-->

Cara Menciptakan Klepon Ubi Ungu

Cara Menciptakan Klepon Ubi Ungu
Cara Menciptakan Klepon Ubi Ungu
Resep Klepon Ubi Ungu Sederhana Spesial Asli Enak. Ubi ungu salah satu jenis dari ubi jalar. Biasanya kudapan manis klepon terbuat dari singkong ubi kayu. Kini kudapan manis klepon ubi ungu lebih ngehit dan terkenal dibanding klepon ketan putih atau klepon ketan hitam, klepon labu kuning, klepon ubi kuning, klepon ubi putih, klepon ubi kayu, klepon tepung ketan putih, klepon tepung ketan hitam, klepon tepung beras rose brand, dll. Keunggulan kudapan manis klepon ubi ungu terletak pada tampilan warna ungu (purple) yang unik dan menarik dibanding pesaingnya, selain itu teksturnya tidak kalah lembut dan empuk, apalagi ditambah lumernya gula merah atau gula Jawa yang manis meledak di dalam lisan dengan taburan kelapa parut segar menambah kelezatan dari kudapan manis ini. Berani coba?.

 Resep Klepon Ubi Ungu Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KLEPON UBI UNGU
Gambar Klepon Ubi Ungu Kemasan Jualan

Pada umumnya Klepon salah satu kudapan manis tradisional itu berwarna hijau daun pandan atau ijo daun suji dengan isi gula merah tapi kali ini tampil dengan warna yang berbeda tidak lagi memakai daun suji dan daun pandan tetapi kali ini klepon memakai ubi ungu salah satu varian ubi jalar sehingga menghasilkan warna yang tak kalah manis dari klepon - klepon dari materi lainnya.

Menurut situs Wikipedia. Klepon atau kelepon ialah nama sejenis masakan tradisional atau kudapan manis tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar kudapan manis berair tradisional dan aneka kreasi dan variasi olahan modern ibarat kudapan manis klepon isi coklat, isi keju meleleh, dll. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibuat ibarat bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah kemudian direbus dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak kemudian digelindingkan di atas parutan kelapa biar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Sedangkan berdasarkan laman blog addakhil wordpress. Klepon ialah sebuah masakan tradisional yang terbuat dari beras ketan yang di bentuk ibarat bola bola kecil dengan isi gula jawa kemudian direbus dalam air mendidih kemudian disajikan dengan parutan kelapa. Kira-kira ibarat itulah defenisi pengertian klepon.

Sedangkan di Sumatera, Padang dan di Malaysia, kudapan manis klepon disebut "onde-onde" misalnya onde onde Padang khas onde mande, sedangkan di Jawa dan penggalan lain di Indonesia penganan yang disebut Onde-onde ialah bebola tepung beras berisi campuran kacang hijau yang dibaluri biji wijen. Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dan kerancuan dalam mengartikan onde-onde. Klepon biasa dijajakan dengan getuk dan cenil (juga disebut cetil) sebagai kudapan di pagi atau sore hari. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau, perlu ditambahkan materi pewarna dari daun suji atau daun pandan. Berikut resep kudapan manis klepon ubi ungu yang gampang dan mudah lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade). Dengan resepi ini siapa tahu Anda dapat mendapat ide dan pandangan gres membuka perjuangan bisnis kudapan manis klepon untuk mendapat income embel-embel dengan berniaga.

RESEP KLEPON UBI UNGU


BAHAN :
  • 200 gram ubi ungu kukus, haluskan
  • 125 gram tepung ketan putih
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh air kapur sirih
  • 75 ml santan hangat dari 1/4 butir kelapa
  • Daun pisang untuk sudi
BAHAN ISI :
  • 75 gram gula merah sisir
BAHAN PELAPIS, KUKUS :
  • 100 gram kelapa parut kasar
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam
CARA MEMBUAT KLEPON UBI UNGU :
  1. Campur ubi ungu, tepung ketan putih, dan garam. Masukkan air kapur sirih dan santan hangat sedikit - sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  2. Ambil sedikit adonan. Pipihkan. Beri isi. Bentuk bulat.
  3. Rebus dalam air mendidih hingga mengapung. Tiriskan.
  4. Gulingkan di materi pelapis yang sudah dikukus.
  5. Tata diatas daun sudi.
  6. Sasjikan untuk 38 buah.
Advertisement