-->

Cara Menciptakan Binte Biluhuta Khas Gorontalo

Cara Menciptakan Binte Biluhuta Khas Gorontalo
Cara Menciptakan Binte Biluhuta Khas Gorontalo
Resep Binte Biluhuta Khas Gorontalo Sederhana Spesial Asli Enak. Provinsi Gorontalo dikenal sebagai kawasan penghasil jagung anggun yang populer di Indonesia. Makara tidak heran kalau kuliner dan jajanan khas Gorontalo kebanyakan berbahan dasar jagung, ibarat kuliner Gorontalo binte biluhuta alias resep milu siram komplit yang super enak ini.

 Resep Binte Biluhuta Khas Gorontalo Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT BINTE BILUHUTA KHAS GORONTALO
Gambar Binte Biluhuta Cakalang

Binte Biluhuta yaitu jagung yang disiram alias jagung siram atau milu siram kuah, binte artinya jagung sedangkan biluhuta artinya disiram. Bagi Masyarakat Gorontalo, Palu, Manado, Sulawesi Utara kuliner ini lebih dikenal dengan sebutan milu siram yang masih tergolong aneka kreasi olahan jagung anggun tradisional dan masih termasuk macam-macam jenis aneka bubur jagung manis atau sup jagung (corn soup).

Menurut situs wikipedia kuliner Binte Biluhuta (Milu Siram atau Sup Jagung) yaitu kuliner khas masyarakat Gorontalo. Makanan ini merupakan sup yang terdiri dari jagung, ikan atau udang yang di racik sedemikian rupa hingga menghasilkan suatu sajian yang sangat enak dan panas serta mempunyai tiga rasa yang khas yakni manis, asin dan pedas. Dalam Bahasa Indonesia Binte yang artinya jagung dan orang Gorontalo sering menyebutnya Milu sedangkan Biluhuta artinya disiram jadi kalau diartikan namanya menjadi jagung yang disiram. Karena berbahan dasar jagung, kuliner ini sanggup menghancurkan kolesterol khususnya kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Kandungan karotenoid, bioflavonoid, dan vitamin C dalam jagung bekerja sebagai pengendali kadar kolesterol dan meningkatkan anutan darah dalam tubuh.

Menurut majalah kesehatan laki-laki remaja mensheatlh Makanan yang berasal dari kawasan Gorontalo ini memakai materi jagung sebagai bintang utamanya. Ini yaitu salah satu senjata terbaik yang sanggup Anda gunakan untuk menghancurkan kolesterol - khususnya kolesterol jahat (LDL) dalam badan Anda. Kandungan karotenoid, bioflavonoid, dan vitamin C dalam jagung bekerja sebagai pengendali kadar kolesterol dan meningkatkan anutan darah dalam tubuh. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari penyakit-penyakit kardiovaskular dan gangguan fungsi hati.

Cara menciptakan kuliner binte miluhuta ini cukup gampang dan praktis, pertama-tama biji jagung anggun dipisahkan dari batangnya atau tongkol jagung dicampur dengan kuah yang telah dibumbui dengan banyak sekali rempah-rempah khusus serta dicampur dengan parutan kelapa, kemudian diberi komplemen gabungan seafood, ibarat udang atau sumwiran daging ikan cakalang. Berikut kumpulan belakang layar aneka kreasi dan variasi olahan resepi milu siram binte biluhuta lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis rumah makan kuliner ala Gorontalo.

RESEP BINTE BILUHUTA


BAHAN :
  • 2 buah jagung anggun (550 gram), dipipil
  • 2.000 ml air
  • 1 buah cabe merah, diiris bulat
  • 4 buah cabe rawit merah, diiris bulat
  • 6 butir bawang merah, diiris tipis
  • 200 gram udang kupas
  • 2 1/2 sendok teh garam
  • 2 1/2 sendok teh gula pasir
  • 75 gram kelapa parut kasar
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 5 tangkai kemangi, diambil daunnya
  • 2 buah tomat segar, dipotong-potong
CARA MEMASAK BINTE BILUHUTA :
  1. Rebus air, jagung manis, cabe merah, cabe rawit merah, dan bawang merah hingga mendidih.
  2. Tambahkan udang, garam, dan gula pasir. Masak hingga matang.
  3. Masukkan kelapa parut, air jeruk nipis, dan daun kemangi. Masak hingga matang.
  4. Menjelang diangkat, tambahkan tomat. Aduk rata.
  5. Sajikan untuk 8 porsi dengan komplemen sambal pedas, jeruk nipis, dan bawang goreng renyah.
Advertisement