-->

Cara Menciptakan Camilan Elok Bulan Mooncake

Cara Menciptakan Camilan Elok Bulan Mooncake
Cara Menciptakan Camilan Elok Bulan Mooncake
Resep Kue Bulan (MoonCake) Sederhana Spesial Asli Enak. Tekstur moon cake atau masakan ringan elok bulan ini menyerupai masakan ringan elok pia atau phia yang lembut dan empuk baik di luarnya maupun belahan dalamnya. Apakah masakan ringan elok bulan atau mooncake ini halal? Sebagian ada yang mencurigai bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan masakan ringan elok bulan ini menjadi syubhat, ada juga sebagian yang mengharamkan katanya mengandung minyak babi jikalau importnya dari negara China atau Hongkong maka jenis masakan ringan elok bulan mooncake haram tapi ada masakan ringan elok bulan mooncake halal di import dari Malaysia. Andapun bisa membuatnya sendiri dengan memakai bahan-bahan yang halal yang sanggup menggantikan bahan-bahan yang sekiranya haram tersebut, contohnya moon cake dari ubi, sebaiknya bisa ditanyakan kepada yang paham menyerupai bertanya pribadi kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI). Baca Juga : Kue Keranjang

 Tekstur moon cake atau masakan ringan elok bulan ini menyerupai masakan ringan elok pia atau phia yang lembut dan empuk baik CARA MEMBUAT KUE BULAN MOONCAKE
Gambar Kue Bulan (MoonCake) Imlek

Kue Moon cake atau kita lebih erat menyebutnya masakan ringan elok bulan ya biasanya masakan ringan elok ini lebih identik ada dikala perayaan hari raya orang Tionghoa, contohnya Imlek pameran mooncake. Biasanya masakan ringan elok ini terdiri dari beberapa varian rasa antara lain kacang merah, kacang hijau, coklat dan keju. Bentuknya pada umumnya bundar menyerupai bulan tapi sekarang banyak variasinya alasannya yaitu cetakan mooncake inipun telah banyak variasinya menyerupai bentuk cetakan kotak persegi, panjang, dll. Jika bunda semuanya kangen masakan ringan elok ini bunda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah sekalian menguji kemampuan bunda menciptakan masakan ringan elok siapa tau suami makin sayang dan menjadi lahan bisnis rumahan.

Menurut situs Wikipedia. Kue bulan (Hanzi: 月餅, pinyin: yuèbǐng) yaitu penganan tradisional Masyarakat Tionghoa yang menjadi menu wajib pada perayaan Festival Musim Gugur setiap tahunnya. Di Indonesia, masakan ringan elok bulan biasanya dikenal dalam Bahasa Hokkian-nya, gwee pia atau tiong chiu pia atau tong chiu pia. Sedangkan dalam bahasa Hakka / Khek- nya, yaitu ngie̍t-piáng. Kue bulan tradisional intinya berbentuk bulat, melambangkan kebulatan dan keutuhan. Namun seiring perkembangan zaman, bentuk-bentuk lainnya muncul menambah variasi dalam komersialisasi masakan ringan elok bulan.

Sejarah asal seruan mulannya masakan ringan elok ini. Kue bulan bermula dari penganan sesajian pada persembahan dan penghormatan pada leluhur di demam isu gugur, yang biasanya merupakan masa panen yang dianggap penting dalam kebudayaan Tionghoa yang berbasis agrikultural.

Perkembangan zaman mengakibatkan masakan ringan elok bulan berevolusi dari sesajian khusus pertengahan demam isu gugur kepada penganan dan hadiah namun tetap terkait pada perayaan pameran demam isu gugur tadi.

Beberapa legenda mengemukakan bahwa masakan ringan elok bulan berasal dari Dinasti Ming, yang dikaitkan dengan pemberontakan heroik Zhu Yuanzhang memimpin para petani Han melawan pemerintah Mongol. Namun sebenarnya, masakan ringan elok bulan telah ada tercatat dalam sejarah paling awal pada zaman Dinasti Song. Dari sini, masakan ringan elok bulan dipastikan telah terkenal dan eksis jauh sebelum Dinasti Ming berdiri.

Kategori macam-macam jenis aneka kreasi dan variasi dari mooncake masakan ringan elok bulan ini, diantaranya sebagai berikut :
  • Menurut cara pembuatan : Guangdong, Beijing, Taiwan, Hongkong, Chaozhou.
  • Menurut rasa : manis, asin, pedas
  • Menurut isi : kuning telur, tausa (kacang merah), buah-buahan, kacang hijau, es krim
  • Menurut materi kulit : tepung gandum, gula dan es
Proses pembuatan masakan ringan elok bulan di Indonesia intinya berasal dari gaya pembuatan Guangdong dan Chaozhou. Juga ada lokalisasi dengan cara pencampuran bahan-bahan yang gampang didapatkan di Indonesia, semisal daun pandan sebagai perasa. Dan masih banyak lagi kategori-kategori lainnya hasil penemuan gaya pembuatan masakan ringan elok bulan gaya gres di pasaran menyerupai aneka kreasi masakan ringan elok bulan Nyonya Lauw, masakan ringan elok bulan Singkawang, Kalimantan Barat, dll. Berikut resepi kuih bulan mooncake menu sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan masakan ringan elok bulan moon cake yang enak hemat dengan harga murah meriah dari ukuran mini kecil hingga ukuran jumbo super besar.

RESEP MOONCAKE ALIAS KUE BULAN


BAHAN SYRUP :
  • 300 gram gula pasir
  • 200 gram air
  • 1 buah lemon, diiris
  • 1/2 sdm maltose (gula gandum)
  • 1/4 sdt garam
CARA MEMBUAT SYRUP KUE BULAN MOONCAKE :
  1. Semua materi diatas dimasak kira kira 1,5-2 jam hingga kental.
  2. Setelah cuek gres siap dipakai.Jika disimpan dalam toples tertutup maka bisa digunakan hingga 1 tahun.
BAHAN OLES :
  • 2 btr kuning telur
  • 1 butir telur utuh, dikocok rata dan disaring
BAHAN ISI :
  • 300 gram lotus seed (biji teratai)
  • 225 gram gula pasir
  • 225 gram minyak kacang
  • 35 gram maltose (gula gandum)
  • 15 gram ten mien fen (tepung gandum sering juga disebut tepung tang mien atau tepung kanji atau starch)
  • 1/2 sdm air abu/alkalin water atau garam alkali
  • Roasted melon seed (optional)
CARA MEMBUAT ISI KUE BULAN MOONCAKE :
  1. Rendam biji teratai dengan air bubuk kurang lebih 10 menit,
  2. Rebus biji teratai selama 30 menit.
  3. Blender biji teratai yang sudah direbus haluskan menyerupai lotus paste.
  4. Masak kembali dengan bahan-bahan lainnya, aduk hingga adonan mengering dan lepas dari pallet, dinginkan.dan lotus paste siap digunakan.
  5. Roasted melon seeds untuk gabungan lotus paste (optional).
BAHAN KULIT :

BAHAN A :
  • 180 gram terigu protein rendah (low protein)
BAHAN B :
  • 125 gram syrup
  • 45 gram minyak kacang
  • 1/2 sdm air bubuk (garam alkali)
  • 1/8 biji air lemon
  • Telur asin (optional)
CARA MEMBUAT KUE BULAN MONNCAKE :
  1. Aduk rata materi B kemudian tambahkan materi A kemudian aduk rata.Diamkan kurang lebih 5 jam, boleh lebih simpan dalam wadah plastik tertutup.
  2. Ambil adonan kulit 60 gram dan isi/lotus paste 100 gram dan 1 butir kuning telur asin (optional), kemudian bungkus. Lumuri tipis-tipis dengan terigu gres dicetak pakai cetakan masakan ringan elok bulan atau cetakan mooncake.
  3. Panggang 12 menit di dalam panggangan yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 175 derajat celcius (masing-masing panggangan beda ya jadi kenali panggangan masing-masing).
  4. keluarkan dari panggangan biarkan 2 menit gres oles dengan kuning telur, panggang dioven lagi selama 10 menit.
  5. Keluarkan dari panggangan oles lagi dengan salad oil (optional).
  6. Dinginkan mooncake,sebenarnya masakan ringan elok moon cake enak disantap sehabis 2 hari.
TIPS & TRICKS :
  • Biar permukaan halus dan rata cetakan sebaiknya ditaburi sedikit tepung terigu
Advertisement