-->

Cara Menciptakan Kentang Mustofa Renyah Kriuk

Cara Menciptakan Kentang Mustofa Renyah Kriuk
Cara Menciptakan Kentang Mustofa Renyah Kriuk
Resep Kentang Mustofa Renyah Goreng Kering Garing Pedas Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak. Kentang Mustofa yakni jenis olahan kentang goreng kering krispi sambal balado Istimewa populer di Bandung yang diiris tipis-tipis seukuran lidi korek api rasanya dapat diadaptasi selera contohnya pedas, gurih asin, manis tidak pedas, atau pedas manis, atau super pedas hot, sebagai sajian pendamping nasi ataupun buat cemilan sepakat banget Bunda. Kalau kawasan lain ada aneka kreasi dan variasi lain contohnya dikombinasikan atau dicampur dengan kacang tanah goreng, tempe goreng, bahkan ada juga dengan ikan teri goreng. Namun berbeda dengan kentang mustofa khas Sunda yang telah menjadi cemilan favorite di Bandung.

 Resep Kentang Mustofa Renyah Goreng Kering Garing Pedas Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KENTANG MUSTOFA RENYAH KRIUK
Gambar Kentang Mustofa Renyah Goreng Kering Garing

Sejarah atau asal permintaan kentang mustofa goreng kering ini masih kelam dalam arti masih misteri siapa yang membuat kuliner selezat ini dan segaring ini yang terperinci kentang renyah garing ini selalu ada pada program prasmanan hajatan kenduri dan pesta hingga program aqiqah anak dan selamatan serta masuk ke dalam daftar sajian catering di jasa catering service Bandung, khususnya di tanah Sunda, menyerupai Bandung dan kawasan Jawa Barat lainnya malah urang Sunda menyebutnya dengan kentang Mustopah sedangkan di kawasan lain ada yang menamainya Ben Cok. Malah katanya orisinil namanya yakni dengan sebutan Mustopa dan risikonya keren dengan nama Mustofa. Kita tidak perlu pusing asal mula namanya anggap saja yang menemukan kuliner kentang goreng ini yakni Pak Mustofa atau mungkin Bu Mustofa yang jago memasak tingkat tinggi atau sekedar nama impulsif saja. Ada dugaan hanya sekedar Merk dagang jualan kentang kering yang sudah berjulukan mustopa di Ciamis, jauh sebelum tahun 1960 katanya aku juga belum lahir.

Baca juga : Resep Kentang Tumbuk

Tidak heran banyak sekali versi resep kentang mustofa balado pun bermunculan di Internet mulai dari hanya menebak-nebak dan mereka-reka baik dari penggunaan kentang, bumbu yang dipakai dan proses pembuatannya yang rumit, pake kapur sirih, dll, padahal membuat kentang kering itu sangat sederhana dan gampang sekali kata ncc, dilema sebutan nama bebaslah mau mustopa, mustofa, abdullah, ahmad, bahkan pakai nama sunda Asep atau Sule, alasannya yakni aku yakin semua orang dapat membuatnya walaupun rasanya dan tingkat kerenyahannya berbeda tapi kita hargai masakan kita. Setuju? kalau sepakat silahkan coba resep kentang kering mustofa alias kentang mustofa atau kentang goreng renyah garing dan crispy lengkap dengan proses dan panduan step by step anti gagal dan niscaya berhasil, alasannya yakni resep ini sudah dicoba di dapur Carabuatresep dan berhak tampil secara elegan tanpa bekgron ledakan di blog CBR yang super keren ini. Selamat bikin kentang goreng sendiri di rumah sambil nonton pertandingan sepak bola final piala presiden Persib Vs Sriwijaya FC 18 Oktober 2015. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi kentang mustofa baka renyahnya tanpa kapur sirih sajian sedap istimewa, NCC lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal dan anti melempem yang simple, gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis warung makan, rumah makan bahkan restoran ala cafe resto siap saji.





RESEP KENTANG MUSTOFA


BAHAN UTAMA :
     Resep Kentang Mustofa Renyah Goreng Kering Garing Pedas Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KENTANG MUSTOFA RENYAH KRIUK
    Alat Vegetable Cutting/Cutter atau Alat Pemotong Sayur
  • 4 buah kentang ukuran besar, kupas, parut, dan basuh higienis hingga air bening, tiriskan hingga kering (parut memakai alat vegetable cutting atau vegetable cutter alat pemotong sayur manual) tapi hati-hati memakai alat ini jangan hingga tangan Bunda ikut keparut.
  • 250 gram teri putih goreng, tiriskan (ini boleh tidak pakai)
BUMBU HALUS :
  • 10 buah cabai merah
  • 8 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 4 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam halus
  • Penyedap rasa gurih bila suka
  • Blender tanpa air atau ulek disini aku menentukan dengan cara diulek tradisional
BAHAN PELENGKAP :
  • 200 gram kacang tanah goreng (boleh tidak pakai)
  • Minyak goreng untuk menggoreng
CARA MEMBUAT KENTANG MUSTOFA KERING RENYAH :
  1. Panaskan wajan atau kuali penggorengan hingga panas tuangkan minyak goreng. Tunggu hingga panas segera goreng kentang tanpa sering dibolak balik cukup 2-3 kali balik supaya tidak gosong saja.
     Resep Kentang Mustofa Renyah Goreng Kering Garing Pedas Kriuk Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KENTANG MUSTOFA RENYAH KRIUK
    Gambar Tips Cara Menggoreng Kentang Mustofa Agar Renyah
  2. Biarkan hingga warna kentang menguning, Angkat, tiriskan.
  3. Tuang minyak masukkan kacang goreng, serai, kalau suka kemudian bumbu giling.
  4. Matikan api tuang kentang goreng, aduk bumbu pelan-pelan.
  5. Biarkan di kuali beberapa menit. Angkat dan masukkan kedalam toples atau tupperware kedap udara kalau sudah dingin.
TIPS & TRICKS :
  • Perlu diperhatikan dalam merendam kentang atau mencuci kentang jangan tambahkan GARAM atau zat apapun. Garam bersifat air pada ketika digoreng garam akan memuai dalam panas dapat mengakibatkan kentang akan menjadi lengket dan menggumpal.
  • Cukup basuh kentang hingga benar-benar higienis tandanya hingga air cucian bening, alasannya yakni endapan dalam kentang ketika dicuci tersebut yakni sejenis sari dari kentang atau tepung kentang, kalau proses mencuci tidak higienis kentang tidak higienis kentang akan lengket ketika digoreng.
  • Pada bumbu giling/ulek jangan menambahkan air ketika menggiling bumbu, alasannya yakni ketika digoreng dan tercampur dengan kentang dipastikan kentang akan melempem ketika final pembuatan kentang mustofa.
  • Insha Allah hasil dari kentang goreng ini tidak alot atau melempem dan renyah tahan usang hingga 1 bulan, warna cantik, minyak tidak menempel.
Advertisement