-->

Cara Menciptakan Mayonaise Sendiri

Cara Menciptakan Mayonaise Sendiri
Cara Menciptakan Mayonaise Sendiri
Resep Mayonaise Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak. Dalam menciptakan saos saus mayonaise atau mayonese, bahkan sering disebut mayo saja pada beberapa masakan, contohnya pada kuliner siomay mayo. Mayonaise sendiri sanggup dibentuk tanpa mustard, sebab memang ada mayonaise tanpa mustard biasanya diganti dengan sari buah lemon.

 Resep Mayonaise Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan  CARA MEMBUAT MAYONAISE SENDIRI
Gambar Homemade Mayonnaise Putih (white)

Mayonaise, atau sering disebut mayo saja, merupakan saus yang kental, biasanya berwarna putih, krem, atau kuning muda, yang biasanya dipakai sebagai suplemen dalam kuliner menyerupai burger, salad, kentang goreng, sandwich, takoyaki, kuliner mayonaise hokben, dan masih banyak lagi.

Saya termasuk penggemar mayonaise sebab rasanya yang gurih dan creamy. Makan sandwich atau burger apalagi salad buah atau salad sayur dengan banyak saus mayonaise rasanya lebih enak.

Menurut situs Wikipedia. Mayones atau mayonais (mayonnaise) yaitu salah satu jenis saus atau saos yang dibentuk dari materi utama minyak nabati, telur ayam dan cuka. Mayones umumnya dipakai sebagai perasa pada kuliner menyerupai selada salad atau sandwich. Mayones ada yang hanya menggunakan kuning telur saja atau menggunakan sari buah lemon atau mustard sebagai perasa.

Di Amerika Utara, mayones dipakai sebagai olesan sandwich, saus untuk french fries di Eropa (terutama di Belanda, Belgia, Luxemburg dan telah meluas ke Inggris, Perancis, sebagian Kanada dan Australia). Di Perancis mayones dipakai sebagai saus makan telur rebus atau hidangan ayam dingin, sedangkan di Jepang dipakai sebagai saus banyak sekali macam kuliner menyerupai okonomiyaki, yakisoba, takoyaki, udang kering furai dan pizza.

Mayones termasuk saus dalam kuliner Perancis, sehingga mayones sanggup dijadikan banyak sekali materi dasar untuk menciptakan beraneka ragam saus hirau taacuh dan dressing menyerupai :
  • Aioli: mayones dari minyak zaitun yang dicampur bawang putih
  • Saus tartar: mayones dengan asinan ketimun dalam botol dan bawang bombay, tetapi kadang kala juga ditambah capers, buah zaitun dan lumatan telur rebus
  • Russian dressing (Marie Rose sauce): mayones dengan saus tomat, yogurt dan krim kental
  • Saus Thousand Island: Russian dressing dengan pickles dan rempah-rempah
  • Fry sauce: adonan mayones, rempah-rempah, saus tomat dan saus berwarna merah yang lain (Tabasco atau Buffalo wing) sebagai saus untuk french fries
  • Mayonesa: mayones rasa lime, umum dijual di Amerika Utara di toko materi kuliner Meksiko atau Spanyol.
Sejarah asal permintaan mula namanya. Menurut Oxford English Dictionary, mayones pertama kali dipakai dalam buku kuliner berbahasa Inggris pada tahun 1841. Mayones konon diciptakan oleh mahir masak (chef) Perancis yang berjulukan Louis François Armand du Plessis, duc de Richelieu pada tahun 1756 untuk merayakan kemenangan Perancis merebut pelabuhan Mahon (ibu kota Minorca di Kepulauan Balearic). "Mahón" merupakan ejaan Bahasa Perancis untuk pelabuhan Mahon sehingga saus yang diciptakan berjulukan "sauce mahónnaise" (saus dari Mahon). Sauce mahónnaise merupakan asal permintaan kata "mayonnaise", tetapi dongeng ini konon kurang sanggup dipercaya.

Sumber lain yang lebih sanggup dipercaya menyampaikan nama sauce Mayonnaise diambil dari nama Charles of Lorraine, Duke of Mayenne asal barat bahari Perancis. Konon saus hirau taacuh yang dimakan bersama ayam oleh Charles de Lorraine, duc de Mayenne disebut "Mayennaise".

Cara pembuatan atau pengolahan mayonaise. Ada banyak sekali macam cara pembuatan mayones. Mayones biasanya dibentuk dari adonan minyak, kuning telur, cuka, garam dapur dan mustard. Alat pengocok mayones sanggup berupa handmixer, food processor, blender, atau dikocok secara manual dengan menggunakan pengocok telur atau garpu.

Mayones juga sanggup dibentuk dari putih telur saja asal dikocok dengan kecepatan tinggi menggunakan food processor. Tekstur dan rasa mayones yang dihasilkan juga menyerupai dengan mayones dari kuning telur.

Pada resep tradisional Perancis, minyak zaitun atau minyak safflower sebagai materi utama pembuat mayones.

Mayones buatan sendiri mengandung kadar lemak hingga 85%, sedangkan mayones produksi pabrik mengandung kadar lemak sekitar 70-80%. Mayones rendah lemak mengandung tepung dan materi pengisi lain untuk menggandakan mayones yang asli.

Mayones dibentuk dari kuning telur mentah sehingga sanggup menjadikan sumber bengkak salmonela. Pastikan telur sudah dicuci bersih dan gunakan telur yang masih segar kalau ingin menciptakan mayones sendiri. Mayones buatan sendiri hanya tahan beberapa hari di dalam lemari es.

Sejarah mayonese produksi pabrik. Toko kuliner segar (delicattesen) Richard Hellmann di New York merupakan toko pertama yang menjual mayones dalam toples pada tahun 1905. Mayones buatan Nyonya Hellmann dipasarkan secara besar-besaran pada tahun 1912 dengan merek Hellmann's Blue Ribbon Mayonnaise.

Pada ketika yang hampir bersamaan, Best Foods mulai menjual mayones di pantai barat Amerika sebagai tentangan Hellmann's Mayonnaise yang berjaya di pantai timur. Best Foods membeli merek Hellman pada tahun 1932 dan kedua merek menjadi tetap menjadi penguasa pangsa pasar mayones di pantai barat dan pantai timur Amerika Serikat hingga sekarang.

Di cuilan tenggara Amerika Serikat, Nyonya Eugenia Duke dari Greenville, South Carolina pada tahun 1917 mendirikan perusahaan berjulukan Duke's Product Company yang menjual sandwich. Mayones buatan Nyonya Eugenia Duke menjadi sangat populer sehingga menjadi satu-satunya produk andalan yang dijual perusahaan. Mayones Nyonya Eugenia Duke dibeli oleh perusahaan C.F. Sauer pada tahun 1929. Sampai kini Duke's Mayonnaise tetap merupakan mayones lokal yang tidak dijual di wilayah lain di Amerika dan satu-satunya mayones Amerika yang tidak mengandung gula.

Mayones Jepang dibentuk dari cuka beras dan memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dari mayones barat yang dibentuk dari cuka hasil distilasi. Mayones Jepang bukan dijual di dalam toples, melainkan di dalam botol plastik tipis tembus pandang yang sanggup dipencet. Mayones merupakan salah satu bumbu dalam kuliner Jepang. Pure Select produksi Ajinomoto dan Kewpie yaitu dua merek mayones yang menguasai pangsa pasar dalam negeri Jepang. Dalam bahasa Jepang, penggemar berat mayones yang selalu menambahkan mayones ke dalam semua kuliner yang dimakan disebut mayora. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi mayonnaise sauce sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple, mudah dan simpel untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka mayo.





RESEP MAYONAISE SEDERHANA TANPA MUSTARD


BAHAN :
  • 2 btr kuning telur
  • 1/2 sdt garam
  • 290 ml minyak zaitun/minyak jagung, sanggup diganti dengan minyak kelapa/kelapa sawit
  • 1 sdm air jeruk lemon/nipis
  • 1 sdt saus mustard atau tanpa mustard
CARA MEMBUAT MAYONAISE SEDERHANA TANPA MUSTARD :
  1. Kocok kuning telur, garam, serta mustard denagn mixer kecepatan rendah hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan minyak zaitun atau minyak jagung setetes demi setetes, biarkan setetes tersebut tercampur rata, kemudian masukkan setetes lagi. (lakukan setetes demi setetes).
  3. Bila adonan telah mengembang atau kaku, masukkan perasan air jeruk lemon dan kocok hingga tercampur rata. Anda tidak perlu khawatir sebab sesudah air jeruk dicampurkan, maka adonan akan turun.
  4. Bila terlalu kental mayonaisenya, tambahkan saja 1-2 sdm air mendidik dan kocok lagi hingga rata.
  5. Sajikan bersama salad atau kuliner lain.
TIPS & TRICKS :
  • Tips semoga sukses dalam pembuatan mayonaise inilah rahasianya yang harus diperhatikan yaitu pada ketika percampuran minyak zaitun atau minyak jagung nya, harus dilakukan setetes demi setetes hingga tetes terakhir. Cara yang paling mudah yaitu dengan memasukkan minyak tersebut kedalam botol cuka atau kecap yang ujungnya berlubang kecil.
  • Selain itu perlu juga diperhatikan pada kecepatan mikser (mixer) yang harus konstan hingga mayonnaise selesai dibuat.
  • Satu lagi yang perlu diperhatikan dan tak kalah pentingnya dalam cara menciptakan mayonaise ini atau mayo ini yaitu kocokan kuning telur juga harus mengembang sebelum memasukkan minyak zaitun atau minyak jagung tersebut.
Saat ini, aneka kreasi olahan dan variasi mayonaise instan sachet atau kemasan botolan memang sudah banyak sekali tersedia di pasaran dengan banyak sekali brand dan cita rasa macam-macam. Namun bagi Anda yang ragu-ragu dengan kualitasnya, dan menentukan untuk menciptakan sendiri di rumah krim pencelup bermacam-macam kuliner enak ini! Caranya pun mudah banget bahan-bahannya pun hemat dan murah meriah sebab sanggup dibentuk mayonaise tanpa mustard dan tanpa telur (eggless), bahkan Anda sanggup menciptakan sesukanya dengan berkreasi, contohnya menciptakan mayonaise alpukat, mayonaise kuning, mayonasie putih, mayonaise pedas, dan aneka rasa mayonaise lainnya. Anda bahkan sanggup menentukan bahan-bahan paling berkualitas kalau mau, sehingga tak takut bila Si Kecil turut merasakan mayonaise sehat dan bersih tanpa pengawet buatan tangan Anda sendiri.

RESEP MAYONAISE RUMAHAN


BAHAN BAKU :
  • 2 kuning telur
  • 1 sdm mustard
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada
  • Minyak zaitun/sayur atau minyak jagung
PERALATAN :
  • Pengocok telur
  • Mangkuk
CARA MEMBUAT MAYONAISE RUMAHAN :
  1. Kocok kuning telur perlahan dan campurkan bahan-bahan bumbu sembari terus mengocok.
  2. Kocok rata semua materi dasar sebelum mulai menambahkan minyak.
  3. Setelah rata, tambahkan setetes demi setetes minyak zaitun ke dalam adonan kuning telur.
  4. Kocok terus hingga adonan mulai mengental dan sedikit naik.
  5. Setelah telur cukup mengental, tambahkan minyak lebih cepat dari sebelumnya. Terakhir, sesudah mayonaise kira-kira mulai terbentuk menyerupai yang diharapkan, sanggup ditambahkan air perasan lemon atau cuka sekitar 1 sendok makan.
TIPS & TRICKS :
  • Pilih minyak zaitun ringan atau light olive oil, minyak kacang tanah, atau minyak sayur ketika menciptakan mayones. Hindari menggunakan minyak zaitun berjenis extra virgin sebab rasanya terlalu kuat.

RESEP MAYONAISE ALA IRENESKITCHENBWI


By : Ireneskitchenbwi

BAHAN :
  • 2 butir kuning telur
  • 30-40 gram gula pasir atau sesuaikan selera
  • Garam sejumput
  • 240 gram minyak, minyak yang dipakai sanggup minyak goreng biasa, minyak kedelai, minyak jagung, atau olive oil minyak zaitun
  • 1/2 - 1 sdt cuka masak atau sesuaikan selera
  • 1 sdt mustard (jika ada) bila tidak ada sanggup buat mayonese tanpa mustard
  • 3-4 sdm air panas (siapkan terakhir saja kalau memang diperlukan)
CARA MEMBUAT MAYONAISE ALA IRENES :
  1. Kocok kuning telur bersama gula pasir dan garam hingga mengental dengan mixer kecepatan rendah.
  2. Tambahkan minyak bertahap ke dalam kocokan kuning telur. Lebih baik minyak sudah disiapkan dalam wadah menyerupai gelas ukur atau botol, jadi sembari ajun menjalankan mixer, tangan kiri menuangkan sedikit minyak.
  3. Menuangkan minyaknya sedikit saja ya. kira-kira 1/2 sendok teh. Kocok dulu hingga rata benar, gres tambahkan lagi 1/2 sendok teh, demikian seterusnya.
  4. Lama kelamaan akan terbentuk adonan yang kental. Ketika minyak sudah tinggal kira-kira separuh dari jumlah awal, gres sanggup dituangkan agak lebih banyak.
  5. Setelah minyak habis, akan terbentuk adonan yang sangat kental. Tambahkan cuka secukupnya. Cicipi rasanya hingga didapatkan rasa yang pas sesuai selera.
  6. Tambahkan 1 sendok teh mustard kalau ada atau punya. Pada ketika menciptakan kemarin, saya belum memiliki mustard, jadi tidak menggunakannya. padahal akhirnya manis kalau pakai mustard.
  7. Pada ketika ini, mayonaise akan sangat kental. Karena saya akan menggunakan sebagai saus yang sanggup dituang, bagi saya adonan masih terlalu kental. Karena itu siapkan air panas di gelas. Kocok lagi adonan dengan mixer, sambil tambahkan air panas kira-kira 1 sendok makan saja. Adonan akan mengencer. Jika masih kurang encer, sanggup ditambahkan lagi air panas, hingga diperoleh kekentalan yang diinginkan. Kemarin saya menggunakan sekitar 3 sendok makan air panas untuk mencapai mayonaise yang kekentalannya pas.
  8. Hasil cukup untuk memenuhi 1 botol saus ukuran sedang.
TIPS & TRICKS :
  • Jika bisa, diusahakan menggunakan mustard. Ternyata pengaruhnya cukup besar dengan adanya mustard ini. Sebelum mustard dimasukkan, adonannya kental sekali.
  • Kemarin waktu menciptakan kedua kali, sesudah ditambahkan mustard ternyata pribadi mengubah teksturnya jadi lembut dan pas kekentalannya.
Advertisement