-->

Cara Menciptakan Racikan Pakan Burung Lovebird

Cara Menciptakan Racikan Pakan Burung Lovebird
Cara Menciptakan Racikan Pakan Burung Lovebird
Resep Cara Meracik Pakan Burung Love Bird Berkualitas Sederhana Spesial Buatan Sendiri Rumahan (Homemade) Asli Enak. Milet ialah makanan burung atau pakan yang sangat digemari burung pemakan biji-bijian menyerupai kenari, finch, parkit, dan lovebird. Pakan ini mempunyai kandungan nutrisi tinggi untuk burung peliharaan. Milet dapat diberikan dalam aneka macam cara penyajian, termasuk dicampur dengan materi pakan lain biar dapat meresap ke dalam bijinya sebelum dikonsumsi burung. Milet racikan bernutrisi tinggi ini dapat menciptakan burung lebih sehat, lebih aktif, dan lebih rajin berbunyi atau bersuara merdu banget.

 Resep Cara Meracik Pakan Burung Love Bird Berkualitas Sederhana Spesial Buatan Sendiri Ru CARA MEMBUAT RACIKAN PAKAN BURUNG LOVEBIRD
Gambar Burung Lover Bird

Pakan milet racikan sebetulnya sudah usang dikenal kalangan penggemar burung di mancanegara atau di luar negeri, dan sering dipakai untuk menjaga kondisi burung-burung yang sedang ditangkarkan. Berikut ini kumpulan aneka resepi cara menciptakan dan meracik milet racikan untuk burung pemakan biji-bijian menyerupai burung kenari, love bird, dll yang kaya protein dan nutrisi lainnya sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan praktis.

RESEP MILLET RACIKAN SENDIRI


BAHAN :
  • Milet, dosis tergantung kebutuhan.
  • Beberapa butir telur ayam.
  • Beberapa buah tulang sotong.
CARA MEMBUAT MILLET RACIKAN :
  1. Sebelum digunakan, milet sebaiknya dikeringkan dulu biar kulit kerasnya dapat menyerap bahan-bahan pakan lainnya dan masuk ke dalam bijian. Pengeringan dapat dilakukan dengan dijemur di bawah terik matahari selama beberapa jam, atau memakai panggangan listrik dengan suhu sekitar 150 derajat C dan dipanggang selama 3 – 5 menit.
  2. Setelah kulitnya kering, milet gampang menyerap bahan-bahan pakan yang dicampurkan bersamanya. Karena itu, sehabis dikeringkan, milet disimpan dalam mangkuk atau piring, sambil menunggu proses pengolahan materi pakan lainnya.
  3. Sekarang kita Cuci telur dengan air bersih. Selanjutnya, pecahkan dan kumpulkan isinya dalam satu wadah atau mangkuk. Aduk sampai semua bab telur bercampur secara merata.
  4. Kulit telur / kerabang / cangkang tidak perlu dibuang, tetapi dikumpulkan dan dikeringkan dengan cara dipanggang dalam panggangan selama beberapa menit.
  5. Setelah kering, cangkang telur diblender sampai menjadi tepung.
  6. Siapkan tulang sotong, kemudian ambil bab tengah berwarna putih, kemudian diblender sampai menjadi tepung. Adapun kulit tulang sotong yang keras dibuang saja.
  7. Campurkan semua materi (bubuk cangkang telur dan abu tulang sotong) ke dalam campuran telur yang sebelumnya sudah disiapkan, kemudian aduk sampai semua materi tercampur merata.

RESEP MERAMU PAKAN SENDIRI


Lantas, bagaimana cara terbaik meramu fumayin dalam pakan burung kesayangan kita? Berikut penulis sajikan beberapa pola cara meramunya: Ramuan ini umumnya dipakai untuk burung kenari.

BAHAN :
  • 250 gram jagung
  • 500 gram kedelai
  • 500 gram kacang hijau
  • 250 gram tepung bekatul
  • 50 gram tepung biji fumayin
  • 1 gram bird mineral
CARA MEMBUAT RACIKAN PAKAN BURUNG LOVE BIRD :
  1. Tumbuk jagung, kedelai, dan kacang hijau sampai menjadi tepung, sangrai tepung bekatul, dan campur sampai rata tepung-tepung tersebut dengan perbandingan tepung jagung 1 bagian, tepung kedelai 2 bagian, tepung kacang hijau 2 bagian, tepung bekatul 1 bagian,
  2. kemudian tambahkan tepung fumayin dan bird mineral.
CARA LAIN PENGGUNAAN FUMAYIN :
  1. Tepung fumayin dicampurkan pada pakan jadi/voer pabrikan dengan perbandingan 5 gram tepung fumayin untuk setiap 2,5 ons voer jadi. Diaduk perlahan secara merata biar voer tidak hancur.
  2. Tepung fumayin sebanyak 1 gram, diberi air mendidih sekitar 20 ml (sekitar 5 sendok makan), diaduk kemudian didinginkan. Airnya dipakai untuk air minum burung, sedangkan endapannya dapat dileletkan ke buah, atau dikeringkan lagi untuk dicampurkan ke pakan burung kenari atau lovebird biar dimakan.
Advertisement