di konsumsi bagi pelaku diet sehat, papeda juga di anjurkan di konsumsi bagi perokok alasannya papeda juga sanggup membersihkan paru-paru secara perlahan. 

Waw, selain enak ternyata papeda mempunyai kaya manfaat bila di konsumsi dengan sempurna ya. demikian yang sanggup kami sampaikan mengenai artikel Resep Papeda Kuah Kuning Papua. buka juga resep lainnya dari kami menyerupai Resep Ayam Tinoransak Khas Manado. terimakasih sudah membuka harianresep.blogspot.com, semoga Resep Papeda yang kami bagikan membantu dan bermanfaat.
Advertisement