-->

Cara Menciptakan Camilan Anggun Monas Gem Rose Biscuits

Cara Menciptakan Camilan Anggun Monas Gem Rose Biscuits
Cara Menciptakan Camilan Anggun Monas Gem Rose Biscuits
Resep Kue Monas Gem Rose Biscuits Sederhana Spesial Renyah Asli Enak. Ya kudapan anggun kering atau biskuit ini berbagai namanya dan masih termasuk jajanan tempo dulu. Mengapa disebut cemilan jadul tradisional klasik alasannya memang dulu Admin tahu sama kudapan anggun ini dari sewaktu masih kecil tahun 80 an mungkin jauh tahun-tahun sebelumnya kudapan anggun ini sudah ada, bayangkan kini tahun 2017 kudapan anggun ini masih ada banyak di jual di supermarket, swalayan, hypermart, muslimmart, alphamart, indomaret, toko-toko kudapan atau toko oleh-oleh.

 Resep Kue Monas Gem Rose Biscuits Sederhana Spesial Renyah Asli Enak CARA MEMBUAT KUE MONAS GEM ROSE BISCUITS
Gambar Kue Monas Gem Rose Aneka Warna Klasik

Masih ingat dengan kudapan anggun kering jadul ini? Kue klasik yang paling sering kita makan bab atasnya doang sewaktu kecil dulu yang ternyata namanya royal icing. Gem rose itu biskuit jaman dulu, bentuknya lingkaran mungil, dengan toping gula hambar warna-warni yang cerah, hijau, biru, kuning, pink, putih, coklat, dll. Rasa kudapan anggun ini renyah manis. Di setiap tempat kudapan anggun ini mempunyai nama yang berbeda-beda. Ada yang memanggilnya kudapan anggun monas, di Bandung dipanggil kudapan anggun kancing, gem rose, di Jogja, Yogyakarta disebut kudapan anggun udel, di Bogor disebut kudapan anggun kembang gula atau kudapan anggun gula, di Solo, Surakarta, Jawa Tengah dinamai kudapan anggun cuplis, kudapan anggun unyil bangjo di Klaten, kudapan anggun ulang tahun (mayestik), gem bunga, parem kembang di Pekalongan, kudapan anggun kering, kukis monas (monas cookies), kudapan anggun watu cincin, biskuit (biscuit), hingga Iced Gem biscuits di United Kingdonm Inggris (UK), Ada juga yang menyebutnya kukis monas. Apapun nama dari kudapan anggun kering tradisional ini tetap menjadi kenangan indah masa kecil kita semua semasa Sekolah dasar dulu SD. Kalau sejarah asal permintaan mula kudapan anggun ini belum terang siapa yang menciptakannya dan siapa yang membuatnya pertamakali dan aslinya dari tempat mana. Berikut resepi gem rose kudapan anggun monas hidangan sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan cemilan.

RESEP KUE MONAS GEM ROSE


BAHAN :
  • 300 gram mentega
  • 100 gram gula bubuk
  • 4 butir kuning telur
  • 500 gram tepung terigu protein rendah
  • 1 sdm maizena
  • 1 sdt ekstrak vanilla
CARA MEMBUAT KUE MONAS GEM ROSE :
  1. Siapkan loyang kudapan anggun kering, olesi margarin tipis-tipis. Panaskan panggangan 140 derajat celcius.
  2. Kocok mentega dan gula abu hingga lembut. Masukkan kuning telur satu persatu, kocok lagi hingga tercampur rata. Masukkan terigu, maizena dan vanilla. Aduk rata hingga dapat dibentuk. Bila gabungan masih lunak, tambahkan terigu 1-3 sdm.
  3. Gilas gabungan setebal 5mm, cetak bentuk bunga. Susun dalam loyang, panggang kurang lebih 20 menit atau hingga keemasan. Keluarkan, dinginkan di atas rak. Kukis siap dihias.

RESEP ROYAL ICING MONAS


BAHAN :
  • 50 gram putih telur
  • 300 gram gula abu bermutu baik
  • 1 sdm air jeruk nipis/lemon atau cuka dapur
CARA MEMBUAT ROYAL ICING MONAS :
  1. Kocok putih telur dengan mixer hingga berbusa, masukan gula abu secara bertahap, masukan air jeruk lemon/cuka, kocok terus hingga mengental dan berbentuk krim yang gampang dispuit.
  2. Bagi gabungan ke dalam 3-4 mangkok, warnai sesuka hati, aduk rata.
  3. Masukkan setiap warna kedalam plastik segitiga (piping bag).
  4. Pasang spuit bintang pada piping bag yang lain. Gunting ujung piping bag berisi royal icing, masukkan ke dalam piping bag yang sudah terpasang spuit. Semprotkan icing ke atas kukis yang sudah dingin. Biarkan atau angin-anginkan sebentar hingga icing mengeras. Simpan kukis dalam wadah kedap udara atau topples.
  5. Sajikan.
Advertisement