-->

Cara Menciptakan Bibit Durian Bawor Kaki Empat

Cara Menciptakan Bibit Durian Bawor Kaki Empat
Cara Menciptakan Bibit Durian Bawor Kaki Empat
Resep Bibit Durian Bawor Kaki Empat 4 Sederhana Spesial Asli Enak. Artikel kali ini berguru berkebun membahas cara menciptakan bibit durian berkaki banyak yang mempunyai kaki lebih dari satu. Pertanian atau tumbuhan pertanian yang menghasilkan buah yang lebih berkualitas. Bibit Durian Bawor Berkaki Empat termasuk jenis tumbuhan buah-buahan yang kualitas dan mutunya sangat baik, sehingga tumbuhan ini menjadi unggulan dari bibit tumbuhan buah durian. Mungkin Untuk ketika ini belum/jarang yang tahu wacana bibit tumbuhan durian bawor berkaki empat ini dikarenakan masih tergolong gres serta tingginya harga bibit tersebut, menyerupai durian bawor Madiun, durian bawor Pak Sarno, dll.

 Artikel kali ini berguru berkebun membahas cara menciptakan bibit durian berkaki banyak yang  CARA MEMBUAT BIBIT DURIAN BAWOR KAKI EMPAT
Gambar Bibit Durian Bawor Berkaki Empat 4

Tingginya harga bibit Durian sesuia dengan buah duren yang dihasilkan serta mutu buah tersebut, alasannya bibit durian bawor berkaki empat ini dihasilkan dari banyak sekali macam jenis spesies durian di jadikan menjadi 1 batang dengan batang pokoknya bibit durian montong, dari sepesies-sepesies yang lain di carikan bibit durian lokal yang mutunya bagus. Makara bila dibandingan mutu kualitas durian bawor vs montong terang durian bawor lebih baik, alasannya mewarisi dari banyak sekali jenis durian.

Durian Bawor Berkaki Empat yaitu durian montong orange yang mempunyai batang yang di sambung eksklusif dengan tumbuhan durian lain yang menjadi ”kaki baru” dengan banyak sekali macam tujuan, yang salah satunya yaitu untuk menambah cepat pertumbuhan tumbuhan alasannya serapan unsur hara yang lebih banyak dibanding durian bawor berkaki tiga 3.

KEUNGGULAN DURIAN BAWOR BERKAKI EMPAT
  1. Cocok di tanam di dataran rendah (6-600 mdpl)
  2. Tidak gampang roboh alasannya perhiasan kaki gres yang jumlahnya ada 4 kaki
  3. Buah berasal dari induk alasannya berasal dari bibit vegetative
  4. Memiliki nilai seni dan terlihat menawan tajuknya
  5. Bisa sebagai tumbuhan pencegah banjir, alasannya mempunyai akar tunggang yang banyak dan kuat.
  6. Mencegah tanah longsor/erosi
  7. Mempertahankan cadangan muka air
  8. Sebagai Langkah Usaha evakuasi lingkungan terhadap imbas iklim global.
CARA PENANAMAN DAN PERAWATAN DURIAN BAWOR BERKAKI EMPAT
  1. Persiapan lobang tanam minimal 60cmx60cmx60cm
  2. Media tanam gabungan pupuk sangkar (yang telah di campur dengan gilo 1 pak per 30 kg pupuk sangkar ) & tanah dengan perbandingan 1 : 2
  3. Jarak tanam ideal lebih dari 8m x 8m
  4. Pemupukan 3-4 kali setahun
  5. Perawatan yang lebih & intensif akan mempercepat usia berbuahnya tanaman
PEMUPUKAN

1. Pada ketika umur 1 - 3 Tahun
- Pupuk Kandang = 30 - 50 Kg tiap Pohon
- NPK = 0,5 - 1,0 Kg tiap pohon
- Pupuk SUPERNASA = 5 - 10 gram tiap pohon
- Frekuensi = 3 - 4 kali per Tahun
- Penyemprotan = Memakai POC + Hormonik per 1 tutup per 1 tangki

2. Pada ketika umur 4 - 6 Tahun
- Pupuk Kandang = 75 - 150 Kg tiap Pohon
- NPK = 1,5 - 2,5 Kg tiap pohon
- Pupuk SUPERNASA = 10 - 20 gram tiap pohon
- Pupuk POWER NUTRITION = 10 - 15 gram tiap pohon
- Frekuensi = 2 - 4 kali per Tahun

3. Pada ketika umur 7 - 10 Tahun
- Pupuk Kandang = 200 - 300 Kg tiap Pohon
- NPK = 1,5 - 3,0 Kg tiap pohon
- Pupuk SUPERNASA = 10 - 20 gram tiap pohon
- Frekuensi = 2 - 4 kali per Tahun

Gambar Pupuk Yang di pakai :

 Artikel kali ini berguru berkebun membahas cara menciptakan bibit durian berkaki banyak yang  CARA MEMBUAT BIBIT DURIAN BAWOR KAKI EMPAT
Gambar Pupuk Supernasa Organik

 Artikel kali ini berguru berkebun membahas cara menciptakan bibit durian berkaki banyak yang  CARA MEMBUAT BIBIT DURIAN BAWOR KAKI EMPAT
Gambar Power Nutrition

 Artikel kali ini berguru berkebun membahas cara menciptakan bibit durian berkaki banyak yang  CARA MEMBUAT BIBIT DURIAN BAWOR KAKI EMPAT
Gambar Poc Nasa

 Artikel kali ini berguru berkebun membahas cara menciptakan bibit durian berkaki banyak yang  CARA MEMBUAT BIBIT DURIAN BAWOR KAKI EMPAT
Gambar Harmonik

Di Pulau Jawa pada umumnya/rata-rata terjadi di bulan November-februari.pengaturan buah yang kontinyu/tak putus yaitu suatu hal yang sangat mungkin terjadi kalau segala kebutuhan tumbuhan tercukupi dengan baik sehingga tumbuhan akan berbuah sepanjang tahun.adapun pengaturan yang bisa di lakukan yaitu dengan cara pengaturan menciptakan blok-blok tumbuhan dengan takaran pupuk dan waktu yang berbeda sesuai tahapan sehingga imbas pemupukan akan berlangsung terus-menerus diantara blok-blok tumbuhan yang di perlukan .adapun pupuknya bisa mengacu pada takaran di atas .dengan prinsip tetap menjaga kebutuhan tumbuhan terutama factor kebutuhan air.

PENYERBUKAN

Karena faktor bunga dar jenis yang sama, maka akan berbunga pada waktu yang bersamaan, Makara untuk memaksimalkan terjadinya penyerbukan sebaiknya dalam satu areal penanaman tidak hanya satu varietas tertentu,tetapi penanman di campur dengan varietas yang lain.

PARAMETER
JENIS DURIAN
BAWOR
MONTONG
KANI
LOKAL
UKURAN BUAH
BESAR
BESAR
BESAR
KECIL
BOBOT BUAH
8 – 14 Kg
10 – 13 Kg
10 Kg
3,5 – 6 Kg
RASA BUAH
SANGAT MANIS
SANGAT MANIS
SANGAT MANIS
MANIS
USIA BUAH
3,5 – 4 TH
4 – 5 TH
4 – 5 TH
5 TH
DAGING BUAH
BIJI TIPIS,
DAGING TEBAL,
TEKSTURNYA LEMBUT
BIJI TIPIS,
DAGING TEBAL
BIJI BESAR,
DAGING TIPIS
BIJI BESAR,
DAGING TIPIS

Kaki ganda atau bawor (bawah di owor) sudah diperkenalkan semenjak lama oleh seorang pakar melalui ulasan di majalah dan beberapa tahun kemudian dipopulerkan oleh pak Sarno dengan istilah “bawor”, sehingga banyak dikenal dg nama durian bhineka bawor.

Banyak yang salah mengerti alasannya pembibit dan bahkan toko trubus sekalipun juga menjual bibit bawor yang sesungguhnya yaitu jenis monthong. Padahal jenis ini pun masih banyak lagi varian nya.

Makara kaki ganda itu, merupakan penambahan batang bawah lebih dari satu. Buat pekebun bisa memakai 3 kaki saja sudah cukup, namun untuk kolektor ada yang pasang 20 kaki buat pamer.

Batang bawah (root stock) biasanya berasal dari biji (seedling) durian lokal yang sudah bisa menyesuaikan diri dengan kondisi iklim dan tanah daerah setempat, dan kaki perhiasan juga bisa dari jenis seedling yang sama, ataupun berbeda jenis asalkan masih satu keluarga durian juga.

Kaki ganda bisa di aplikasikan pada hampir semua jenis tumbuhan tahunan, alasannya dianggap bisa memperlihatkan manfaat sbb :
  1. Perakaran semakin berpengaruh dan luas, sehingga bisa memberi nutrisi dan supply yang cantik untuk batang utama.
  2. Mengurangi risiko penyakit akar dan batang menyerupai phytophtora alasannya ada kaki cadangannya, kalau salah satu kakinya harus di amputasi.
  3. Mempercepat pertumbuhan vegetatif sehingga tumbuhan bisa cepat besar dan ketika terjadi pertumbuhan generatif, tumbuhan bisa berguru buah lebih cepat dari kondisi alamiahnya.
  4. Meningkatkan jumlah produksi baik dari segi jumlah dan ukuran buah, alasannya sistem perakaran yang banyak dan luas.
  5. Tampilan pohon jadi unik dan lebih kokoh dan kuat, apalagi kalau sudah berukuran besar.
  6. Menurut mitosnya, penggunaan kaki dari banyak sekali jenis durian berbeda, dianggap bisa menghasilkan buah yang berbeda dan lebih baik dari induk aslinya.
Namun begitu, ada juga pandangan lain yg mengingatkan beberapa hal penting dalam implementasi bawor ini, antara lain sbb :
  1. Kompatibilitas batang bawah akan mempengaruhi kualitas keunggulan batang atasnya. Bahkan bisa saja tunas batang atas tumbuh subur selama beberapa saat, sesudah itu mati kering akhir ditolak oleh batang bawah. Contohnya tumbuhan Karantongan yang di sambung susu dengan monthong, berikut ini:
  2. Peletakan rujukan sambungan kaki dibawah titik okulasi, gampang terjangkit penyakit, alasannya terlalu rendah. Ini sering diatasi dengan menciptakan kaki ganda yang tinggi memakai batang bawah yang sudah panjang.
  3. Kualitas buah duren yang dihasilkan dianggap tidak sesuai dengan aslinya, walaupun sulit juga membuktikannya, alasannya faktor perawatan dan kondisi alamiah lahan dan klimat setempat juga ikut mempengaruhinya.
Walaupun ada juga pandangan berbeda mengenai implementasi kaki ganda, namun dalam prakteknya, kaki ganda jadi pilihan favorit dan meningkatkan harga jual bibitnya alasannya proses pembuatan yang lebih sulit dan penggunaan seedling yang lebih banyak.

Sekarang bagaimana cara membuatnya? Cara menciptakan kaki ganda, menyerupai dengan cara menciptakan okulasi, jadi persiapannya sederhana saja yakni ;
  1. Siapkan pisau okulasi atau pisau apa saja asal tajam dan bersih, dan siapkan juga plastik pembungkusnya dari plastik es mambo, atau plastik buat bungkus makanan yang elastis.
  2. Setelah itu, tentu saja siapkan tumbuhan yang akan di beri kaki, dan batang bawahnya sesuai jumlah yang di inginkan. Perlu diperhatikan, bahwa sebelum dilakukan proses sambung kaki, tumbuhan harus sudah dalam keadaan segar dan subur, namun 2-3 ahad sebelumnya jangan di beri pupuk dan kurangi penyiraman biar kondisi kambium cukup tebal dan kandungan airnya rendah.
  3. Lakukan pemasangan kaki secara bertahap, maksimal 3 kaki perhiasan sekali pasang. Hal ini perlu diperhatikan mengingat prosesnya dilakukan dengan melukai batang utamanya maka harus diperhatikan biar tidak memasang banyak kaki secara bersamaan, alasannya selain sulit proses membungkusnya, juga bisa menimbulkan batang utamanya bisa stress dan mati.
  4. Tanam batang utama dan batang calon kaki dalam satu polybag, dengan susunan mengelilingi batang utama.
  5. Pada ketinggian yang sesuai dengan tingginya calon kaki, buka kulit batang utama dari kepingan bawah ke atas. Jaga biar kambiumnya tidak tergores atau rusak. Sisakan kulit yang terkelupas buat epilog batang bawah yang nanti akan disisipkan.
  6. Potong calon batang bawah dan sisipkan kepingan yang terluka menempel pada batang utama yang sudah dikupas.
  7. Lakukan hal yang sama untuk kaki yang lainnya, sepanjang luasan batang utamanya cukup untung menampung seluruh kaki yang akan dipasang.
  8. Bungkus rapat seluruh sambungan gres dimana menempel kepingan pangkal kaki yang sudah di pasang pada batang utama, biar tidak terjadi penguapan dan terhindar dari air.
  9. Tunggu hingga 4 ahad atau lebih, biar kondisi sambungan sudah menempel cukup berpengaruh dan menyatu dengan batang utamanya. Untuk kepingan sambung kaki, proses pengikatan boleh dipertahankan lebih dari 4 minggu, bisa saja dibiarkan hingga terlihat batangnya tercekik, gres dibuka. Bahkan di ikat dengan tali rafia pun juga bisa, menyerupai pohon mangga ini contohnya:
Nah karenanya anda kini punya pohon durian kaki ganda. Namun begitu saya akan sampaikan sedikit kontoversi mengenai penempatan kaki ganda.
  1. Di pasaran banyak kaki ganda yang terletak dibawah mata okulasi. Hal ini bukan salah, namun dianggap berisiko terkena penyakit yang berasal dari bawah, alasannya pertemuan kaki ganda ada sudut dan celah sempit tempat jamur penyakit dan hama bisa tumbuh subur.
  2. Disarankan menempatkan kaki perhiasan di atas mata okulasi. Hal ini bisa membantu memperkuat arsitektur tanaman, alasannya posisi kaki perhiasan ikut menyangga batang utama dengan ketinggian yang lebih baik. Untuk pekerjaan ini, akan makan waktu lebih lama, alasannya menunggu tunas okulasi tumbuh cukup besar supaya bisa dipasang kaki tambahan.
  3. Ukuran dan usia berapa kaki sebaiknya ditambahkan? Sebaiknya kaki perhiasan diberikan ketika tumbuhan masih usia muda, batangnya masih lentur dan ukuran batang yang akan dilekatkan, besarnya cukup seimbang. Beda ukuran tidak masalah, asalkan ukuran batang utama lebih besar dari batang tambahan.
  4. Kaki perhiasan boleh dipasang walaupun sudah ada kaki perhiasan sebelumnya. Letakkan kaki perhiasan yang gres diatas mata okulasi, supaya struktur tumbuhan bisa lebih cantik dan kuat.
  5. Bila nantinya buah yang dihasilkan kurang cantik alasannya bibit yang tidak sesuai dengan harapan, tidak perlu risau, alasannya anda masih bisa melaksanakan top working, dan mengakibatkan batang utama yang sudah besar tadi sebagai inter stock.
Kalau mau berguru versi videonya, bisa ngintip disini:

Sumber : gayindonesia5.blogspot.co.id, kebunmusangking.wordpress.com
Advertisement