-->

Cara Menciptakan Es Sop Buah Bandung Istimewa Segar

Cara Menciptakan Es Sop Buah Bandung Istimewa Segar
Cara Menciptakan Es Sop Buah Bandung Istimewa Segar
Resep ES Sop Buah Bandung Sederhana Spesial Pakai Kuah Susu Segar Asli Enak Untuk Jualan. Jika di Bandung minuman segar sederhana enak ini namanya sop/soup buah susu di kota lain disebut resep es buah apapun namanya rasanya sama-sama sedap dan mempunyai khas masing-masing tapi pada dasarnya sama-sama mempunyai kuah makanya disebut sop atau sup. Tips Untuk jenis buah yang digunakan sesuai selera, aneka kreasi dan buah-buahan yang gampang dicari atau banyak yang jual dipasar tradisional maupun supermarket modern. Ada juga yang memodifikasi sop buah dengan menambahkan variasi aneka rasa campur istimewa ibarat yoghurt, kacang goreng, kacang merah, durian, stroberi (strawberry), es teler lezat, santan, buah naga, buah naga merah dan buah naga putih, dll. Ada juga yang suka bikin sajian sop buah sederhana atau simple dengan beberapa buah saja dan sirup botolan, susu, air gula dan es cube, es serut atau es kerikil dll. Resep sop buah yang paling enak mulai dari resep pak ewok, pak oyen, dll. Pada bulan mulia ramadhan es buah ini ramai diburu pembeli omset meningkat hingga beberap kali lipat sebagai hidangan pembuka sajian berbuka puasa ataupun sebagai dessert pencuci mulut.

 Resep ES Sop Buah Bandung Sederhana Spesial Pakai Kuah Susu Segar Asli Enak Untuk Jualan CARA MEMBUAT ES SOP BUAH BANDUNG SPESIAL SEGAR
Gambar Sop Buah Susu Segar

Apa perbedaan sop buah dan es buah segar? Katanya kalau sop buah segar itu mempunyai ciri khas lebih lengkap buahnya dan kuahnya merah keruh alasannya yaitu dicampur syrup marjan dan susu kental manis, sedangkan es buah jumlah adonan buahnya lebih sedikit dengan kuah bening ibarat pada es buah koktail yang kuah bening, biasanya menggunakan buah pepaya, buah nanas, buah melon, dll. Namun sekarang bedanya sudah tipis dan terkadang sudah tidak ada bedanya lagi yang terang penyebutannya lebih ke sop buah Bandung, sedangkan di kawasan lain menyebutnya es buah. Es yang digunakanpun terkadang sesuai selerah ada yang memberinya es kerikil dan ada juga menggunakan es serut atau es kerikil yang diserut menggunakan alat serut es kerikil atau es balok dan ada juga yang menggunakan es kapsul atau es cube.

Contoh pengertian es buah berdasarkan situs Wikipedia. Es buah yaitu dessert koktail es buah Indonesia. Minuman cuek dan anggun ini terbuat dari buah dadu yang dipotong dadu, ibarat melon, melon, nanas, pepaya, squash, nangka dan kolang kaling (Arenga pinnata fruit), dicampur dengan es serutan atau es batu, dan dipermanis dengan gula cair atau sirup. Jenis buah yang digunakan dalam makanan epilog ini sanggup bervariasi, beberapa mungkin menambahkan buah yang tersedia ibarat mangga, semangka atau lengkeng - beberapa buah impor - ibarat lychee, kiwi, stroberi, pir, buah persik atau anggur. Bahan lainnya sanggup ditambahkan juga, ibarat agar-agar jeli, rumput jeli, rumput maritim atau nata de coco.

Es buah dalam bahasa Inggris fruits Ice yaitu minuman yang terkenal di kalangan orang Indonesia, terutama pada bulan Ramadhan sebagai pilihan terkenal untuk berbuka puasa atau sebagai sajian takjil untuk berbuka puasa di kalangan umat Islam Indonesia. Hal ini sangat ibarat dengan es campur dan es teler meski dengan isi yang berbeda. Sedangkan sejarah dan asal-usulnya belum jelas.

Di Bandung namanya sop buah sedangkan di kawasan lain namanya es buah sama saja, cuma yang membedakan dari adonan buah yang digunakan untuk sop buah menggunakan macam-macam buah yang lebih lengkap alias komplit. Kalau di Jakarta es campur ciming terkenal enak dari jaman dulu, kalau di Bandung resep es Oyen. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi es sop buah susu segar sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) beserta gambarnya yang simple gampang dan mudah irit harga murah meriah untuk konsumsi sendiri atau untuk perjuangan jualan bisnis aneka es buah ala Abang kakak pakai gerobak atau warung es buah laku anggun tanjung kimpul.





RESEP SOP BUAH


BAHAN :
  • 300 gram buah anggur pilihan, masing-masing dibelah dua
  • 100 gram daging buah avokad atau alpukat, dipotong-potong
  • 100 gram buah melon, dikerok panjang
  • 100 gram buah lontar, dipotong-potong
  • 500 ml air
  • 300 gram es serut
Baca Juga Artikel Menarik : Resep Es Teler

BAHAN SIRUP :
  • 200 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 1 1/2 sdm air jeruk nipis
CARA MEMBUAT SOP BUAH BANDUNG SPECIAL :
  1. Sirup, rebus air dan gula pasir di atas api kecil hingga larut dan mengental. Angkat.
  2. Tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata. Dinginkan.
  3. Campur anggur, avokad, melon, dan lontar. Aduk rata.
  4. Tambahkan sirup dan es serut. Sajikan.
  5. Sajikan sop buah orisinil untuk 6 porsi kenyang banget boleh ditambah susu.
Advertisement