-->

Cara Menciptakan Masakan Ringan Cantik Burayot Khas Garut

Cara Menciptakan Masakan Ringan Cantik Burayot Khas Garut
Cara Menciptakan Masakan Ringan Cantik Burayot Khas Garut
Resep Kue Burayot Khas Garut Sederhana Spesial Asli Enak. Orang lebih mengenal Kota Garut , Bandung, Jawa Barat, dengan makanan ringan elok dodol dan chocodotnya coklat dodol, akan tetapi Sunda, Garut mempunyai makanan khas sunda lainnya salah satunya yakni Burayot makanan ringan elok berair goreng tradisional orisinil lezat dengan rasa gula merah nya yang aduhai.

 Resep Kue Burayot Khas Garut Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT KUE BURAYOT KHAS GARUT
Gambar Kue Burayot

Burayot, yakni salah satu makanan ringan elok unik khas Kota Garut bukannya bandung, makanan ringan elok Burayot berasal dari seputar Kec. Leles, Kec. Kadungora dan Kec. Wanaraja disinilah asal undangan mulanya, Kue tradisional ini kebanyakan di hidangkan dihari lebaran, Burayot yakni panganan sederhana yang terbuat dari dua jenis yaitu tepung beras dan gula aren. Memang makanan ringan elok Burayot ini kalah terkenal atau bahkan banyak yang tidak tahu atau mengenalnya, orang lebih banyak mengenal buah tangan dari Garut yakni Dodol/Chocodot Garut sehingga Garut lebih dikenal sebagai kota dodol.

Adapun cara membuatnya yakni dengan menggodok gula aren hingga menjadi cair. Gula yang digunakan pun harus gula aren kalau gula merah biasa maka akan merubah rasa dan warna, kemudian di tuang kedalam gabungan tepung beras dan santan. Setelah semuanya tercampur rata dibentuk bentuk bundar pipih tidak terlalu besar seolah-olah martabak telor tapi tidak terlalu tipis lantaran akan mengembang. Lalu di goreng dengan minyak yang sudah panas, menggorengnya satu persatu dengan cara disiram sambil ditusuk dengan bilah bambu yang lancip maka tepungnya akan menggelantung/menggelayut kebawah atau dalam bahasa sundanya ngaburayot. Mungkin inilah sebabnya makanan ringan elok ini dinamakan Burayot. Berikut bahan-bahan yang diharapkan untuk menciptakan burayot tanpa komposisi dapat diubahsuaikan sesuai selera sendiri di rumah.





RESEP KUE BURAYOT


BAHAN :
  • Tepung beras secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • Kacang merah secukupnya
  • Vanilli secukupnya
CARA MEMBUAT KUE BURAYOT :
  1. Gula merah dipanaskan dan dicampur air secukupnya hingga berbentuk cair dan mendidih. Jangan lupa tambahkan kacang dan vanili untuk mendapat aroma dan variasi rasa. Setelah itu, bila gula sudah mendidih dan mencapai kekentalan tertentu, maka gula yang masih panas diangkat dan dicampur dengan tepung beras. Proses pengadukan dapat dilakukan dalam wadah bejana atau sejenisnya. Jangan melaksanakan pengadukan secara eksklusif pada teplon yang digunakan untuk memanaskan gula. Kemudian diaduk hingga tercampur dan menjadi adonan.
  2. Setelah itu goreng pada minyak yang telah dipanaskan hingga warnanya coklat dan matang.
  3. Bila telah matang, angkat burayot dengan memakai capit semoga bentuk dan teksturnya terjaga. Tiriskan.
  4. Sajikan selagi panas dengan secangkir kopi panas.
Advertisement