-->

Resep Pie Susu Teflon A.K.A Egg Tart Keju Tanpa Panggangan Dan Mixer

Resep Pie Susu Teflon A.K.A Egg Tart Keju Tanpa Panggangan Dan Mixer
Resep Pie Susu Teflon A.K.A Egg Tart Keju Tanpa Panggangan Dan Mixer
Resep Pie Susu Teflon a.k.a Egg Tart Keju - Suka makan pie susu? Saya juga suka :D. Kalau makan camilan elok ini tuh sekali dua kali gigitan niscaya sudah habis ya, bener nggak? Yup, soalnya pie susu kan populer mempunyai bentuk yang kecil-kecil. Nah, kini lagi tren bikin resep pie susu teflon yang mempunyai ukuran sebesar piring makan 24cm.

Awal mula adanya resep pie susu teflon ini merupakan kreasi dari seorang ibu yang postingannya viral di share kemana-mana. Kenapa jadi viral? Soalnya cara buat camilan elok pie susunya cuma pakai teflon saja. Mulai dari memanggangnya hingga matang dan bahkan ada juga yang mencampur campuran eksklusif di wajan anti lengket alias teflonnya. Kaprikornus yang terang cara buatnya cukup aduk-aduk saja semua materi hingga rata, tanpa harus memakai mixer dan oven.

Kaprikornus resep pie susu teflon ini cocok sekali di pratekkan bagi pemula yang belum punya panggangan dan mixer. Tinggal aduk-aduk jadi deh pie susu teflonnya :)

Pada umumnya kita mengenal dua jenis pie susu atau yang disebut egg tart di pasaran. Kaprikornus untuk jenis pie susu yang mempunyai kulit terbuat dari crust pastry menyerupai yang aku posting ini, dikenal sebagai egg tart style Hong Kong. Dan jenis pie susu yang terbuat dari puff pastry, dikenal dengan sebutan egg tarts style protugis. 

Baca Juga : Resep Nastar Keju Prochiz Isi Coklat Colatta Enak Ngeprul

Hal lainnya yang membedakan kedua pie susu ini ialah permukaan pie susu Hongkong biasanya higienis dan mulus. Berbeda dengan yang a la Portugis, permukaan custard lebih berwarna kecoklatan sebab proses karamelisasi campuran custard.

Sebenarnya aneka macam jenis resep camilan elok pie susu yang ada di Indonesia. Misalnya saja untuk pie susu khas Papua. Di sana camilan elok pai atau pastei ini mempunyai julukan camilan elok lontar. Kaprikornus kalau ada yang tanya bedanya camilan elok pie susu Papua dengan camilan elok lontar, jawabannya ialah sama. Hanya saja beda tempat beda juga penyebutan nama camilan elok nya.

Di Indonesia aneka kreasi camilan elok pie ini populer berasal dari Bali ya Bun. Kaprikornus tak asing rasanya kalau pie susu Bali mempunyai banyak kreasinya. Mulai dari Resep Membuat Egg Tart Fruity Pie Susu Bali atau pie buah, pie coklat, pie susu keju, pie brownies, pie fla, pie pandan, camilan elok pie strawberry, camilan elok pie blueberry, camilan elok pie susu topping meises, kacang, kismis, kurma dan lain sebagainya. 

So, bagi yang mau ingin mencoba icip-icip cruncy nya crust pie susu teflon dengan ukuran jumbo. Yuk eksklusif saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Pie Susu Teflon menyerupai berikut ini.

Step By Step Membuat Resep Pie Susu Teflon

 Kalau makan camilan elok ini tuh sekali dua kali gigitan niscaya sudah habis ya Resep Pie Susu Teflon a.k.a Egg Tart Keju Tanpa Oven dan Mixer


Bahan-bahan Pie atau Crust :

  • Tepung terigu protein rendah 150 gram
  • Blue grup band cake and cookie 100 gram (boleh di ganti mentega 50 gram + butter 50 gram)

Bahan Adonan Susu :

  • Air es 5 sendok makan
  • Kuning telur 3 butir, kocok lepas
  • Susu kental elok 125 mili liter
  • Air 75 mili liter
  • Tepung maizena 1 sendok makan, dilarutkan dengan sedikit air

Topping / Bahan Taburan :

  • Keju parut 100 gram

Cara Membuat Pie Susu Keju Teflon :

  1. Adonan Pie : Langkah awal aduk tepung terigu dan blue grup band cake and cookie dengan garpu atau pisau pastry hingga campuran berpasir. Setelah itu tambahkan air es, aduk rata.
  2. Bungkus campuran dengan plastic wrap kemudian simpan di dalam kulkas kurang lebih selama 30 menit. (ini merupakan diam-diam dan tips menciptakan adoanan pie yang renyah dan berteksture lembut yang menyerupai campuran Pastel.
  3. Sambil nunggu campuran pie siap digunakan, mari kita buat Isian Adonan Susu. Caranya campur rata kuning telur, susu kental manis, air dan larutan maizena. Aduk rata. Sisihkan.
  4. Setelah 30 menit, campuran pie siap di giling hingga ketebalan sekitar 1/2 centi meter. Kemudian ratakan di dalam wajan anti lengket / teflon diameter 20 centi meter.
  5. Tuang isian campuran susu yang dibentuk tadi ke atas campuran pie yang ada di teflon.
  6. Tutup wajan / teflon dan masak di atas api kecil hingga kulit pie mengering dan isian memadat.
  7. Buka tutup teflon, kemudian taburi pai atau camilan elok pie susu dengan keju parut kemudian tutup kembali. Masak sekitar 2 menit. 
  8. Angkat, potong-potong kemudian sajikan. Nyuumii!

Demikian yang sanggup aku sampaikan mengenai Resep Pie Susu Teflon a.k.a Egg Tart Keju Tanpa Oven dan Mixer anti gagal. Resep pie susu ini merupakan penemuan dari Resep Kue Lontar Masakan Tradisional Indonesia Timur.

Selain teflon, sesungguhnya campuran camilan elok pie sanggup juga di masak dengan Majic com dan happy call. 

Happy recook, supaya suka dan sesuai selera ya :)
Advertisement