-->

Cara Menciptakan Puding Green Tea Teh Hijau

Cara Menciptakan Puding Green Tea Teh Hijau
Cara Menciptakan Puding Green Tea Teh Hijau
Resep Puding Green Tea Teh Hijau Sederhana Spesial Asli Enak. Bisa juga disebut puding teh ijo yang masih termasuk kreasi jenis puding susu sanggup juga disebut puding susu green tea segar, alasannya memakai susu tanpa santan dan juga tanpa telur. Penggunaan bubu teh hijau atau green tea powder ini sedang ekspresi dominan dan paling sering digunakan untuk materi pembuatan untuk jenis kue, cake, puding, dan minuman, menyerupai kuliner ringan anggun basah, kuliner ringan anggun kering, cake, bolu, puding, kopi, teh, dll.

Memang kebetulan saya kini sedang suka dengan kuliner dengan kombinasi adonan debu teh hijau atau ijo (green tea) ini ada yang menyebutnya matcha. Menurut situs Wikipedia. Matcha (抹茶?, teh bubuk) yaitu teh hijau berbentuk debu yang dibentuk dari menggiling teh hijau sampai halus menyerupai tepung. Selain diminum pada upacara minum teh, matcha digunakan sebagai materi perisa dan pewarna untuk banyak sekali jenis makanan, menyerupai mochi, soba, es krim, es serut, cokelat, banyak sekali jenis kuliner ringan anggun Barat, dan wagashi. Selain sanggup dibentuk adonan materi kuliner debu teh hijau ini yaitu adonan minuman.

 Resep Puding Green Tea Teh Hijau Sederhana Spesial Asli Enak CARA MEMBUAT PUDING GREEN TEA TEH HIJAU
Gambar Puding Green Tea Lembut

Upacara minum teh mengenal dua jenis minuman teh dari matcha, koicha (teh kental) dan usucha (o-usu atau teh encer). Keduanya berbeda dalam kadar kekentalan, dan cara meminum. Teh jenis koicha dan usucha keduanya disajikan dalam upacara minum teh yang sangat formal. Walaupun demikian, upacara minum teh yang hanya menyajikan usucha tetap sanggup bersifat formal.

Matcha kualitas terbaik mempunyai rasa lebih anggun dan tidak terlalu pahit. Minuman koicha hanya dibentuk dari matcha kualitas terbaik yang harganya mahal, tapi matcha tersebut sanggup juga digunakan untuk menciptakan usucha. Alat pengocok yang disebut chasen digunakan untuk melarutkan matcha, atau mengocoknya sampai berbusa sewaktu menciptakan usucha.

Semangkuk koicha dibentuk untuk diminum bersama oleh tamu yang hadir secara bergiliran. Seorang tamu hanya boleh meminum teh yang menjadi bagiannya, dan menyisakan selebihnya untuk tamu yang lain. Tamu yang menerima giliran terakhir untuk minum diharuskan menghabiskan teh yang tersisa di dalam mangkuk.

Sewaktu menciptakan koicha, dosis matcha yaitu 3 chashaku (sendok kecil dari bambu) untuk satu orang. Bila ada 4 orang tamu, maka dosis matcha untuk semangkuk koicha yaitu 12 chashaku. Kue tradisional Jepang (wagashi) yang disajikan bersama koicha yaitu kuliner ringan anggun namagashi ("kue basah") menyerupai nerikiri.

Semangkuk usucha dibentuk untuk diminum habis oleh seorang tamu. Takaran matcha yang digunakan yaitu 1½ chashaku untuk satu mangkuk. Usucha dihidangkan pada upacara minum teh yang dihadiri oleh banyak tamu, atau upacara minum teh ala kuil Zen. Wagashi yang dihidangkan bersama usucha yaitu kuliner ringan anggun higashi (kue yang lebih kering dari namagashi). Pada upacara minum teh yang hanya menyajikan usucha dan tidak menyajikan koicha, kuliner ringan anggun yang dihidangkan sanggup saja berupa higashi atau namagashi.

Masing-masing pedoman upacara minum teh mempunyai standar kadar busa pada permukaan teh. Aliran Urasenke menetapkan seluruh permukaan teh dipenuhi busa bagaikan susu kocok. Sebaliknya, pedoman Omotesenke menetapkan sebagian permukaan teh harus terlihat bebas dari busa. Aliran Mushanokōjisenke bahkan hanya membolehkan sangat sedikit busa pada permukaan teh.

Proses pembuatan Matcha sendiri dibentuk dari teh hijau yang disebut Tencha. Di perkebunan, tanaman ditutup dengan jerami atau kerai semoga daun teh tidak terkena sinar matahari eksklusif (sama dengan cara pembuatan teh hijau Gyokuro). Setelah dipetik, daun teh eksklusif dikukus dan dikeringkan. Teh untuk matcha tidak diremas-remas menyerupai sewaktu menciptakan teh hijau jenis Sencha atau Gyokuro. Alat penggiling dari watu digunakan untuk menggiling daun teh yang sudah kering sampai halus menjadi tepung. Berikut resepi puding green tea lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang gampang dan mudah serta simple. Anda juga sanggup menciptakan puding puyo green tea yang silky lebih lembut dan empuk menyerupai sutra.

RESEP PUDING SUSU GREEN TEA TEH HIJAU


BAHAN :
  • 1 bks agar-agar debu warna hijau
  • 750 ml susu cair
  • 150 gram gula pasir
  • 2 sdt green tea debu (matcha)
CARA MEMBUAT PUDING GREEN TEA TEH HIJAU :
  1. Siapkan wadah puding, sanggup memakai gelas puding atau pudding cup, dan sanggup juga pakai cetakan puding, tergantung selera.
  2. Masak agar-agar, susu cair, gula pasir, dan green tea bubuk, aduk rata sampai mendidih. Angkat
  3. Aduk-aduk sampai uap panasnya hilang kemudian tuang ke dalam gelas puding, biarkan mengeras dan simpan dalam lemari pendingin.
  4. Sajikan masbodoh dengan hiasan whipping cream dan buah potong sesuai selera diatasnya.
Advertisement