-->

Cara Menciptakan Daging Sapi Beef Teriyaki Halal

Cara Menciptakan Daging Sapi Beef Teriyaki Halal
Cara Menciptakan Daging Sapi Beef Teriyaki Halal
Resep Daging Sapi Beef Teriyaki Halal Sederhana Spesial Asli Enak. Pada resep kuliner kali ini berbahan dasar daging sapi (beef teriyaki) dengan saus teriyaki, tentu Anda sanggup menggantinya dengan daging kambing atau daging domba. Tekstur daging sapi lebih lembut dan empuk dibanding daging kambing, asal kita sanggup mengolahnya daging akan menjadi empuk dan lembut dengan rasa yang lebih lezat. Baca Juga : Resep Sapi Lada Hitam

 Resep Daging Sapi Beef Teriyaki Halal Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT DAGING SAPI BEEF TERIYAKI HALAL
Gambar Beef Teriyaki Halal

Daging teriyaki biasa disebut beef teriyaki memang resep aslinya memakai materi utama daging sapi, menyerupai beef teriyaki ala hokben. Kini banyak yang memodifikasinya diganti materi ayam (chicken teriyaki), tahu teriyaki, udang, ikan, kambing atau domba, dll.

Menurut situt Wikipedia Teriyaki (照り焼き, てりやき?) ialah cara memasak kuliner Jepang yang dipanaskan atau dipanggang dan dilapisi dengan kecap dan sake/mirin/gula beraroma rasa. Sewaktu sedang menciptakan teriyaki, bahan-bahan kuliner yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki hingga beberapa kali hingga betul-betul masak. Di Jepang, materi yang banyak digunakan pada kuliner teriyaki ialah ikan (salem, tongkol, mackarel, trout, marlin), sedangkan di luar Jepang digunakan banyak sekali jenis daging (ayam, sapi, babi), atau cumi-cumi maupun materi dari ubi konnyaku.

Asal kata teriyaki berasal dari kata teri (照り?) yang artinya bersinar (karena mengandung gula dari tare (タレ?)), dan kata yaki (焼き?) yang artinya dibakar atau dipanggang. Tare merupakan gabungan dari kecap, sake/mirin, dan gula/madu yang dipanaskan.

Di negara-negara muslim, dimana sake dianggap haram, sanggup digantikan dengan gula merah dan/ madu. Pada resep-resep tertentu tepung kentang diganti dengan tepung maizena dan ditambah jahe, bawang putih, air jeruk nipis. Di Jepang sendiri ada yang resepnya disederhanakan menjadi kecap manis, gula, dan tepung kentang. Kini ada banyak olahan yang memakai saus teriyaki sebagai andalannya. Berikut resep daging sapi teriyaki lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (homemade).

RESEP DAGING TERIYAKI


BAHAN :
  • 300 gram daging gandik, diiris tipis lebar ukuran lebar 5 cm
  • 2 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 1 buah bawang bombay, dipotong panjang lebar
  • 2 cm jahe, dimemarkan
  • 3 buah cabe hijau besar, dibuang biji, dipotong kotak 2cm
  • 4 sendok makan kecap teriyaki sanggup gunakan brand saori
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica debu sanggup gunakan lada putih dan lada hitam
  • 300 ml air
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
CARA MEMASAK DAGING TERIYAKI :
  1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang bombay, jahe, dan cabe hijau hingga harum.
  2. Tambahkan irisan daging. Aduk hingga berubah warna.
  3. Tambahkan kecap teriyaki, garam, merica. Aduk rata.
  4. Tuang air. Masak hingga meresap.
  5. Sajikan untuk 4 porsi.
Advertisement