-->

Cara Menciptakan Camilan Elok Pukis Khas Banyumas

Cara Menciptakan Camilan Elok Pukis Khas Banyumas
Cara Menciptakan Camilan Elok Pukis Khas Banyumas
Resep Kue Pukis Khas Banyumas Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak. Kue pukis Banyumas ini banyak bermain di varian aneka rasa dan masih masuk tergolong makanan ringan cantik berair tradisional dengan sentuhan dan aneka kreasi modifikasi modern. Kue pukis ini juga dapat disebut makanan ringan cantik pukis aneka topping. Kurang tahu juga apa bedanya dengan makanan ringan cantik pukis Bandung, makanan ringan cantik pukis Bangka, makanan ringan cantik pukis Jogja, makanan ringan cantik pukis Jawa, makanan ringan cantik pukis Jakarta, makanan ringan cantik pukis Arab, dll. Mungkin ukurannya yang mini atau kecil mungkin memakai cetakan makanan ringan cantik pukis ukuran unyil. Entahlah bedanya apa yang terang makanan ringan cantik pukis rasa manis. Kalau dari bentuk makanan ringan cantik pukis ada yang bentuk lingkaran dan panjang menyerupai makanan ringan cantik pancong atau makanan ringan cantik bandros tergantung cetakan yang digunakan.

 Resep Kue Pukis Khas Banyumas Sederhana Spesial Lembut dan Empuk Asli Enak CARA MEMBUAT KUE PUKIS KHAS BANYUMAS
Gambar Kue Pukis Khas Banyumas Bulat

Pukis Banyumas istimewa ini sempat ngetren dan ngetop di NCC, pribadi enak, bogasari, Blue band, dan hidangan sedap. Apa bedanya dengan makanan ringan cantik pukis biasa atau pukis original yang dijual oleh Abang-abang gerobak?. Kita ketahui makanan ringan cantik pukis santan dan pukis tanpa santan ini banyak macam-macam dan aneka jenisnya ada pukis Bangka, makanan ringan cantik pukis pandan hijau/ijo, pukis coklat, pukis coklat keju, pukis kismis, pukis cokalt meises warna warni, pukis kurma, dll. Berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan resepi resep makanan ringan cantik pukis Banyumas Jawa hidangan istimewa yummy dan lembut lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple mudah dan mudah mudah step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis aneka makanan ringan cantik pukis tradisional dan modern aneka topping.





RESEP KUE PUKIS BANYUMAS

Resep by : Rina Rinso

BAHAN :
  • 375 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 lbr daun jeruk purut, dapat tambahkan daun pandan 2 lbr
  • 1/4 sdt garam
  • 2 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 250 gram terigu serbaguna/protein sedang
  • 1/4 bungkus (4 gram) ragi/yeast instan
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 75 ml susu kental cantik putih
  • 100 gram margarin blueband, cairkan
  • 15 gram mentega wijsman, cairkan
  • 1/2 sdm coklat bubuk, larutkan dalam 1 sdm air panas
CARA MEMBUAT PUKIS KHAS BANYUMAS :
  1. Rebus santan, daun jeruk dan garam hingga mendidih sambil diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. Angkat dan biarkan hangat. Saring dan buang daun jeruknya. Masukkan susu kental cantik dan aduk hingga rata.
  2. Campur materi kering menyerupai terigu, yeast dan vanili bubuk, sisihkan.
  3. Dalam wadah besar kocok telur dan gula memakai mixer speed tinggi hingga putih, kental dan mengembang. Masukkan adonan terigu berselang-seling dengan santan hangat sambil dikocok dengan mixer speed rendah hingga rata. Awali dan akhiri dengan tepung.
  4. Masukkan margarin dan mentega cair, kocok lagi dengan speed rendah hingga rata (aduk balik pake spatula juga boleh). Tutup wadahnya dan fermentasikan di kawasan hangat selama 1 jam hingga mengembang.
  5. Bagi adonan jadi 2 bagian. Satu bab diberi larutan coklat dan sisanya putih/plain. Siapkan cetakan pukis, olesi dengan minyak goreng tipis-tipis dan panaskan dengan api kecil.
  6. Tuang adonan putih setinggi 1/2 cetakan, menyusul adonan coklat hingga 3/4 penuh. Tutup dan panggang hingga permukaannya kering/matang.
  7. Sajikan untuk 40-50 buah.
TIPS & TRICKS :
  • Pukis yang masih panas jangan ditumpuk-tumpuk supaya tidak gepeng alasannya dikala panas tekstur pukis sangat empuk dan lembut.
  • Resep di atas memakai terigu serbaguna semua dan akhirnya sangat lembut. Jika ingin agak padat/keras, dapat dicampur terigu protein tinggi, silahkan sesuaikan komposisinya.
  • Jika mau tambah mantap beri potongan keju yang cukup besar di pukis kejunya.
Advertisement