-->

Cara Menciptakan Makanan Ringan Elok Ape Pandan Hijau Khas Betawi

Cara Menciptakan Makanan Ringan Elok Ape Pandan Hijau Khas Betawi
Cara Menciptakan Makanan Ringan Elok Ape Pandan Hijau Khas Betawi
Resep Kue Ape Pandan Hijau Sederhana Renyah Khas Betawi Spesial Asli Enak. Kue ape Crispy ini di jual oleh Abang-abang Betawi, Jakarta, Bandung dan Jawa. Kue ini ada banyak kreasi maupun variasinya, hanya saja yang terkenal ialah yang berwarna hijau pandan dan daun suji asli, kata ncc. Kue Ape ini juga termasuk jenis aneka camilan anggun lembap tradisional orisinil Indonesia yang proses pembuatannya sederhana, gampang dan mudah sangat cocok untuk masakan pada program arisan keluarga atau kumpul keluarga di rumah ditemani segelas kopi nikmat. So very special.

 Resep Kue Ape Pandan Hijau Sederhana Renyah Khas Betawi Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KUE APE PANDAN HIJAU KHAS BETAWI
Gambar Kue Ape Ijo

Kue ape krispi ini berdasarkan tumpuan situs Wikipedia sering disebut camilan anggun Serabi Jakarta ialah jajanan khas betawi orisinil dari Jakarta. Bentuknya mirip pancake. Karena bentuknya, orang juga menyebutnya sebagai camilan anggun tetek. Kue istimewa yang biasa dijajakan di pinggir jalan, di depan sekolah dan depan mall oleh abang2 ini dibentuk dari tepung terigu yang dicampur dengan susu. Saat ini dijual dengan banyak sekali variasi warna dan taburan di atasnya (keju atau coklat meses) dan mungkin suatu ketika akan mengikuti jejak camilan anggun cubit green tea aneka topping yang telah terkenal lebih dahulu. Anda juga sanggup menciptakan camilan anggun ape warna-warni pelangi (rainbow).

Sajian sedap camilan anggun ape tradisional ini rasanya manis, yummy dan busuk yang didapat dari harumnya daun pandan ijo, walaupun ada camilan anggun ape putih yang tidak memakai pandan tapi kalah terkenal dengan camilan anggun ape ijo/hijau yang lembut dan empuk di tengah namun kering renyah dan krispi dipinggirannya. Ayo mulai memasak berguru bikin camilan anggun ape renyah sendiri di rumah. Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuih ape pandan hijau/ijo khas Betawi orisinil sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simple, gampang dan mudah untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan camilan anggun ape ala Abang-abang pakai gerobak keliling atau mangkal di kaki lima.





RESEP KUE APE


BAHAN :
  • 3 butir telur (telor ayam/bebek, sesuai selera)
  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 85 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 12 ml air daun suji (dari 12 lembar daun suji + 2 lembar daun pandan)
  • 4 tetes pasta pandan (boleh tidak pakai)
CARA MEMASAK KUE APE :
  1. Campur tepung beras, tepung terigu, baking powder, dan garam jadi satu.
  2. Masukkan gula dan tambahkan setengah bab air sedikit-sedikit, uleni selama 15 menit hingga rata.
  3. Masukkan air daun suji sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan hingga menyatu. Diamkan 1 jam hingga gabungan mengembang dua kali lipat.
  4. Panaskan kuali camilan anggun ape di atas api besar, olesi kuali dengan sedikit minyak.
  5. Tuang gabungan ke dalam kuali dengan sendok sayur, tekan bab tengahnya hingga membentuk pinggiran berkulit renyah. Tutup.
  6. Kecilkan api dan biarkan matang kira-kira 3-4 menit.
  7. Sajikan.
Advertisement