-->

Cara Menciptakan Es Goyang Bandung

Cara Menciptakan Es Goyang Bandung
Cara Menciptakan Es Goyang Bandung
Resep Es Goyang Bandung Sederhana Spesial Asli Enak. Memang es goyang pengecap merupakan jajanan belum dewasa tempo dulu sekitar periode tahun 80-90 an sekarang makanan es krim stik tradisional klasik dan legendaris ini telah tergerus kalah bersaing dengan es krim stik modern mirip es krim walls paddle pop, es krim campina, es krim aice, dll.

Es goyang kampung atau es lilin jajanan jadul semasa kecil dulu rasanya Gurih masbodoh selayaknya makan es krim. Segarnya es goyang aneka rasa memang tak terlupakan. Apalagi ketika ini es khas Sunda Bandung itu sudah jarang ditemui di kota-kota besar mirip Bandung, Jakarta dan kota-kota besar lainnya.

 Resep Es Goyang Bandung Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT ES GOYANG BANDUNG
Gambar Es Goyang & Cetakan Box

Andapun sekarang sanggup membuatnya sendiri tanpa harus membeli tinggal sediakan bahan-bahan yang diharapkan antara lain, santan kelapa, gula pasir, dan aroma rasa yang sanggup Anda dapatkan dari materi alami mirip potongan buah orisinil atau buah segar alami mulai dari buah strawbery/stroberi, alpukat/avokad, durian/duren, nangka, cokelat, hingga kacang hijau, dll. Bisa juga memakai aroma rasa buatan dari materi sirup/sirop buatan atau essens.

Cara membuatnya tidak sulit mirip menciptakan es krim dengan peralatan modern mirip mesin es krim. Bisa dikatakan pembuatan es goyang tanpa mesin hanya memakai cetakan berbentuk kotak panjang. Secara singkat proses pengolahan es goyang sanggup dijelaskan mirip ini. Langkah pertama yaitu cara menciptakan adonan es goyang. Caranya semua materi dijadikan satu, dicampur rata dan dimasak hingga mendidih. Setelah selesai, siapkan cetakan berbentuk persegi panjang dan boks berisi kepingan es batu. Tuangkan adonan ke dalam cetakan satu persatu dan masukkan cetakan ke dalam boks berisi kepingan es batu.

Seperti namanya, jikalau ingin lekas beku, goyang-goyangkan selama kurang lebih 5 menit. Lalu, tancapkan bacokan sate atau stik es krim. Tujuan menggoyang yaitu semoga es cepat membeku secara merata, alasannya pada bagaian bawah cetakan es terdapat air dengan potongan-potongan es serta pelengkap garam di dalamnya. Es goyang untuk ketika ini mempunyai banyak sekali macam varian rasa ada rasa pandan, es goyang coklat, strawberry, ketan hitam, es goyang kacang hijau atau kacang ijo, kelapa muda, nangka, alpukat hingga durian, dll.

Santapan masbodoh khas Sunda ini siap dicicipi bersama belum dewasa atau cocok juga disajikan untuk pesta Anda di rumah. Ada juga versi es goyang Betawi. Berikut kumpulan aneka resepi es goyang sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal dengan simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan perjuangan bisnis es goyang.

RESEP ES GOYANG BANDUNG


BAHAN :
  • 50 gram tepung hunkwe
  • 500 ml santan kelapa orisinil (dari 1 butir kelapa)
  • 70 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt cokelat bubuk
BAHAN TOPPING :
  • Es batu
  • Coklat cair
  • Kacang
CARA MEMBUAT ES GOYANG BANDUNG :
  1. Campurkan semua materi ke dalam satu wadah, yaitu santan kelapa, gula pasir, garam, daun pandan, serta juga cokelat bubuk.
  2. Bahan – materi ini dimasak di atas api kecil dan terus diaduk – aduk semoga santan tidak pecah. Masak hingga adonan ini mendidih.
  3. Setelah masak, Anda sanggup mulai menyiapkan sebuah cetakan khusus untuk es ini yang bentuknya persegi panjang. Siapkan juga box / kotak yang diisi dengan kepingan es watu dan garam.
  4. Jika cetakan sudah siap, tuangkan adonan yang telah masak tadi ke dalam cetakan, kemudian masukkan cetakan yang sudah berisi adonan es ini ke dalam box yang berisi kepingan es dan garam tadi.
  5. Kemudian, goyang – goyangkan saja box / cetakan es ini. Perhatikan juga proses penggoyanannya. Pastikan digoyang dengan tepat, yakni tidak terlalu keras atau pelan. Karena, bila goyangnya terlalu keras, maka hasil es nya akan kurang bagis. Tapi kalau digoyang dengan cara terlalu pelan, maka es akan semakin usang jadi.
  6. Jika sudah hampir jadi, jangan lupa untuk menancapkan stik kayu khusus es krim kemudian tunggu hingga es krim jadi.

Artikel Tambahan Supaya Komplit

Nah, es Istimewa goyang ini ternyata tak hanya begitu saja dinikmati. Anda pun sanggup merasakan es ini dalam balutan rasa topping yang lezat. Misalnya saja, Anda sanggup mencelupkannya kembali dengan coklat masak cair. Anda juga sanggup menciptakan pasta kacang yang menciptakan sendiri.

Siapa tak kangen kepada es unik ini? Ya, es goyang atau ada pula yang menyebutnya sebagai es lilin memang bikin kangen. Disebut es lilin alasannya bentuknya panjang mirip lilin, meski bekerjsama es ini berbentuk batangan. Disebut es goyang alasannya proses pembuatannya memang harus digoyang-goyang.

Makanan es goyang merupakan es krim stik tradisional orisinil Indonesia, cara pembuatan es goyang stick ini juga cukup unik yaitu dengan cara di goyang-goyang semoga es cepat membeku.

Cara menciptakan es goyang ini terbuat dari banyak sekali gabungan materi pangan khas Indonesia yaitu dari santan kelapa asli, gula pasir, garam, es watu dan beberapa pelengkap pangan mirip buah strawberry, daun pandan dan cokelat bubuk selain itu ada juga coklat cair dan kacang untuk topping.

CARA MEMBUAT ES GOYANG SEDERHANA :
  1. Semua materi dicampur menjadi satu, dicampur rata dan dimasak hingga mendidih dan dengan cara diaduk-aduk terus semoga santan tidak pecah dan mensugesti rasa.
  2. Setelah selesai, siapkan cetakan berbentuk persegi panjang dan boks berisi kepingan es watu dan garam.
  3. Tuangkan adonan ke dalam cetakan es goyang satu per satu dan masukkan cetakan ke dalam boks berisi kepingan es watu dan garam.
  4. Proses penggoyangan juga harus diperhatikan, apabila terlalu keras hasil es nya pun kurang anggun demikian juga kalau terlalu pelan, es akan usang jadinya.
  5. Jika ingin lekas beku, goyang-goyangkan selama kurang lebih 5 menit.
  6. Kemudian tancapkan bacokan sate atau stik es krim.
  7. Untuk memperlihatkan cita rasa yang lebih, es batangan ini dicelupkan ke dalam cokelat cari yang tipis, kemudian ditaburi cincangan kacang tanah sangrai yang renyah.

Contoh Peluang Usaha Es Goyang

Es goyang NISSI yaitu Es Goyang dibentuk dengan materi dasar santan, gula dan buah asli. Hanya kami dan spesialisasi kami menciptakan es goyang yang mempunyai rasa lebih dan lebih berasa buahnya dan segarnya. Lebih Enak dan Gurih. Modern dan bersih serta menyehatkan.

Seperti Menikmati buah orisinil dalam kesejukan dan dinginnya es, alasannya didalam es goyang terdapat butiran-butiran buah orisinil dan es yang menyegarkan.Enak dinikmati baik ekspresi dominan panas ataupun dingin.

Dibuat dari buah orisinil pilihan dengan menurut jenis, berat, umur, dan dari lokasi tertentu Dengan proses yang lebih berbeda dan sedikit resep belakang layar ditambah proses yang lebih modern yang menunjang kehigienisan dan kecepatan sehingga menghasilkan es goyang nissi yang enak. Lezat dan gurih, dan yang niscaya menciptakan pengecap bergoyang. Tanpa Bahan Pengawet dan Pewarna. Dibuat dari Gula Asli.
Advertisement