-->

Cara Menciptakan Camilan Bagus Lupis Singkong Ubi Kayu

Cara Menciptakan Camilan Bagus Lupis Singkong Ubi Kayu
Cara Menciptakan Camilan Bagus Lupis Singkong Ubi Kayu
Resep Kue Lupis Singkong Sederhana Spesial Asli Enak. Kue lopis atau lupis ini masih tergolong camilan bagus berair tradisional jajanan pasar yang telah langkah tergerus dengan makanan dan jajanan aneka camilan bagus - camilan bagus modern. Kue lupis berasal dari mana? Konon katanya lupis ini berasal dari Pulau Madura dan Jawa Timuran, akan tetapi camilan bagus lupis ini hampir ditemukan di setiap kawasan yang aku kunjungi, menyerupai ada lupis bali, lupis betawi. Biasanya camilan bagus lupis terbuat dari beras ketan yang dimasak dan dibungkus daun pisang. Cara makannya diberi taburan kelapa diatasnya dan tuangkan saus kinca atau kuah gulah merah untuk pemanis. Mungkin ini resep camilan bagus lapis singkong lebih tepatnya atau mungkin ini olahan singkong terbaru di resep camilan bagus lupis. Berikut photo camilan bagus lupis singkong by Dapur Comel Selma.

 Resep Kue Lupis Singkong Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KUE LUPIS SINGKONG UBI KAYU
Gambar Kue Lupis Singkong Dapur Comel

Kue lupis sering juga disebut Kue lopis yaitu makanan khas Indonesia terutama area Jawa. Lupis yaitu camilan bagus manis yang terbuat dari beras ketan putih pada umumnya dan ada juga lupis yang terbuat dari beras ketan hitam, bahkan ada yang diberi warna ijo untuk camilan bagus lupis hijau, sekarang telah dibuat aneka kreasi olahan camilan bagus lupis singkong, camilan bagus lupis ubi jalar, dll. Dapat menambah kemanisannya dengan adanya kelapa parut dan gula aren. Biasanya dimakan pada dikala sarapan atau teman minum teh pada sore hari.

Dahulu bentuknya segitiga, tetapi alasannya sulit untuk cara membungkusnya, maka dibuat bundar memanjang dengan daun pisang. Berikut aneka resepi camilan bagus lupis singkong ubi kayu hidangan sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri dan untuk jualan perjuangan masakan aneka camilan bagus berair tradisional.





RESEP KUE LUPIS SINGKONG


BAHAN :
  • 500 gram singkong, lalu kupas bersihkan dan diparut
  • 135 gram kelapa muda/sedang, lalu diparut
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang untuk membungkus
BAHAN SAUS KINCA :
  • 150 gram Gula merah
  • 1,5 sendok makan Gula pasir
  • 60 ml Air
  • Daun pandan
BAHAN TABURAN :
  • Parutan kelapa muda/sedang campur sedikit garam dan daun pandan lalu kukus sebentar, secukupnya
CARA MEMBUAT KUE LUPIS SINGKONG :
  1. Campurkan singkong parut, kelapa parut dan garam lalu aduk sampai merata.
  2. Siapkan pecahan daun pisang lalu masukan gabungan sesuai selera dan bungkus.
  3. Jika sudah kukuslah sampai matang.
  4. Campurkan semua materi untuk menciptakan saus kinca lalu rebus sampai mengental.
  5. Cara penyajian Kue Lupis Singkong : Iris-iris Kue Lupis singkong lalu taburi dengan kelapa parut dan saus kinca.
Advertisement