-->

Cara Menciptakan Acar Nanas

Cara Menciptakan Acar Nanas
Cara Menciptakan Acar Nanas
Resep Acar Nanas Sederhana Spesial Pedas Asli Enak. Acar nanas sering kita lihat menjadi suplemen nasi kebuli sebagai isian untuk program Yasinan. Acar nenas ini bukan sembarang acar tapi acar yang termasuk acar komplit dengan bahan-bahan yang termasuk lengkap, menyerupai buah timun, wortel, dan bengkoang menyerupai dengan resep acar merah atau resep acar nanas Arab sebagai isian nasi kebuli untuk Yasinan. Acar nanas dan timun ini termasuk jenis acar matang atau acar masak menyerupai acar kuning yang bahan-bahan dan bumbu-bumbunya melalui proses dimasak terlebih dahulu.

Tahu kan dengan buah nanas?. Menurut situs Wikipedia pengertian dan defenisi Buah nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) yaitu sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple alasannya yaitu bentuknya yang menyerupai pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun banyak sekali serangga juga mempunyai tugas yang sama.

 Resep Acar Nanas Sederhana Spesial Pedas Asli Enak CARA MEMBUAT ACAR NANAS
Gambar Acar Nanas Kuah Pedas

Model Sungkul Tangga dengan motif gesekan buah nenas pada rumah Banjar di Kalimantan Selatan. Buah nanas sebagaimana yang dijual orang bukanlah buah sejati, melainkan campuran buah-buah sejati (bekasnya terlihat dari setiap 'sisik' pada kulit buahnya) yang dalam perkembangannya tergabung bahu-membahu dengan tongkol (spadix) bunga majemuk—menjadi satu 'buah' besar. Nanas yang dibudidayakan orang sudah kehilangan kemampuan memperbanyak secara seksual, namun ia membuatkan tumbuhan muda (bagian 'mahkota' buah) yang merupakan sarana perbanyakan secara vegetatif. nanas meningkatkan pencernaan dan mengurangi jerawat. Di Indonesia, provinsi Lampung merupakan kawasan penanaman nanas utama, dengan beberapa pabrik pengolahan nanas juga terdapat di sana.

Acar nanas yaitu biasa juga disebut asinan bisa disajikan mentah bahkan matang atau masak yang terdiri dari bahan-bahan menyerupai ketimun, wortel, bengkoang, dll. Biasanya dibentuk dengan rasa pedas, manis, asin, asem bercampur menjadi satu. Acar pada umumnya pakai cuka dan ada juga tanpa cuka makan. Acar biasa dipakai sebagai suplemen kuliner masakan China maupun masakan khas Arab. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi acar nenas pedas komplit menu sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) dengan simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis rumah makan dan restoran ala cafe resto siap saji.





RESEP ACAR NANAS CAMPUR


BAHAN ACAR :
  • 1/2 buah nanas kupas, buang bab kerasnya, potong kecil-kecil
  • 1 buah mentimun jepang, belah 4, buang bijinya, potong 1 cm
  • 1/2 buah bengkuang, iris batang korek api
  • 1 buah wortel, iris batang korek api
KUAH ACAR :
  • 10 buah cabe merah, buang bijinya, gerus kasar
  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 1 sdm cuka
  • Garam halus secukupnya
CARA MEMASAK ACAR NANAS CAMPUR :
  1. Cuci higienis bahan-bahan dan bumbu-bumbu acar dengan air bergaram, tiriskan.
  2. Cara Membuat Kuah Acar Nanas : Campur semua bahan, kecuali cuka, aduk rata, masak dengan api kecil sampai mendidih. Angkat dan diamkan sebentar sampai uap panas berkurang.
  3. Masukkan materi acar ke dalam kuahnya, tambahkan cuka, tutup wadah, dan diamkan selama 2 jam. Simpan dalam lemari pendingin sebelum digunakan.
  4. Sajikan untuk 4 Porsi.
Advertisement