-->

Cara Menciptakan Pempek Kapal Selam Palembang Isi Telor

Cara Menciptakan Pempek Kapal Selam Palembang Isi Telor
Cara Menciptakan Pempek Kapal Selam Palembang Isi Telor
Resep Pempek Kapal Selam Palembang Sederhana Spesial Isi Telor Asli Enak. Proses tahap pembuatan empek-empek Kapal Selam isi telur khas Palembang paling enak kali ini dibagi menjadi 3 materi yaitu materi A , B dan C ini dimaksudkan semoga anda gampang membagi pikiran dan membagi tahapannya. Atau Anda dapat gunakan resep dasar adonan pempek mudah yang sudah kita buat sebelumnya resepnya ada pada artikel sebelumnya. Termasuk diam-diam pempek lembut dan empuk ada pada komposisi adonan tepung memakai adonan sagu tani semoga pempek tidak keras mpek-mpek nya dengan rasa yang gurih dan enak mantap dari NCC.

 Resep Pempek Kapal Selam Palembang Sederhana Spesial Isi Telor Asli Enak CARA MEMBUAT PEMPEK KAPAL SELAM PALEMBANG ISI TELOR
Gambar Pempek Kapal Selam

Ukuran bentuk pempek kapal selam ikan atau tanpa ikan tergantung selera Anda dapat dibuat pempek kapal selam mini sederhana, sedang, bahkan pempek kapal selam jumbo atau besar. Begitupun dengan problem bumbu adonan pempek supaya pempek atau mpek-mpek menjadi lebih gurih. Pada umumnya pempek kapal selam isi telur yang teksturnya lembut dan empuk tidak kenyal. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi pempek kapal selam ikan tenggiri atau pempek isi telur yang enak hidangan sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis kedai pempek atau warung empek-empek.





RESEP PEMPEK KAPAL SELAM


BAHAN A :
  • 25 gram tepung terigu
  • 100 cc air (air matang atau mentah)
  • 1 sdm garam dapur halus.
BAHAN B :
  • 500 gram daging ikan tenggiri (bila di pasar sekitar anda tidak dijual jenis ikan ini anda dapat menggantinya dengan ikan gabus, atau ikan belida yang pipih). Kemudian haluskan ikan tersebut. Lalu bekukan di lemari es sebelum anda gunakan sebagai adonan dasar pempek. Ingat ini penting justru disinilah rahasianya. Trus siapkan 1 butir telur ayam yang sudah dikocok. Juga siapkan 100 cc air putih. Sekian untuk materi B. Berikutnya siapakan materi C.
BAHAN C :
  • 400 gram tepung tapioka alias tepung kanji. Juga sediakan Telur ayam untuk dijadikan isian pempek kapal selam secukupnya saja. Demikian materi C cukup dua materi itu aja ya. Berikutnya mari kita lanjut ke inti, yakni cara menciptakan pempek kapal selam orisinil palembang.
CARA MEMBUAT PEMPEK KAPAL SELAM :
  1. Campurkan materi A menjadi satu dalam satu wadah. kemudian silakan Aduk sehingga adonannya mengental. Ini diam-diam adonan pempek kapal selam enak. Masukkan adonan yang gres saja dibuat kedalam lemari es atau kulkas selama kurang lebih 30 menitan. Kemudian lanjut ke materi B.
  2. Ambil daging tenggiri yang sudah kita bekukan kemudian didiamkan sebentar biar lunak sampe tidak keras lagi. Lalu Campurkan telur ayam dan ikan ke dalam wadah baru. kemudian tambahkan air putih secukupnya dan Aduk-aduklah hingga tercampur rata.
  3. Proses Menangani Bahan A, B dan C berikut langkah-langkah dan tahapannya :
  4. Setelah proses diatas kita lakukan, maka tahap selanjutnya ialah : mencampur materi A dan materi B kedalam satu wadah. Lalu Aduklah, sehingga tercampur dengan baik dan rata. Berikutnya Masukkan materi C. tepung tapioka bertahap dan jangan lupa adonannya sambil diaduk aduk pakai tangan. Jangan terlalu usang mengaduk-aduk alasannya akan menciptakan pempek menjadi keras.
  5. Setelah itu, jadilah adonan yang sudah siap untuk dibuat menjadi bentuk pempek kapal selam. Jangan lupa lumurilah tangan dengan tepung tapioka Agar adonannya tidak lengket di tangan.
CARA MEMBENTUK PEMPEK KAPAL SELAM :
  1. Bulatkan adonan sebesar bola tenis, kemudian tekan tengahnya dengan tangan hingga berbentuk mangkuk kecil. Ingat ketebalan “mangkuk”-nya cukup sedang jangan terlalu tipis lantaran isinya dapat keluar ketika dimasak.
  2. Masukkan telur ke dalam lubang “mangkuk”, tapi jangan terlalu penuh, supaya “mangkuk”nya dapat ditutup kembali. Setelah diisi gres Tutup rapat dengan menekan-nekan katup “mangkuk” dengan ujung jari sehingga membentuk pempek kapal selam.
CARA MEREBUS PEMPEK KAPAL SELAM YANG BAIK DAN BENAR :
  1. Adonan pempek yang sudah dibuat tadi kita rebus. Masukkan ke dalam air mendidih. dan satu lagi Rahasia penting merebus pempek kapal selam.
  2. Tambahkan minyak goreng secukupnya ke dalam air mendidih semoga pempek tidak lengket satu sama lain ketika direbus. Rebuslah hingga matang dengan ciri: adonannya mengambang di atas permukaan air. Setelah itu, angkat dan tiriskan dengan alat peniris.
TEKNIK MENGGORENG PEMPEK KAPAL SELAM :

CARA MENGGORENG PEMPEK KAPAL SELAM :
  1. Gorenglah pempek empat hingga lima biji jangan bikin kuali anda penuh alasannya dapat lengket satu sama lain. Gorenlglah hingga kekuning-kuningan kemudian angkat.
  2. Silahkan habiskan semua adonan, masukkan semua ke kuali. Berikutnya kita akan bikin cuka/cuko pempek atau kuah pempek kental.
CARA MEMBUAT KUAH CUKO/CUKA PEMPEK KAPAL SELAM :

CARA MEMBUAT CUKO PEMPEK :
  1. Rebuslah gula merah sebanyak 1 kg dan tiga (3) sendok teh asam jawa. Atau anda dapat menggantinya dengan cuka makanan.
  2. Air rebusannya sebanyak 2 liter. Rebuslah hingga gula merahnya larut.
  3. Tahap berikutnya ialah memasukkan cabai rawit beberapa biji sesuai dengan selera pedas anda. Juga masukkan ke dalam rebusan gula tadi: bawang putih sebanyak 200 gram dan tentu saja yang sudah dihaluskan. Masukkan garam dapur halus secukupnya. Rebuslah cuko selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, angkat cukonya dan masukkan ke dalam mangkuk.
  4. Untuk menciptakan kuahnya menjadi lebih segar, sailakan Tambahkan pecahan mentimun dengan potong dadu kecil-kecil, lengkapi juga dengan udang udang kering halus jikalau ingin lebih pedas tambahkan cabai atau sambal boleh cabai bubuk atau cabai sambal.

RESEP PEMPEK KAPAL SELAM VERSI II

RESEP PEMPEK KAPAL SELAM ISI TELUR ENAK


BAHAN :
  • 500 gram ikan fillet (Tenggiri, Gabus, Belida)
  • 500 gram tepung sagu/tepung tapioca (siapkan lebih)
  • 6-8 butir telur
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • Air
CARA MEMBUAT PEMPEK KAPAL SELAM ISI TELUR ENAK :
  1. Giling daging ikan, dimasukkan FP aja biar cepet:). Setelah itu tempatkan dalam mangkuk hingga kita tau banyaknya ikan.
  2. Pindahkan ke dalam baskom, tambahkan air 1/2 mangkuk dari mangkuk yang dipakai untuk mengukur ikan sebelumnya. Campur ikan, air, garam, dan gula hingga rata.
  3. Beri tepung sambil diuleni hingga menjadi adonan yang dapat dibentuk. Sembari itu panaskan air dalam panci hingga mendidih, sesudah mendidih kecilkan api.
  4. Pecahkan telur dan tempatkan dalam gelas kecil untuk memudahkan proses penuangan.
  5. Lumuri tangan dengan tepung, ambil segenggam adonan. Bentuk bundar sebesar bola tenis kemudian gunakan jari telunjuk dan tengah dr asisten yang sudah dilumuri tepung untuk membentuk lubang sambil terus berputar hingga dihasilkan bentuk ibarat gelas/cangkir. Isikan telur ke dalamnya, hati2 telur jangan hingga mengenai permukaan atas adonan lantaran adonan akan sulit merekat. Isikan telur 3/4 dari lubang, kemudian rapatkan atasnya, segera masukkan ke dalam air rebusan. Biarkan hingga mengapung, angkat kemudian kukus 10 menit.
  6. Angkat dan dinginkan. Goreng sebentar ketika akan disajikan.
Advertisement